Bantu Pelaku UMKM Kembangkan Bisnis, Mitra Bukalapak Hadirkan Fitur BukaSend

Jakarta, 30 November 2021 - Mitra Bukalapak dari Bukalapak, pemimpin pasar platform online to offline (020) di Indonesia, hari ini memperkenalkan fitur Agen BukaSend di aplikasi Mitra Bukalapak, di mana para pelaku UMKM dapat menjadi agen pengiriman barang untuk sejumlah jasa penyedia logistik ternama di tanah air, yaitu SiCepat Ekspres, J&T Express, Lion Parcel, Ninja Xpress, Anteraja dan Grab tanpa harus mengumpulkan modal. Sejak diluncurkan di aplikasi Mitra Bukalapak, jumlah Agen BukaSend sudah mencapai lebih dari 12.000 dan tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.
Fitur agen BukaSend ini diharapkan dapat membantu para Mitra Bukalapak mengembangkan bisnisnya sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan. Fitur baru ini juga memberikan solusi bagi para penyedia jasa logistik untuk dapat menjangkau lebih banyak pelanggan di berbagai pelosok tanah air melalui titik-titik penjemputan barang yang disediakan oleh para Mitra Bukalapak.
“Situasi pandemi telah mendorong perkembangan industri e-commerce sebagai sarana masyarakat Indonesia memenuhi berbagai kebutuhan. Seiring dengan hal tersebut peran teknologi kian besar dalam membantu para pelaku industri logistik menjawab kebutuhan ini dengan lebih efisien.
Namun, seiring dengan meningkatnya penetrasi internet di Indonesia dan semakin pesatnya pengembangan infrastruktur oleh pemerintah, menyediakan titik-titik pengambilan barang offline dalam jumlah besar telah menjadi salah satu tantangan utama bagi pelaku bisnis logistik Indonesia”, ujar Victor Lesmana, President Commerce & Fintech Bukalapak.
Victor melanjutkan bahwa tantangan ini disebabkan oleh sulitnya membangun jaringan konektivitas di Indonesia. Meskipun terdapat 270 juta jiwa, Indonesia hanya memiliki 4.800 kantor pos dan kurang dari 30.000 kantor cabang bank dan kurang lebih 100.000 ATM, walaupun terdapat lebih dari 100 bank komersial. Karenanya, menghubungkan seluruh wilayah di Indonesia, baik perkotaan maupun pedesaan, yang berkontribusi terhadap lebih dari ? GDP Indonesia, menjadi sangat sulit.
“Namun, kami menyadari bahwa tantangan ini bisa diselesaikan dengan memanfaatkan warung sebagai titik penghubung,” lanjut Victor.
Hal inilah yang lantas mendorong Mitra Bukalapak untuk menambahkan fitur Agen BukaSend di aplikasinya. Setelah bisa menyediakan stok barang dengan lebih efisien serta menambah berbagai layanan lainnya seperti pembayaran tagihan, pengiriman uang, dan penjualan voucher gaming, kini 8.7 juta Mitra Bukalapak, yang terdiri dari warung dan agen individu, dapat menjadi agen pengiriman barang hanya dengan melakukan pendaftaran di aplikasi tersebut.
Dengan menjadi Agen BukaSend, para Mitra Bukalapak membantu menghubungkan para penyedia jasa logistik rekanan BukaSend ke jutaan titik penjemputan barang tanpa harus berinvestasi dalam jumlah besar untuk menyediakan gudang dan multi mode transportasi. Di sisi lain, para Mitra Bukalapak yang menjadi Agen BukaSend juga dapat meraih penghasilan tambahan dari layanan ini.
“Sebagai salah satu perusahaan logistik tanah air yang berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di seluruh Indonesia akan pengiriman barang yang cepat dan aman, SiCepat melihat kerjasama dengan BukaSend sebagai perwujudan komitmen tersebut. Misi dari Mitra Bukalapak untuk membantu teman-teman UMKM yang tergabung di Mitra Bukalapak melalui fitur agen BukaSend ini juga menjadi nilai tambah bagi kami sebagai mitra rekanan BukaSend”, ujar Vonny Rayau, Senior Sales Manager E-Commerce SiCepat.
Sementara itu, Stevan Valentino, Manager E-Commerce Relations J&T, mengemukakan bahwa tantangan untuk memenuhi kebutuhan pengiriman barang yang terus meningkat dikarenakan situasi pandemi yang mendorong aktivitas belanja online, dapat dijawab melalui kemitraan dengan BukaSend.
“Dengan perkembangan yang terjadi bersama Mitra Bukalapak, J&T berhasil menghemat biaya pick-up dengan coverage yang lebih luas.Hal penting lainnya adalah pick-up service dari J&T yang semakin bisa dioptimalkan melalui kemitraan ini. Pick-up service ini tentunya menjadi solusi bagi para pengguna J&T agar bisa terus melakukan pengiriman barang dengan aman dan nyaman di tengah pandemi, “, ujarnya.
Salah satu Mitra Bukalapak serta Agen BukaSend, Agus, menyampaikan bahwa semenjak melayani pengiriman barang dengan fitur Agen Pengiriman, Agus berhasil menaikkan pendapatannya secara signifikan. “Saya bisa mendapatkan hingga Rp 14 juta per bulan dengan menjadi Agen BukaSend. Tentunya senang sekali karena dengan modal yang sangat minim, saya bisa mendapatkan penghasilan tambahan sebagai Mitra Bukalapak. Semoga bisnis saya bisa terus berkembang dan naik kelas”, ungkap Agus.
Proses untuk menjadi Agen BukaSend sangat mudah. Cukup download aplikasi Mitra Bukalapak, kemudian pilih menu Agen BukaSend dan isi data pengirim dan penerima, lalu Mitra sudah bisa mengirimkan barang. Agen BukaSend dapat menikmati komisi bersaing, hingga 35% dari total biaya kirim dan beragam promo Cashback dan potongan harga yang menarik.
Pengguna BukaSend juga dapat menikmati berbagai program dan penawaran seperti Sultan BukaSend, Membership Program, Jaminan Pasti Dijemput, Ongkir Gokil, Print Thermal Resi, fitur Kirim Lagi, Laporan Komisi Bulanan, Materi Promosi Agen dan lain sebagainya.
Informasi lebih lanjut mengenai fitur BukaSend di aplikasi Mitra Bukalapak dapat ditemukan dengan mengunduh aplikasi Mitra Bukalapak di aplikasi Google Playstore.
Tentang Bukalapak
Kami adalah perusahaan teknologi berbasis di Indonesia yang lahir pada 2010 dengan fokus untuk membantu menciptakan kesetaraan perekonomian bagi seluruh masyarakat. Melalui platform perdagangan, baik di online maupun offline, kami ingin memberikan pilihan dan kesempatan untuk semua orang agar dapat hidup dengan lebih baik. Melayani lebih dari 6,6 juta Pelapak (online sellers), 8,7 juta Mitra Bukalapak beserta 100 juta pengguna, kami juga terus melengkapi layanan kami dengan meluncurkan lini bisnis B2B e-procurement melalui BukaPengadaan Indonesia (BPI) di 2019 serta Buka Investasi Bersama (BIB), sebuah APERD (Agen Penjual Efek Reksa Dana) berbasis digital.
Pencapaian kami lainnya di antaranya Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Pemerintah Indonesia pada tahun 2016 untuk Co-Founder kami, Achmad Zaky di 2016 dan Fajrin Rasyid di 2019, perusahaan dengan tingkat pertumbuhan tertinggi ke-14 di Asia Pasifik, selain itu kami juga mendapatkan penghargaan Best Companies to Work For berturut-turut di tahun 2019 dan 2020 serta The Most Caring Company di 2020 dari HR Asia, serta The Best Contact Center Indonesia tahun 2018 dan 2019 oleh Indonesia Contact Center Association (ICCA).