November
13
2022
     21:49

WSBK Indonesian Round 2022 Selesai Digelar

 WSBK Indonesian Round 2022 Selesai Digelar
ILUSTRASI. Selama 3 hari, WSBK 2022 dihadiri oleh lebih dari 51.600 penonton. Event WSBK 2022 juga melibatkan banyak talenta lokal baik sebagai volunter, pengisi acara, maupun UMKM yang berjualan selama event berlangsung. Total ada sebanyak 1.700 volunteer asal NTB.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - MOTUL FIM Superbike World Championship (WSBK) Pirelli Indonesian Round 2022 selesai digelar di The Mandalika, Lombok, NTB.  PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang The Mandalika, dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku bagian dari ITDC Group, sangat bergembira penyelenggaraan Motul FIM Superbike World Championship (WSBK) Indonesian Round 2022 dapat berjalan dengan lancar dan aman, tanpa gangguan yang berarti.

Direktur Utama ITDC Ari Respati mengatakan, “WSBK Indonesian Round 2022 yang berlangsung di Pertamina Mandalika Circuit ini merupakan race bersejarah karena melahirkan juara dunia baru dan juga menghadirkan race ke-900 WSBK. Kami sangat senang event berjalan dengan lancar baik dari segi race maupun non race.

Hal ini membuktikan persiapan dan koordinasi yang kami lakukan dengan seluruh stakeholders berjalan dengan baik. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan dan dukungan semua pihak yaitu pemerintah pusat dan daerah, BUMN, para sponsor, media, bahkan seluruh masyarakat, sehingga event WSBK yang digelar kedua kali di kawasan The Mandalika ini dapat berlangsung dengan baik dan mencatatkan sejarah.”

Dari segi race, balapan berjalan dengan seru dan menjadi penentu juara dunia WSBK 2022. Persaingan antar pembalap dalam menjadi yang tercepat di The Mandalika sejak Jumat, 11 November berjalan dengat alot dan panas. Kondisi sirkuit dan cuaca yang cerah juga telah menjadi faktor pendukung berjalannya balapan dengan lancar dan tepat waktu.

Meski memenangkan seluruh race di WSBK Indonesian Round 2022 ini, Toprak Razgatlioglu sang juara bertahan dari Turki harus merelakan gelar juara dunia direbut oleh Alvaro Bautista pembalap dari Spanyol.

“Kondisi aspal sirkuit setelah track improvement dalam kondisi yang lebih baik sejak penyelenggaraan WSBK dan MotoGP sebelumnya. Kami akan terus berusaha meningkatkan kualitas sirkuit sehingga akan semakin baik. Salah satu caranya dengan memperbanyak event otomotif di Pertamina Mandalika Circuit sehingga semakin banyak kendaraan yang melintas di aspal sirkuit. Harapannya agar semakin banyak terbentuk race line di lintasan sirkuit. Drainase yang sebelumnya menjadi catatan juga berfungsi dengan baik,” ujar Direktur Utama MGPA Priandhi Satria.

Dari sisi non-race, manajemen penyelenggaraan WSBK tahun ini lebih siap dan berjalan sesuai rencana. “Penyelenggaraan WSBK kali ini kami persiapkan dengan lebih baik dengan mengambil pelajaran dari WSBK 2021 dan MotoGP 2022. Kali ini, traffic management dan crowd control telah dipersiapkan jauh-jauh hari dengan melibatkan aparat terkait dan masyarakat desa penyangga. Sarana dan prasarana juga kami persiapkan dengan mempertimbangkan jumlah penonton dan alur penonton. Dan Alhamdulillah, kami sangat bersyukur, penyelenggaraan berjalan dengan lancar,” terang Ari Respati.

Priandhi Satria menambahkan, “Penyelenggaraan event WSBK dengan mengangkat sisi budaya lokal NTB juga terbukti menjadi nilai lebih dari balapan di Mandalika. Pihak Dorna, Pembalap dan Tim Balap serta peliput dari luar negeri sangat tertarik dan antusias dengan budaya yang kita bawa ke event balapan ini. Hal ini merupakan tujuan kita bahwa selain menggelar balapan, kita juga berkomitmen untuk mempromosikan NTB dan Indonesia ke khalayak dunia sehingga keuntungan yang diperoleh tidak hanya dinikmati saat balapan berlangsung tapi juga akan berlangsung dalam jangka panjang dalam bentuk peningkatan kunjungan ke NTB dan The Mandalika.”

Dari sisi penyelenggaraan, selama 3 hari, WSBK 2022 dihadiri oleh lebih dari 51.600 penonton. Event WSBK 2022 juga melibatkan banyak talenta lokal baik sebagai volunter, pengisi acara, maupun UMKM yang berjualan selama event berlangsung. Total ada sebanyak 1.700 volunteer asal NTB yang membantu pelaksanaan balap motor WSBK Mandalika 2022.

Talenta pebalap Indonesia Veda Ega Pratama juga mencatat sejarah di WSBK  Mandalika 2022 ini dengan memenangkan Race 1 dan 2 Idemitsu Asian Talent Cup (IATC) dan keluar sebagai juara dunia ke-3 IATC 2022.

Kemeriahan balapan hari ini ditutup dengan penampilan Kotak, Armada, dan Wika Salim di panggung Nusantara Festival.

Di lain sisi, masih ada sejumlah hal yang perlu ditingkatkan dalam menyambut penyelenggaraan event balap motor internasional di masa datang. Priandhi Satria mengatakan, “Penyelenggaraan WSBK tahun ini berjalan lebih baik. Namun kami akui masih ada hal yang perlu ditingkatkan lagi salah satunya, bagaimana cara untuk meningkatkan minat masyarakat untuk datang menonton langsung di Pertamina Mandalika Circuit. Konsep promosi dan entertainment akan kami tingkatkan lagi kualitasnya sehingga dapat meningkatkan daya tarik bagi event ini.”

“Penyelenggaraan side event Nusantara Festival dan Lombok Sumbawa Fair berjalan dengan meriah dan cukup menarik minat penonton. Ke depan, penyelenggaraan side event ini akan dikemas lebih menarik dan unik sehingga dapat menjadi ikon baru dalam setiap penyelenggaraan event balap motor internasional di The Mandalika,” tutup Priandhi Satria.

Baca Juga: WSBK 2022, ITDC – MGPA Siapkan Traffic Management dan Crowd Control

Tentang ITDC

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki lini bisnis membangun dan mengembangkan kawasan pariwisata di Indonesia. Selama 48 tahun, Perseroan telah membangun dan mengelola The Nusa Dua, kawasan pariwisata terpadu seluas 350 ha yang berlokasi di Bali bagian selatan, yang menjadi salah satu kawasan pariwisata terbaik di dunia. Dengan infrastruktur, akomodasi, dan fasilitas pertemuan yang berstandar internasional, membuat kawasan ini menjadi tuan rumah berbagai event resmi berskala internasional seperti APEC 2013, Bali Democratic Forum, Miss World 2013, dan IMF-World Bank Group Annual Meetings 2018.

Sejalan dengan strategi Pemerintah untuk meningkatkan sektor pariwisata menjadi sumber utama devisa negara dengan meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, ITDC ditugaskan untuk mengembangkan destinasi pariwisata di luar Pulau Bali. Dengan dukungan Pemerintah, ITDC memperoleh hak untuk mengembangkan dan mengelola The Mandalika di Lombok Tengah, NTB, dengan luas 1.175 hektar.  The Mandalika memiliki 16 km garis pantai yang indah dan dikelilingi bukit-bukit yang hijau, serta merupakan satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas atau ‘Bali Baru’ yang ditetapkan Pemerintah.

Pada tahun 2017 The Mandalika telah resmi beroperasi sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan sejak itu telah menarik Real Estate Investment sebesar USD 1,3 Milyar. Saat ini, The Mandalika tengah dibangun sebagai destinasi pariwisata kelas dunia, dengan berbagai fasilitas dan atraksi berstandar internasional, salah satunya Mandalika International Street Circuit, yang menjadi tempat penyelenggaraan event balap motor dunia World Superbike dan MotoGP mulai 2021.

ITDC merupakan bagian dari InJourney yang merupakan perusahaan holding pada ekosistem aviasi dan pariwisata sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2021 dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2021.

Tentang MGPA

Mandalika Grand Prix Association (MGPA) merupakan unit usaha ITDC, yang memiliki bisnis utama mengelola event “motor sport & tourism” dan mengoperasikan Mandalika International Circuit (Sirkuit Mandalika. Produk dan layanan utama MGPA adalah penyelenggaraan event, penyediaan fasilitas pembalap, penyediaan logistik dan akomodasi, dan promosi serta penjualan tiket. MGPA telah dipercayakan oleh ITDC untuk mengambil alih kontrak dan tanggung jawab pelaksanaan Promotor’s Agreement antara ITDC dan Dorna Sports untuk penyelenggaraan MotoGP dan World Superbike di Sirkuit Mandalika mulai 2021 dan tahun-tahun selanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved