September
27
2022
     16:56

Xendit Berkolaborasi dengan SMESCO Menggelar Acara Pasar Nusa Dua ke-2 Dukung UMKM

Xendit Berkolaborasi dengan SMESCO Menggelar Acara Pasar Nusa Dua ke-2 Dukung UMKM
ILUSTRASI. Xendit (PT Sinar Digital Terdepan) bekerja sama dengan SMESCO, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) & Brightspot akan mengadakan acara Xendit Pasar Nusa Dua ke-2 pada 28 September-2 Oktober 2022 di Bali Collection, ITDC Nusa Dua Bali.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID -  Xendit (PT Sinar Digital Terdepan), perusahaan teknologi finansial yang menyediakan solusi pembayaran dan menyederhanakan proses pembayaran untuk bisnis di Indonesia dan Asia Tenggara, bekerja sama dengan SMESCO, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Brightspot akan mengadakan acara Xendit Pasar Nusa Dua ke-2 pada tanggal 28 September sampai 2 Oktober 2022 di Bali Collection, ITDC Nusa Dua Bali.

Acara ini diadakan sebagai wujud nyata komitmen Xendit dalam mendukung upaya Pemerintah untuk mengakselerasi kemajuan UMKM di Indonesia, sekaligus untuk mendukung pelaksanaan Presidensi G20 di Indonesia. Lebih lanjut, acara ini  mengusung environment experience baru yaitu Sustainable Festival, serta menampilkan talenta, produk, dan merek terbaik dari Bali dan Indonesia yang telah melalui proses kurasi dari food village, retail market, dan music and art.

“Kami berharap acara Pasar Nusa Dua ke-2 dapat menjadi sebuah acara showcase kemajuan usaha Indonesia serta meningkatkan kecintaan dan rasa bangga masyarakat dalam menggunakan produk lokal sebagai bagian dari #GerakanNasionalBanggaBuatanIndonesia,” ungkap Leonard Theosabrata, Direktur Utama SMESCO Indonesia. “Sejalan dengan misi Indonesia dalam Presidensi G20 untuk percepatan pemulihan ekonomi, SMESCO menghargai kolaborasi dari Xendit, terutama dalam mengedukasi dan menyediakan infrastruktur pembayaran digital yang memungkinkan UMKM Indonesia bersaing di pasar global,” tambahnya.

Xendit Pasar Nusa Dua ke-2 diikuti oleh 66 UMKM yang berasal dari area Bali serta Indonesia Timur yang terdiri dari usaha-usaha dalam komunitas Brightspot, UMKM Binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, UMKM Binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta dan juga merchant yang sudah bermitra dengan Xendit. Para UMKM ini memiliki narasi usaha atau produk yang sesuai dengan Sustainable Development Goals (SDGs).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta, Onny Widjanarko, menyampaikan “Pasar Nusa Dua ke-2 merupakan bentuk dukungan dan komitmen BI untuk terus memperluas akseptasi pembayaran digital pada UMKM. Kami harap kolaborasi dengan SMESCO dan Xendit ini dapat memberikan peluang bagi UMKM untuk memasuki lima akses penting dalam dunia ekonomi yakni akses keuangan, produksi, pasar, payment, dan logistik”.

Hal senada disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho, yang menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan Pasar Nusa Dua ke-2. "Kolaborasi ini menjadi wujud sinergi yang baik antara BI, Pemerintah, dan industri dalam mendorong para pelaku UMKM menggunakan QRIS agar transaksi dapat berjalan cepat, mudah, murah, aman, dan andal. Selain itu kegiatan ini juga sejalan dan turut mendukung upaya BI mencapai target mendapatkan 15 juta pengguna baru QRIS di tahun 2022".

Untuk menunjang kelancaran bertransaksi pada saat acara, Xendit memberikan dukungan fasilitas pembayaran non-tunai dengan menyediakan QR Code Indonesian Standard (QRIS). Pengunjung booth dapat melakukan pembayaran secara mudah, dengan memindai kode QRIS yang telah disediakan secara unik bagi setiap UMKM. UMKM adalah sektor yang terus didorong oleh Pemerintah untuk berkembang, sebab UMKM diyakini berkontribusi besar terhadap pendapatan negara. Menurut data Badan Pusat Statistik, UMKM berkontribusi terhadap 60% Produk Domestik Bruto.

“Xendit akan terus mendukung para pelaku UMKM Indonesia dalam mendigitalisasi usahanya, dengan menyediakan solusi pembayaran digital yang dapat digunakan secara mudah oleh mereka,” ujar COO & Co-Founder Xendit, Tessa Wijaya. “Saat ini, Xendit telah membantu lebih dari 3.000 pelaku usaha di Indonesia, dan kami melihat bahwa Pasar Nusa Dua ke-2 merupakan sebuah sarana yang baik bagi UMKM untuk terus berkembang, khususnya di tengah momentum akselerasi  pemulihan ekonomi nasional,” lanjutnya.

Xendit Pasar Nusa Dua ke-2, yang menghadirkan produk-produk kategori kriya, fashion, kerajinan, hingga food & beverage, dibuka untuk umum mulai pukul 15.00 hingga pukul 22.00 WITA. Untuk informasi lebih lanjut mengenai acara, silakan kunjungi kanal Instagram resmi @pasarnusadua.

Baca Juga: Xendit dan SWA Media Group Gelar Konferensi Seputar Solusi Pembayaran Terintegrasi

Tentang Xendit (PT Sinar Digital Terdepan)

Xendit (PT Sinar Digital Terdepan) adalah perusahaan teknologi finansial yang menyediakan solusi pembayaran dan menyederhanakan proses pembayaran untuk bisnis di Indonesia, Filipina, dan Asia Tenggara, mulai dari UMKM, startup, e-commerce hingga perusahaan besar. Xendit memungkinkan bisnis untuk menerima pembayaran, menjalankan marketplace dan banyak lagi, melalui platform integrasi yang mudah dan didukung oleh layanan pelanggan selama 24 jam. Di tengah lanskap pembayaran yang terfragmentasi di Asia Tenggara, Xendit memungkinkan bisnis untuk menerima pembayaran dari debit langsung, rekening virtual, kartu kredit dan debit, eWallet, QRIS, gerai ritel, dan cicilan online.

Dengan membangun infrastruktur pembayaran digital di Asia Tenggara, Xendit mendorong transformasi digital di kawasan ini dengan mengatasi kebutuhan akses, keandalan, dan peraturan untuk memungkinkan lebih banyak bisnis yang maju dan berkembang. Sebagai startup Indonesia pertama yang lolos dari YCombinator dan didukung oleh investor global dan perusahaan modal ventura di kawasan Asia Tenggara, Xendit mendukung berbagai brand dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara termasuk Traveloka, Wish, dan Grab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved