December
16
2022
     14:41

WSBK 2022 Menyerap Ribuan Tenaga Kerja dan Berikan Dampak Positif Bagi Masyarakat NTB

WSBK 2022 Menyerap Ribuan Tenaga Kerja dan Berikan Dampak Positif Bagi Masyarakat NTB
ILUSTRASI. Penyelenggaraan balap motor World Superbike (SBK) Indonesian Round 2022 pada 11-13 November lalu di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), telah menjadi event yang memberikan dampak positif bagi masyarakat NTB.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Penyelenggaraan balap motor World Superbike (SBK) Indonesian Round 2022 pada 11-13 November lalu di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), telah menjadi salah satu event yang memberikan dampak positif bagi masyarakat NTB. PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata The Mandalika, mengungkapkan bahwa dampak positif tersebut terlihat antara lain dari jumlah penyerapan tenaga kerja, pelibatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), peningkatan okupansi rata-rata hotel di kawasan dan sekitarnya, serta omzet sejumlah pelaku wisata.  

Tercatat WSBK 2022 di The Mandalika telah menyerap sebanyak 1.557 orang tenaga kerja yang bertugas sebagai marshall, crowd control, waste management, security, cleaning service, hospitality, ticketing dan lainnya. Sementara sebanyak 445 pelaku UMKM yang berasal dari berbagai wilayah di NTB telah berpartisipasi dalam side event Lombok Sumbawa Fair dan Nusantara Festival.  WSBK juga melibatkan talenta-talenta terbaik NTB menjadi pendukung dan pengisi acara side event dan pembukaan race yang menampilkan kekayaan budaya NTB.

Direktur Operasi ITDC Troy Reza Warokka mengatakan, “WSBK 2022 di The Mandalika menjadi contoh bagaimana sebuah atraksi atau konten pariwisata dapat memberikan dampak positif atau multiplier effect bagi masyarakat sekitar maupun pelaku usaha, yang antara lain ditunjukkan melalui tingginya jumlah tenaga kerja yang terserap serta peningkatan omzet penjualan para pelaku wisata dan UMKM selama WSBK. Dengan keterlibatan langsung ribuan masyarakat NTB,kami juga melihat bahwa event WSBK telah mampu mendorong peningkatan kapasitas masyarakat NTB dalam menyambut dan menyelenggarakan sebuah event internasional sekaligus memperoleh manfaat ekonomi dan benefit lainnya dari penyelenggaraan event.”

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI) NTB Ni Ketut Wolini mengungkapkan, “Menjelang dan selama WSBK 2022 okupansi hotel/penginapan di Lombok Tengah, termasuk kawasan The Mandalika, mencapai rata-rata 60%, hampir dua kali dari rata-rata 35% occupancy pada hari biasa. Peningkatan occupancy hotel/penginapan juga dirasakan di wilayah Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Utara dan Kota Mataram.”

Sementara Muliadi dari Perhimpunan Asosiasi Travel Mandalika menyampaikan, “Kami sebagai pelaku pariwisata di bidang jasa penyewaan transportasi juga melihat dampak positif dari penyelenggaraan WSBK kemarin. Pendapatan menjelang dan selama event WSBK 2022 mencapai  Rp150-200 juta, merupakan jumlah yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan pendapatan pada hari-hari biasa atau sebelum event WSBK 2022 sebesar Rp 60-70 juta per bulan.”

Sesuai provisional calendar yang telah dikeluarkan oleh Dorna Sports, Pertamina Mandalika Circuit pada 2023 akan menggelar World Superbike (SBK) Indonesian Round pada 3-5 Maret 2023 dan MotoGP pada 13-15 Oktober 2023.

“WSBK dan MotoGP akan menjadi dua event terbesar yang akan kembali diselenggarakan di The Mandalika tahun depan.  Melalui kedua event ini dan juga event lain yang kami harapkan akan semakin banyak digelar di kawasan The Mandalika, kami optimis akan melihat keberlanjutan multiplier effect yang tercipta bagi masyarakat sekitar kawasan dan masyarakat NTB umumnya,” tutup Troy.

Tentang ITDC

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki lini bisnis membangun dan mengembangkan kawasan pariwisata di Indonesia. Selama 48 tahun, Perseroan telah membangun dan mengelola The Nusa Dua, kawasan pariwisata terpadu seluas 350 ha yang berlokasi di Bali bagian selatan, yang menjadi salah satu kawasan pariwisata terbaik di dunia. Dengan infrastruktur, akomodasi, dan fasilitas pertemuan yang berstandar internasional, membuat kawasan ini menjadi tuan rumah berbagai event resmi berskala internasional seperti APEC 2013, Bali Democratic Forum, Miss World 2013, dan IMF-World Bank Group Annual Meetings 2018.

Sejalan dengan strategi Pemerintah untuk meningkatkan sektor pariwisata menjadi sumber utama devisa negara dengan meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, ITDC ditugaskan untuk mengembangkan destinasi pariwisata di luar Pulau Bali. Dengan dukungan Pemerintah, ITDC memperoleh hak untuk mengembangkan dan mengelola The Mandalika di Lombok Tengah, NTB, dengan luas 1.175 hektar.  The Mandalika memiliki 16 km garis pantai yang indah dan dikelilingi bukit-bukit yang hijau, serta merupakan satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas atau ‘Bali Baru’ yang ditetapkan Pemerintah.

Pada tahun 2017 The Mandalika telah resmi beroperasi sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan sejak itu telah menarik Real Estate Investment sebesar USD 1,3 Milyar. Saat ini, The Mandalika tengah dibangun sebagai destinasi pariwisata kelas dunia, dengan berbagai fasilitas dan atraksi berstandar internasional, salah satunya Mandalika International Street Circuit, yang menjadi tempat penyelenggaraan event balap motor dunia World Superbike dan MotoGP mulai 2021.

ITDC merupakan bagian dari InJourney yang merupakan perusahaan holding pada ekosistem aviasi dan pariwisata sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2021 dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2021.

Baca Juga: WSBK 2022, ITDC Group Perbesar Partisipasi Masyarakat NTB pada Penyelenggaraan Event

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2023 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved