Bersama Kementrian KKP Dan Kominfo, XL Axiata Realisasikan "Nelayan Go Online" Di Sabang
Bersama Kementerian KKP dan Kominfo,
XL Axiata Realisasikan “Nelayan Go Online” di Sabang
Sabang, 4 Desember 2017.
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berkomitmen kuat untuk mendukung pemerintah
dalam menyiapkan masyarakat Indonesia memasuki era digital. Salah satunya
adalah menyiapkan masyarakat nelayan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk
mendorong produktivitas dan meningkatkan hasil tangkapan ikan. Bekerjasama
dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia serta
Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, kembali XL Axiata
merealisasikan program “Nelayan Go Online” kepada para nelayan di berbagai daerah.
Kali ini implementasi dilakukan di Sabang, Pulau Weh, Provinsi Aceh.
Dalam beberapa bulan terakhir, XL Axiata
telah menyalurkan perangkat penunjang untuk program Nelayan Go Online berupa
smartphone yang dilengkapi dengan aplikasi Nelayan Pintar (NELPIN) di sejumlah
daerah. Penyaluran telah dilakukan antara lain di Makasssar, Medan, Banda Aceh,
Lampung, dan Banyuwangi. Di Sabang, penyaluran program dilaksanakan di Gedung
Serbaguna Sabang Fair Kota Sabang, bersamaan dengan acara Jambore IPTEK – Sail
Sabang 2017 yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang
Kemaritiman Republik Indonesia, Minggu (3/12). Mewakili manajemen XL Axiata,
RSM Aceh, Trisna Gunawan memaparkan dukungan XL Axiata pada Program Nelayan Go
Online dengan aplikasi NELPIN, sekaligus secara simbolis menyerahkan perangkat
yang dimaksud kepada komunitas nelayan.
Francky Rinaldo Pakpahan, Vice President
West Region mengatakan, “Dukungan kami pada Program Nelayan Go Online ini
merupakan realisasi dari komitmen XL Axiata dalam mendukung kalangan nelayan
untuk memanfaatkan layanan digital guna meningkatkan produktivitas, serta
keselamatan selama melaut. Para nelayan penerima manfaat ini akan mendapatkan
gratis paket data selama 2 bulan dan handset dari XL Axiata. Sementara itu,
dari sisi jaringan untuk mendukung pengoperasian NELPIN, XL Axiata telah
menyediakan layanan 4G LTE dan 3G yang memadai di lokasi-lokasi implementasi
Program Nelayan Go Online ini. Jaringan tersebut juga bisa menjangkau lepas
pantai tempat nelayan menangkap iklan dengan memanfaatkan NELPIN.”
Dr. Ir. Ismail MT selaku Dirjen Sumber
Daya & Perangkat Pos & Informatika Kominfo mengatakan, “Kami
mengapresiasi langkah XL Axiata yang mengambil bagian dalam program peningkatan
produktivitas masyarakat nelayan dengan memanfaatkan sarana berteknologi
digital aplikasi NELPIN ini. Program Nelayan Go Online dengan NELPIN ini memang
searah dengan visi Kementerian Kominfo yang terus mendorong perluasan jaringan
infrastruktur Data hingga ke pelosok daerah, termasuk juga mendorong
pemanfaatan keunggulan teknologi digital guna meningkatkan produktivitas
masyarakat.”
Aplikasi NELPIN memiliki sejumlah fitur
yang akan sangat mendukung aktivitas nelayan, baik saat bekerja melaut, maupun
guna mengetahui kondisi pasar ikan. Fitur tersebut antara lain menyediakan
informasi arah dan kecepatan angin, tinggi gelombang, posisi/koordinat nelayan
(GPS), juga lokasi berkumpulnya ikan. Selain itu juga tersedia informasi
terkait harga ikan terupdate, juga permintaan atas jenis-jenis ikan. Aplikasi NELPIN
dirancang oleh Kementerian KKP dan ditargetkan untuk bisa dimanfaatkan bagi
para nelayan di seluruh tanah air.
Dukungan XL Axiata terhadap program
Nelayan Go Online ini juga juga merupakan implementasi atas komitmen untuk
menyiapkan masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan dalam era digital. XL
Axiata tidak sekedar membangun infrastruktur telekomunikasi dalam pemenuhan
kewajiban seperti yang tercantum modern licensing, namun lebih
dari itu juga sebagai upaya membangun ekosistem agar kehadiran jaringan Data di
setiap pelosok daerah memberikan manfaat bagi daerah dan masyarakat setempat
untuk meningkatkan kualitas hidupnya, termasuk secara ekonomi, pendidikan,
kesehatan dan bidang sosial lainnya.
Tentang XL Axiata
PT XL Axiata Tbk (XL
Axiata) adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. XL
Axiata fokus menyediakan layanan digital guna memberikan kemudahan bagi
aktifitas kehidupan masyarakat serta mendorong perkembangan ekonomi digital
Indonesia. Mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, XL Axiata
saat ini menyediakan beragam layanan bagi pelanggan ritel dan korporat yang
didukung jaringan luas dan berkualitas di seluruh Indonesia. Sejak Desember
2014, XL Axiata telah mengimplementasikan jaringan 4G LTE, yang dilanjutkan
dengan pengembangan 4G LTE komersial skala nasional pada bulan Juli 2015.
XL Axiata merupakan bagian dari Axiata Group bersama dengan Celcom (Malaysia),
Dialog (Sri Lanka), Robi (Bangladesh), Smart (Cambodia), Ncell (Nepal), Idea
(India), dan M1 (Singapore).
Untuk informasi lebih
lanjut, silakan hubungi:
Tri Wahyuningsih
General Manager
Corporate Communication XL
Axiata
Telp
: +62817113369
Email
: TriWahyu@XL.co.id