June
13
2024
     20:01

Zurich bersama Adira Finance Dorong Upaya Pelestarian Habitat Mangrove di Angke Kapuk

Zurich bersama Adira Finance Dorong Upaya Pelestarian Habitat Mangrove di Angke Kapuk
ILUSTRASI. Zurich dan Adira Finance menanam sebanyak lebih dari 500 bibit pohon bakau di Kawasan Taman Wisata Alam Angke Kapuk, Jakarta Utara. sebagai upaya mendukung reforestasi hutan bakau. Kegiatan ini merupakan partisipasi aktif Zurich dalam menjaga ekosistem pesisir serta mendukung ketahanan lingkungan jangka panjang.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID -  Hari ini, Zurich Indonesia dan Z Zurich Foundation (Zurich) berkolaborasi dengan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) untuk mendukung reforestasi hutan bakau sebagai pelindung garis pantai dengan melakukan penanaman 750 bibit tanaman bakau (mangrove) di Taman Wisata Alam (TWA) Angke, Kapuk, Jakarta Utara. Kegiatan ini didasari oleh lebih dari 50% mangrove Indonesia hilang selama 30 tahun terakhir, yang menjadikan Indonesia memiliki laju kerusakan mangrove tercepat di dunia (Food and Agriculture Organization/FAO, 2023).

Country Manager Zurich Indonesia, Edhi Tjahja Negara, mengatakan, “Sebagai bentuk nyata dari komitmen membangun industri keuangan yang berkelanjutan, Zurich Indonesia berupaya menciptakan pertumbuhan yang menyelaraskan aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup. Kegiatan ini juga dilakukan sekaligus untuk merayakan Customer Month, yang jatuh pada bulan Juni serentak di berbagai negara Asia-Pasifik tempat Zurich beroperasi.”

Kolaborasi pelestarian lingkungan bersama seperti ini akan terus berlanjut antara Zurich dan Adira Finance. Inisiatif yang melibatkan lebih dari 150 karyawan Zurich Indonesia dan Adira Finance ini sekaligus menjadi penanda dimulainya kompetisi jalan sehat bagi seluruh karyawan Adira Finance dalam Program Gardira Sehat.

Tantangan ini diselenggarakan melalui aplikasi LiveWell milik Zurich, sebuah aplikasi kesehatan dan kesejahteraan yang dirancang untuk membantu pengguna mencapai target kesehatan mereka. Atas lima miliar langkah sehat yang dikumpulkan oleh karyawan hingga November 2024 akan dikonversikan menjadi penanaman 1.000 pohon.

Di kesempatan yang sama, Direktur SDM & Marketing PT Adira Dinamika Multi Finance (Adira Finance), Swandajani Gunadi, menyampaikan, “Sebagai wujud komitmen perusahaan terhadap kepedulian lingkungan, kesehatan masyarakat, serta bagian dari program sustainable financing, Adira Finance melalui Program Sayang Bumiku berkolaborasi dengan Zurich melakukan penanaman bibit bakau (mangrove) dan kompetisi jalan sehat untuk karyawan.

Kami berharap kolaborasi ini bisa menjadi katalisator untuk perubahan positif dan keberlanjutan, serta menginspirasi berbagai pihak dalam menjaga lingkungan serta peningkatan hidup masyarakat. Hal ini sejalan dengan visi Adira Finance, menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan.”

Lebih lanjut, kegiatan penanaman bibit bakau (mangrove) merupakan rangkaian dari Program Sayang Bumiku yang telah berlangsung sejak tahun 2023. Sebanyak lebih dari 16.000 bibit bakau telah ditanam oleh Adira Finance, dan akan dilanjutkan dengan menanam 5.000 bibit bakau di Kabupaten Cilacap pada Juli mendatang.

Zurich dan Adira Finance percaya bahwa reforestasi merupakan langkah awal yang krusial dalam memerangi dampak dari perubahan iklim dan kehilangan biodiversitas. Sepanjang tahun 2023, Zurich telah menanam lebih dari 2.000 pohon di berbagai wilayah di Indonesia sebagai upaya untuk pelestarian lingkungan.

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan ini, komunitas pesisir juga mendapatkan bantuan alat serta pelatihan untuk meningkatkan usaha kecil hasil budidaya mangrove yang dilakukan secara bertahap.

Zurich Indonesia (PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk, PT Zurich General Takaful Indonesia, dan PT Zurich Topas Life) berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Tentang Zurich

Zurich Insurance Group (Zurich) adalah perusahaan asuransi multi-lini terkemuka yang melayani Nasabah serta bisnis di lebih dari 200 negara dan wilayah. Berdiri sejak 150 tahun lalu, Zurich ingin mengubah industri asuransi. Selain memberikan perlindungan asuransi, Zurich menawarkan layanan pencegahan risiko seperti meningkatkan kesejahteraan dan ketahanan iklim.

Sejalan dengan tujuannya untuk ‘mewujudkan masa depan yang lebih baik, bersama', Zurich ingin menjadi salah satu bisnis yang paling bertanggung jawab dan berdampak. Zurich menargetkan emisi net-zero pada tahun 2050 dan mendapatkan peringkat ESG tertinggi dari MSCI. Pada tahun 2020, Zurich meluncurkan proyek Hutan Zurich untuk mendukung reboisasi dan pemulihan keanekaragaman hayati di Brasil.

Grup Zurich didukung sekitar 60.000 karyawan dan berkantor pusat di Zurich, Swiss. Zurich Insurance Group Ltd (ZURN), terdaftar di SIX Swiss Exchange dan memiliki program level I American Depositary Receipt (ZURVY), yang diperdagangkan di OTCQX. Informasi lebih lanjut tersedia di www.zurich.com.

Zurich Indonesia melayani nasabah pada segmen asuransi umum serta asuransi jiwa melalui PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (ZAI), PT Zurich General Takaful Indonesia (Zurich Syariah), dan PT Zurich Topas Life (Zurich Life).

ZAI dimiliki oleh Zurich sebesar 80%, menyediakan produk dan layanan asuransi umum konvensional. Zurich Syariah memberikan layanan asuransi umum berbasis syariah. Zurich Life menawarkan produk perlindungan dan perencanaan keuangan yang komprehensif melalui jaringan distributor (agen dan mitra bank).

Tentang PT Adira Dinamika Multi Finance

PT. Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) didirikan pada tahun 1990, awalnya beroperasi sebagai perusahaan pembiayaan mobil, kemudian pada tahun 1997 melebarkan sayap ke pembiayaan sepeda motor. Pada tahun 2004, Adira Finance telah mencatatkan saham di Bursa Efek Jakarta (sekarang Bursa Efek Indonesia) dan kemudian diakuisisi oleh PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon). Saat ini, kepemilikan Bank Danamon di perusahaan adalah 92,07%. Sebagai anak perusahaan Bank Danamon, Adira Finance merupakan bagian dari MUFG Group yang merupakan salah satu bank terbesar di dunia.

Adira Finance telah menjadi Perusahaan terkemuka di bidang pembiayaan yang melayani berbagai merek dan produk. Perseroan menyediakan solusi keuangan sesuai dengan siklus hidup konsumen, mulai dari pembiayaan multi guna, perlengkapan rumah tangga dan elektronik (durables), otomotif (mobil dan motor), alat berat, hingga pembiayaan umrah, dengan 464 jaringan usaha yang terdiri dari kantor cabang dan kantor perwakilan di seluruh Indonesia. Untuk pengalaman transaksi real-time, mudah, aman, dan nyaman, Adira Finance menyediakan aplikasi layanan konsumen digital Adiraku.

Saat ini Adira Finance memegang Peringkat idAAA dari PEFINDO, dan peringkat kredit internasional BBB dari Fitch dan Baa1 dari Moodys. Peringkat BBB dari Fitch merupakan peringkat investment grade yang setara dengan sovereign rating Indonesia sedangkan peringkat Baa1 dari Moody's lebih tinggi dari sovereign rating Indonesia. Adira Finance melayani lebih dari 2 juta konsumen aktif di seluruh Indonesia dengan total piutang yang dikelola sebesar Rp44,6 triliun (2022).

Baca Juga: Zurich Indonesia dan UI Mobile Bawa Solusi Inovatif untuk Gen-Z

Selanjutnya: Pasar Indonesia Potensial, Oatside Luncurkan Dua Varian Kopi Terbaru

Menarik Dibaca: Jangan Dicampur! Ini 6 Kombinasi Skincare yang Bisa Merusak Kulit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved