July
22
2021
     17:10

Beasiswa SCG Sharing The Dream 2021 Bantu 410 Pelajar Berprestasi Lanjutkan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Beasiswa SCG Sharing The Dream 2021 Bantu 410 Pelajar Berprestasi Lanjutkan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Jakarta, 22 Juli 2021 – SCG, perusahaan terkemuka di ASEAN, kembali selenggarakan program beasiswa SCG Sharing the Dream 2021 dengan mengangkat tema “Raih mimpimu, tunjukkan pedulimu”. Beasiswa ini diberikan kepada 400 siswa-siswi SMA dan 10 mahasiswa S1 di enam wilayah operasionalnya yakni Jakarta, Tangerang Selatan, Bogor, Karawang, Lebak, dan Sukabumi.

Sejak 2012, melalui program ini, SCG telah memberikan lebih dari 3.100 beasiswa di Indonesia sebagai bentuk komitmen SCG untuk mendukung kemajuan Indonesia melalui bidang pendidikan. SCG Sharing the Dream 2021 juga ditujukan untuk mendukung para pelajar mewujudkan mimpinya dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi kendati berada dalam pandemi COVID-19.

Data Kemendikbud RI mencatat terdapat 157.000 siswa SD hingga SMA putus sekolah pada TA 2019/2020. Di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) terdapat 26,9 ribu siswa dan 32,4 ribu siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berhenti sekolah. United Nations Children’s Fund (UNICEF) menyebut pandemi COVID-19 menjadi salah satu penyebab siswa putus sekolah.[2]

Pathama Sirikul, President Director PT SCG Indonesia, mengatakan, “Pandemi COVID-19 yang masih melanda dunia saat ini tak dapat dipungkiri telah berdampak pada sektor pendidikan salah satunya ialah menurunnya jumlah siswa yang berhasil melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Hal ini juga yang menjadi salah satu latar belakang SCG kembali melaksanakan program beasiswa SCG Sharing the Dream 2021 untuk memastikan para pelajar dapat melanjutkan pendidikannya serta sebagai wujud #PeduliBersama dalam mendukung pemerintah untuk membangun generasi muda dan sektor pendidikan Indonesia di era pandemi ini.”

Para pelajar yang berhasil memperoleh beasiswa SCG Sharing the Dream bukan hanya memiliki nilai akademis yang baik, namun juga memiliki kepekaan dan #PeduliBersama dalam situasi pandemi COVID-19. “Pandemi ini telah membuat kehidupan saya sebagai pelajar berubah. Namun, saya tidak patah semangat dan terus berupaya untuk melakukan yang terbaik bagi diri saya dan lingkungan.

Salah satunya dengan menjadi volunteer sebuah kampanye kesehatan mental dan mengikuti kejuaraan akademis online. Saya bersyukur memperoleh beasiswa Sharing the Dream yang semakin memotivasi saya untuk meraih mimpi saya,” ujar Linda Oktaviani, siswi MAN 2 Lebak, penerima beasiswa SCG Sharing the Dream 2021.

Program beasiswa SCG Sharing the Dream tahun ini juga mendapat sambutan yang sangat baik di kalangan pelajar. Hal ini terlihat dari jumlah pendaftar yang mencapai lebih dari 1.000 pelajar dari 232 sekolah untuk kategori SMA dan lebih dari 170 mahasiswa untuk kategori S1. Para siswa dan mahasiswa terpilih akan memperoleh dana pendidikan serta beragam kegiatan pengembangan diri. Khusus mahasiswa, dana pendidikan akan diberikan secara kontinyu hingga mereka lulus atau maksimum 4 tahun masa perkuliahan.

Rip’an Mukti, mahasiswa asal Sukabumi, penerima beasiswa SCG Sharing the Dream kategori S1 menceritakan kisahnya memperoleh beasiswa ini, “Saya harus mengambil jeda untuk berkuliah setelah lulus SMA karena kurangnya biaya. Namun, saya tidak berdiam diri, saya berjualan dan menjadi freelancer. Begitu kesempatan dari SCG ini datang, saya pun berupaya keras untuk memperolehnya. Saya berterima kasih kepada SCG atas kesempatan ini. Saya semakin bersemangat untuk meraih mimpi saya dan berkontribusi bagi masyarakat khusunya di desa saya berasal.”

Hasil seleksi beasiswa SCG Sharing the Dream tahun ini yang baru diumumkan hari ini, Kamis (22/07) terbilang baru dan cukup unik. Para pelajar mendapatkan virtual video berisikan sambutan apresiasi dari SCG dan Gita Wirjawan, Founder Ancora Foundation, yang merupakan partner SCG dalam penyelenggaraan program beasiswa ini. “Dikarenakan situasi pandemi yang memprihatinkan dalam beberapa minggu belakangan di Indonesia, juga masih berlakunya masa PPKM Darurat Jawa – Bali sejak awal Juli, maka kami memutuskan untuk mengumumkan melalui kiriman virtual video kepada 410 pelajar berprestasi penerima beasiswa SCG Sharing the Dream tahun 2021. Kami harap para pelajar merasa bangga atas pencapaian mereka dan menjadikan ini sebagai motivasi untuk meraih mimpinya,” jelas Pathama.

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini


2021 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved