March
04
2023
     14:58

WSBK 2023, Penonton Disuguhi Sajian Menarik di Lombok Sumbawa Fair

 WSBK 2023, Penonton Disuguhi Sajian Menarik di Lombok Sumbawa Fair
ILUSTRASI. Balapan MOTUL FIM Superbike World Championship (WSBK atau WorldSBK) Indonesian Round kembali digelar di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, NTB, pada Jumat-Minggu (3-5/3/2023) ini.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Balapan MOTUL FIM Superbike World Championship (WSBK atau WorldSBK) Indonesian Round kembali digelar di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, NTB, pada Jumat-Minggu (3-5/3/2023) ini.

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), perusahaan pengembang dan pengelola kawasan pariwisata di Indonesia member InJourney Group, bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku bagian dari ITDC Group, optimistis balapan akan berjalan dengan lebih seru dan menarik dibanding tahun lalu.

Pada hari ini, Jumat (3/3), telah dilakukan sesi latihan bebas 1 dan 2. Sementara, besok Sabtu (4/3) mulai pukul 07.30-12.30 WIB akan dilaksanakan sesi latihan bebas 3, The Supersport World Championship (WorldSSP) race 1, dan WorldSBK race 1.

Direktur Operasi ITDC Troy Reza Warokka mengatakan, “Penyelenggaraan event WorldSBK hari pertama telah berjalan dengan baik.  Di tengah cuaca yang cerah baik sesi latihan bebas WorldSBK maupun WorldSSP telah berjalan dengan lancar tanpa hambatan berarti.”

Direktur Utama MGPA Priandhi Satria menambahkan, “Kami optimistis event WorldSBK Indonesian Round 2023 ini akan berjalan lebih seru dibanding tahun sebelumnya. Selain memastikan kesiapan secara teknis, tahun ini kami telah menyiapkan sejumlah side event yang lebih menarik dengan menampilkan kekayaan budaya Nusantara, terutama NTB, potensi ekonomi kreatif dan UMKM lokal. Untuk itu, berkolaborasi dengan Mandalika GP Series kami telah menyiapkan event Lombok Sumbawa Fair yang dapat dinikmati oleh penonton WSBK,.”

Lombok Sumbawa Fair (LSF) adalah festival yang menyuguhkan keberagaman budaya NTB berupa kerajinan, kuliner, maupun pertunjukan seni budaya lokal yang akan berlangsung pada Sabtu-Minggu (4-5 Maret) mulai pukul 16.00-22.00 WITA. LSF merupakan kerjasama antara ITDC-MGPA bersama Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pada hari Sabtu (4/3), sejumlah artis kenamaan seperti Gita KDI, Onal DA5 Indosiar, Fero Tambora Raising Star RCTI, Resty Bima. Setelah break sholat maghrib, acara akan dilanjutkan dengan lighting show serta penampilan dari Albert in Space dan Joy Walker.

Sementara pada hari Minggu (5/3), giliran Wet Band, Abhy Summer, The Datu, Tanaman Kaktus dan band rock papan atas Jamrud akan menghibur penonton dan pengunjung LSF.

“Kami berharap LSF ini dapat memberikan hiburan dan sajian yang lebih meriah bagi penonton WSBK tahun ini. Selain itu, melalui event ini dapat mendorong pertumbuhan industri ekonomi kreatif dan UMKM NTB khususnya Lombok Tengah serta memberikan dampak ekonomi langsung dari gelaran WSBK ini,” tutup Priandhi.

Tentang ITDC

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) adalah perusahaan yang memiliki lini bisnis membangun dan mengembangkan kawasan pariwisata di Indonesia.

Selama 49 tahun, Perseroan telah membangun dan mengelola The Nusa Dua, kawasan pariwisata terpadu seluas 350 ha yang berlokasi di Bali bagian selatan, yang menjadi salah satu kawasan pariwisata terbaik di dunia. Dengan infrastruktur, akomodasi, dan fasilitas pertemuan yang berstandar internasional, membuat kawasan ini menjadi tuan rumah berbagai event resmi berskala internasional seperti APEC 2013, Bali Democratic Forum, Miss World 2013, dan IMF-World Bank Group Annual Meetings 2018 dan Presidensi G20 pada 2022.

Sejalan dengan strategi Pemerintah untuk meningkatkan sektor pariwisata menjadi sumber utama devisa negara dengan meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, ITDC ditugaskan untuk mengembangkan destinasi pariwisata di luar Pulau Bali.

Dengan dukungan Pemerintah, ITDC memperoleh hak untuk mengembangkan dan mengelola The Mandalika di Lombok Tengah, NTB, dengan luas 1.175 hektar. The Mandalika memiliki 16 km garis pantai yang indah dan dikelilingi bukit-bukit yang hijau, serta merupakan satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas atau ‘Bali Baru’ yang ditetapkan Pemerintah.

Pada tahun 2017 The Mandalika telah resmi beroperasi sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan sejak itu telah menarik Real Estate Investment sebesar USD 1,3 Milyar.

Saat ini, The Mandalika tengah dibangun sebagai destinasi pariwisata kelas dunia, dengan berbagai fasilitas dan atraksi berstandar internasional, salah satunya Pertamina Mandalika International Circuit, yang menjadi tempat penyelenggaraan event balap motor dunia World Superbike dan MotoGP mulai 2021.

ITDC merupakan anak usaha dari PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney yang merupakan BUMN Holding Jasa Pariwisata dan Pendukung, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2021, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2021, dan Peraturan Pemerintah (PP) No 3 Tahun 2023 tentang Penambahan Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia ke dalam Modal Saham Perusahaan Perseroan (Persero) PT Aviasi Pariwisata Indonesia/ InJourney.

Baca Juga: Dukung WSBK 2023, ITDC Teken Perjanjian Kerjasama Naming Right Bale Mandiri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved