Banjir Di Pesisir Selatan Di Yogyakarta Dan Jawa Timur, Petugas XL Axiata Berjibaku Jaga Jaringan
Yogyakarta, 30 November 2017. PT XL Axiata Tbk (XL
Axiata) berusaha keras menjaga jaringan dan layanan telekomunikasi yang berada
di sejumlah daerah terlanda banjir di kawasan Pesisir Selatan DI Yogyakarta dan
Jawa Timur. Petugas XL Axiata di lapangan terus berupaya yang memastikan
jaringan tetap bisa beroperasi, dan di sejumlah titik juga harus mengatasi
kendala alam yang terjadi. Dalam tiga hari terakhir banjir melanda sejumlah
daerah di DI Yogyakarta, yaitu Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunung Kidul, dan
Kabupaten Kulon Progo. Di Provinsi Jawa Timur, banjir melanda antara lain
Kabupaten Pacitan dan Ponorogo
Vice
President XL Axiata Central Region, Rd.Sofia Purbayanti mengatakan,
“Salah satu upaya yang kami lakukan dengan berjibaku adalah memastikan BTS-BTS
yang terputus aliran listriknya tetap bisa beroperasi dengan dukungan genset.
Padahal banyak di antara area-area tersebut tertutup banjir dan jalan menuju ke
lokasi BTS tidak bisa dilalui. Selain itu, banjir juga merusak perangkat. Kami
juga harus mengatasinya dengan mengganti perangkat yang rusak. Kami akan terus
berjuang menjaga layanan sambil berharap kondisi ini bisa segera kembali
normal.”
Sofia
menandaskan, petugas XL Axiata akan terus bersiaga hingga kondisi kembali
normal. Untuk itu, kepada pelanggan dan masyarakat yang berdomisili di area
yang terkendala, XL Axiata memastikan upaya normalisasi layanan akan terus
dilakukan. Meski begitu, XL Axiata memastikan hanya sebagian kecil dari
BTS yang terkendala dari total BTS yang ada di semua wilayah tersebut. Secara
total ada sekitar 400 unit BTS XL Axiata yang melayani seluruh wilayah di
Bantul, 250 BTS di Gunung Kidul, dan 150 di Kulon Progo. Sementara itu di
Pacitan ada sekitar 149 BTS dan 150 BTS di Ponorogo.
Untuk
memastikan kondisi jaringan di seluruh wilayah layanan yang tersebar di seluruh
Indonesia, XL Axiata juga telah membuka pusat kendali jaringan yang berlokasi
di Jakarta, dan di Yogyakarta serta Surabaya. Melalui pusat kendali ini, XL
Axiata bisa memonitor secara terus menerus kondisi seluruh jaringan sehingga
bisa dilakukan penanganan segera jika terjadi suatu kendala, termasuk saat
terjadi bencana alam.
Selain
berupaya keras menjaga jaringan dan layanan, petugas XL Axiata juga terus berupaya
menyalurkan bantuan kepada warga yang terlanda banjir di semua daerah terlanda
bencana tersebut. Penyaluran bantuan juga dikoordinasikan dengan aparat di
masing-masing daerah mengingat lokasi banjir yang sulit diakses. Bantuan yang
disalurkan antara lain berupa bahan-bahan makanan, obat-obatan, dan sarana
telekomunikasi berupa Telepon Umum Gratis (TUG).
Untuk
daerah Bantul, bantuan XL Axiata sudah tersalur sejak Rabu (29/11), tepatnya
melalui posko bantuan di Dusun Donotirto, Kelurahan Bambanglipuro, Kecamatan
Kretek, Bantul. Bantuan lain akan segera menyusul ke lokasi lainnya sesuai
dengan kondisi. Sementara itu, untuk daerah Pacitan, bantuan direncanakann bisa
segera disalurkan melalui posko terdepan di Desa Gemaharjo, Kecamatan
Tegalombo, Pacitan. Karena akses jalan ke tengah kota Pacitan masih belum
bisa dilalui, selain akan menyalurkan bantuan secara mandiri, tim XL Axiata di
lapangan juga akan bekerjasama dengan aparat setempat.
Terkait
dengan kondisi cuaca di mana hujan dengan intensitas tinggi di berbagai daerah
di tanah air, XL Axiata juga bersiaga di setiap wilayah. Kualitas layanan
menjadi prioritas utama sebagai perusahaan penyedia layanan telekomunikasi dan
data. Selain itu, sebagai bagian dari masyarakat dan pelanggan, di setiap
wilayah layanan, XL Axiata akan selalu berusaha ikut berkontribusi memberikan
bantuan baik bersifat teknis sesuai bidang usaha telekomunikasi, maupun bantuan
yang bersifat kemanusiaan.
Tentang
XL Axiata
PT XL Axiata Tbk (XL
Axiata) adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. XL
Axiata fokus menyediakan layanan digital guna memberikan kemudahan bagi
aktifitas kehidupan masyarakat serta mendorong perkembangan ekonomi digital
Indonesia. Mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, XL Axiata
saat ini menyediakan beragam layanan bagi pelanggan ritel dan korporat yang
didukung jaringan luas dan berkualitas di seluruh Indonesia. Sejak Desember
2014, XL Axiata telah mengimplementasikan jaringan 4G LTE, yang dilanjutkan
dengan pengembangan 4G LTE komersial skala nasional pada bulan Juli 2015.
XL Axiata merupakan bagian dari Axiata Group bersama dengan Celcom (Malaysia),
Dialog (Sri Lanka), Robi (Bangladesh), Smart (Cambodia), Ncell (Nepal), Idea
(India), dan M1 (Singapore).
Untuk informasi
lebih lanjut, silakan hubungi:
Tri
Wahyuningsih
General
Manager Corporate Communication XL
Axiata
Telp
: +62817113369
Email
: TriWahyu@XL.co.id