May
07
2021
     19:22

Allianz Indonesia dan Insight Investments Management Gelar Kompetisi Empowered 4.0

Allianz Indonesia dan Insight Investments Management Gelar Kompetisi Empowered 4.0

Jakarta, 7 Mei 2021 – Meski masih terkontraksi, ekonomi Indonesia saat ini mulai memberikan indikasi perbaikan. Menurut Kementerian Perekonomian, ekonomi Indonesia diprediksi tahun 2021 akan mengalami pertumbuhan di kisaran 4,5 sampai 5,3 persen . Program vaksinasi yang kini sedang berjalan dinilai berhasil meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Tren yang positif ini tentu membawa angin segar bagi para pegiat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), tak terkecuali bagi teman-teman difabel.

Sebagai wujud komitmen dalam bidang pemberdayaan ekonomi, Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli menggandeng Insight Investments Management melalui Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM), kembali menggelar kompetisi EMPOWERED (Economic Empowerment for Entrepreneurs with Disabilities) untuk ke-empat kalinya.

Empowered adalah program pendampingan dan pengembangan usaha untuk memberdayakan masyarakat difabel agar bisa mandiri, produktif, dan bisa memiliki pendapatan yang layak, sesuai dengan skill dan kemampuan mereka. Karyawan Allianz Indonesia dan Insight Investment Management juga turut berpartisipasi sebagai volunteer dalam kegiatan ini dalam hal pelatihan dan pendampingan, di mana para volunteer ini akan menjadi mentor sesuai dengan keahlian mereka masing-masing.

“Inisiatif yang konsisten kami lakukan sejak 2016 ini diharapkan dapat memberikan semangat bagi para teman-teman difabel untuk mampu meningkatkan kesejahteraan melalui usaha mikro, kecil, dan menengah yang mereka lakukan, sesuai dengan salah satu pilar CSR kami yaitu pilar Pemberdayaan Ekonomi. Melalui program ini, kami berharap pegiat UMKM difabel dapat memberikan sumbangan besar bagi kesejahteraan masyarakat luas, sehingga dapat memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Ni Made Daryanti, Ketua Yayasan Allianz Peduli.

Pembukaan kompetisi ini dilakukan melalui webinar bertajuk Disabilitas Berdaya Tanpa Batas yang berlangsung pada 5-6 Mei 2021. Salah satu pembicara dalam webinar ini adalah Bapak Triyono, seorang pengusaha UMKM difabel yang mendirikan Difa Bike. Beliau juga merupakan salah satu pemenang dari kegiatan Empowered pada tahun 2017.

“Saya melihat kompetisi ini mampu memberi inspirasi sekaligus mengajak khalayak luas untuk ikut berkontribusi juga di dalamnya. Ke depan, saya berharap teman-teman difabel jangan dibelaskasihani lagi, kita harus fight, kita harus menata, kita harus belajar dari yang sudah berjalan. Dengan begitu kita akan mempunyai power sendiri, mempunyai visi ke depan, ikut membangun bangsa ini,” kata Triyono.

Pada webinar tersebut para peserta yang bergabung secara virtual sangat antusias melontarkan pertanyaan-pertanyaan, antara lain tentang strategi sukses menghadapi persaingan bisnis, serta cara efektif menentukan target pasar untuk bisnis UMKM. Secara tidak langsung, webinar ini tidak hanya memberikan inspirasi terhadap teman-teman pengusaha difabel, tetapi juga menjadi wadah diskusi peserta lain yang memiliki ketertarikan untuk menjadi pengusaha UMKM.

“Memiliki misi yang sama dengan Allianz Indonesia dan Yayasan Allianz Peduli, Insight bersama mitra CSR kami yaitu Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun merasa terpanggil untuk turut serta berupaya memberikan andil bagi para pelaku usaha mikro khususnya bagi saudara-saudara kita penyandang disabilitas. Kami percaya penyandang disabilitas merupakan sumber daya manusia yang potensial dan dapat berperan besar dalam pemberdayaan ekonomi. Melalui kolaborasi ini, kita semua dapat berperan nyata dalam mendukung kesejahteraan para penyandang disabilitas,” kata Ria Meristika Warganda, Direktur PT Insight Investments Management.

Sejak diluncurkan enam tahun lalu, rangkaian program Empowered yang digagas oleh Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli ini telah melibatkan 10 orang volunteer serta terpilih  25 pemenang yang mendapatkan pelatihan dan bantuan modal usaha. Kegiatan ini telah berhasil membantu peserta untuk mengembangkan bisnis UMKM yang dimiliki, dan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya peran para pengusaha difabel UMKM.

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini


2021 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved