September
05
2024
     12:24

Youth Nutritiative II,Aksi Remaja&Orang Muda untuk Pangan Sehat,Terjangkau&Tak Boros

Youth Nutritiative II,Aksi Remaja&Orang Muda untuk Pangan Sehat,Terjangkau&Tak Boros
ILUSTRASI. Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN) Indonesia, bekerja sama dengan Rise Foundation, dengan bangga menyelenggarakan program 'Youth Nutritiative II?. Program ini merupakan bagian dari Memorandum Saling Pengertian (MSP) periode 2022 ? 2025 antaraKementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN) Indonesia, bekerja sama dengan Rise Foundation, dengan bangga menyelenggarakan program "Youth Nutritiative II”. Program ini merupakan bagian dari Memorandum Saling Pengertian (MSP) periode 2022 – 2025 antara Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN) yang bertujuan untuk mendukung inisiatif aksi remaja dan orang muda dalam meningkatkan akses terhadap pangan yang lebih bergizi, sehat, aman, terjangkau, serta mendorong pengambilan keputusan yang bijak untuk mengurangi pemborosan pangan.

Sebanyak 39 kelompok remaja dan orang muda dari seluruh Indonesia telah mengajukan ide inovatif mereka untuk dikompetisikan. Dari jumlah tersebut, 15 kelompok terpilih akan mendapatkan dukungan pendanaan dan bimbingan teknis untuk mewujudkan aksi nyata dalam meningkatkan akses pangan yang lebih sehat, aman, dan terjangkau, serta mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya pengelolaan pangan yang efisien dan bertanggung jawab.

15 kelompok terpilih ini telah mengikuti Boot Camp pada 30 Agustus – 1 September 2024 yang dirancang untuk memperkuat kapasitas mereka terkait pangan sehat, aman, terjangkau, dan memiliki kemampuan untuk pengambilan keputusan yang tidak boros pangan. Dalam boot camp ini, mereka mematangkan ide inovasi melalui sesi ideathon yang melibatkan para praktisi dan fasilitator Health Heroes.

Puncak acara dari rangkaian ini adalah "Presentasi Ide Aksi (Pitching) dan Apresiasi Aksi Remaja dan Orang Muda”, untuk presentasi ide aksi di hotel Swissbell residence Kalibata diadakan pada tanggal 2 September dan apresiasi aksi remaja diadakan pada tanggal 3 September di Jakarta. Pada acara ini, 15 kelompok terpilih mempresentasikan ide inovatif dan rencana aksi mereka kepada pemangku kepentingan nasional.

Presentasi ini dibagi ke dalam tiga panel sesuai dengan isu utama yang diangkat oleh setiap organisasi, dengan juri yang berasal dari berbagai instansi pemerintah, organisasi nonpemerintah, media, dan sektor swasta yang akan menentukan proporsi dukungan pendanaan untuk kelompok terpilih.

Seluruh rangkaian kegiatan ini mendapatkan dukungan sepenuhnya dari berbagai pemangku kepentingan yang sudah bekerja sama dengan GAIN di Indonesia untuk gizi remaja. Seperti yang dikatakan oleh Direktur Direktorat Gizi dan KIA Kementerian Kesehatan Ibu dr. Lovely Daisy, MKM “Saya mendukung serta sangat mengapresiasi semakin banyak remaja dan orang muda yang peduli atas pangan dan gizi untuk semakin lebih baik.

Semoga aksi dari semua organisasi terpilih dapat menggerakkan teman sebaya dan Masyarakat untuk perubahan lingkukngan melalui aksi pangan yang sehat, aman, terjangkau dan tidak boros pangan yang berkelanjutan untuk masa generasi-generasi yang akan dating serta lingkungan sekitarnya”.

Perwakilan Organisasi Remaja Youth Nutritive, sangat mengapresiasi adanya rangkaian kegiatan ini seperti yang dikatakan oleh perwakilannya Maria Petra Dewa – Yayasan Flores Bumi Lestari.

“Menjadi salah satu yang lolos dalam proposal kali ini merupakan kebahagiaan tersendiri bagi kami untuk terus bergerak dalam isu-isu pangan bersama kaum muda karena memahami hubungan pangan dengan anak muda dapat membantu dalam merancang program pendidikan gizi yang efektif, mengembangkan produk pangan yang sesuai dengan preferensi mereka, dan mendukung pola makan yang lebih sehat dan berkelanjutan melalui program kami "Food for the future".

Harapannya melalui program ini kami dapat meningkatkan pengetahuan terhadap informasi gizi serta pedoman gizi seimbang, makanan yang sehat serta memiliki akses jaringan yang luas diseluruh Indonesia untuk komunitas-komunitas yang bergerak pada sasaran serta isu yang sama”

Country Director GAIN Indonesia dr. Agnes Mallipu menyatakan bahwa program Youth Nutritiative II ini merupakan wadah pelibatan orang muda secara bermakna sebagai mitra strategis dalam berbagai gerakan pangan “ Untuk kedua kalinya kami mengadakan Youth Nutritiative berkolaborasi dengan RISE Foundation dan Kementerian Kesehatan, hal ini kami lakukan agar dapat mengangkat lebih banyak ide remaja Indonesia yang actionable atau dapat diwujudkan dalam mendorong pemenuhan hak konsumen atas informasi gizi yang kemudian diharapkan dapat mendorong peningkatan permintaan atau demand dan akses terhadap makanan yang aman, bergizi, dan terjangkau, selain edukasi mengenai keberlanjutan system pangan diantaranya melalui aksi tidak boros pangan. Mari bersama-sama kita dukung iniative baik dari berbagai kelompok remaja ini agar remaja Indonesia semakin teredukasi pentingnya mengkonsumsi pangan yang sehat”.

Terkait dengan program peningkatan status gizi remaja di Indonesia, GAIN mendapatkan dukungan dari Ministry of Foreign Affairs, Kingdom of Netherlands, Fokus dari program Youth Nutritiative II yaitu memberikan dukungan dan pendampingan teknis kepada remaja dan orang muda agar mereka dapat melakukan aksi dan memiliki program kerja berkelanjutan dalam pemenuhan hak atas informasi gizi sehingga berkontribusi terhadap akses makanan yang lebih sehat, aman, terjangkau, dan juga bertanggungjawab serta tidak boros pangan.

TENTANG GAIN INDONESIA:

Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN) Indonesia adalah suatu organisasi nirlaba yang berbasis di Swiss yang didirikan pada Konferensi Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 2002 untuk mengatasi kekurangan gizi dan memobilisasi kemitraan publik-swasta dan memberikan dukungan dana dan teknis untuk memberikan makanan bergizi kepada orang-orang yang paling berisiko kekurangan gizi.

Di Indonesia, GAIN berkontribusi untuk mengatasi malnutrisi melalui model program yang inovatif dan berkelanjutan untuk meningkatkan akses terhadap makanan bergizi yang terjangkau di antara masyarakat yang rentan terhadap malnutrisi melalui jalinan kerja sama dengan pemerintah dan sektor swasta dan sudah beroperasi sejak tahun 2013 melalui kerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI yang meliputi program: Fortifikasi minyak goreng dengan Vitamin A dan iodisasi garam, Perbaikan gizi pada 1,000 hari pertama kehidupan, Perbaikan gizi remaja melalui edukasi gizi remaja, Peningkatan akses pangan bergizi melalui pengurangan susut paska panen dan tata kelola gizi di perkotaan dan Peningkatan lingkungan kondusif untuk konsumsi gizi seimbang.

Baca Juga: ID Food Bakal Bikin Mega Farm Untuk Dukung Program Susu Gratis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved