November
29
2023
     22:28

WIR Group Kembangkan Application Programming Interfaces (API) guna Pengalaman Belanja

WIR Group Kembangkan Application Programming Interfaces (API) guna Pengalaman Belanja
ILUSTRASI. WIR Group, melalui anak perusahaannya Mindstores, bangun Application Programming Interfaces (API) untuk menyediakan akses yang cepat dan ringkas bagi aplikasi yang membutuhkan layanan quick commerce.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID -  WIR Group (PT WIR ASIA Tbk), perusahaan teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), dan Artificial Intelligence (AI) terdepan di Asia Tenggara, melalui anak usahanya Mindstores memperkaya pengalaman berbelanja dengan Application Programming Interfaces (API) yang mampu mengintegrasikan jaringan retail ke aplikasi-aplikasi pihak ketiga dengan cepat.

Teknologi ini dapat meningkatkan pengalaman pengguna aplikasi untuk berbelanja dan memberikan informasi terkini mengenai ketersediaan produk secara real-time serta opsi pembayaran yang disesuaikan dengan penyedia aplikasi.

Melalui inovasi ini, Mindstores berharap dapat terus menjadi yang terdepan dalam memberikan solusi bagi industri ritel untuk menciptakan pengalaman quick commerce dengan jangkauan pelanggan seluas-luasnya serta akses yang praktis, aman, dan nyaman.

Dalam beberapa tahun terakhir industri perdagangan ritel semakin dinamis, diantaranya dengan munculnya model bisnis quick commerce yang diprediksi akan mengimbangi model ritel konvensional dan e-commerce

Kemunculannya yang dipicu pandemi COVID-19 didorong perubahan perilaku konsumen dan peningkatan permintaan untuk barang konsumsi sehari-hari. Konsumen semakin membutuhkan delivery time yang lebih cepat. Beberapa penyedia layanan quick commerce bahkan menjanjikan pengiriman dalam 15-30 menit.

Dengan memanfaatkan keahlian dan sumber daya yang dimiliki, Mindstores senantiasa mengembangkan fitur-fitur inovatif yang dapat menyederhanakan pengalaman berbelanja. Adian Adhitama Bachtiar, selaku CEO Mindstores mengatakan “Ekspansi yang sedang gencar dilakukan oleh sektor quick commerce di Indonesia memang sudah selayaknya menjadi perhatian khusus oleh berbagai bisnis, khususnya ritel.

Di sisi penyedia aplikasi, rasanya tidak lengkap jika tidak ada fitur quick commerce bagi para penggunanya, mengingat hal ini adalah kebutuhan sehari-hari. Bisnis di industri ritel dan penyedia aplikasi perlu beradaptasi dan menemukan cara-cara inovatif untuk tetap kompetitif di pasar yang terus berkembang ini.

Mindstores sebagai anak usaha dari WIR Group selalu berkomitmen memberikan inovasi-inovasi unggul, salah satunya Application Programming Interfaces (API) quick commerce. Harapannya, inovasi ini akan meningkatkan pengalaman berbelanja kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat luas.”

Adian menambahkan, “Mindstores akan menjadi aggregator untuk menghubungkan penjual dan pembeli secara cepat. Setelah terimplementasi, setiap transaksi yang dilakukan pembeli akan dilayani sisi penjual secara cepat langsung dari toko terdekat dengan service-level agreement (SLA) selama 30 menit.

Kemudian, layanan ini akan tersedia dengan biaya pengiriman tetap dan tidak ada jumlah minimum transaksi. Bagi industri, banyak keuntungan yang ditawarkan oleh Mindstores, seperti halnya integrasi API dan rekonsiliasi yang dilayani melalui sistem yang pada akhirnya meningkatkan penjualan dan pelayanan.”

Dengan memanfaatkan keahlian teknologi dan logistik, Mindstores menyediakan akses yang cepat dan ringkas bagi pelanggan untuk mengakses produk kebutuhan sehari-hari. Hal ini tidak hanya meningkatkan efisiensi tetapi juga meningkatkan pengalaman berbelanja secara keseluruhan bagi konsumen.

Tingkat transparansi, keamanan dan kenyamanan ini diharapkan akan semakin meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan dari aplikasi-aplikasi rekanan Mindstores.

Tentang PT WIR ASIA Tbk

WIR Group adalah perusahaan teknologi imersif dan Web3 yang berfokus pada Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI) yang sudah membangun solusi platform teknologi Business-to-Business-to-Customer (B2B2C) untuk puluhan industri mancanegara dengan mengkombinasikan teknologi imersif seperti Virtual Reality (VR) & Artificial Intelligence (AI) dan telah mendapatkan 5 (lima) paten global untuk AR yang teregistrasi pada Patent Cooperation Treaty (PCT). WIR Group juga tercatat di ISO/IEC 27001 untuk sertifikasi sistem keamanan informasi.

Sejak 2009, WIR Group telah menyelesaikan ribuan proyek dan melayani lebih dari 20 negara termasuk di antaranya Amerika Serikat, Jerman, Spanyol, Nigeria, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Myanmar & banyak lainnya.

Selain itu, WIR Group juga telah mendapatkan banyak pengakuan Internasional di antaranya Excellent Communications Design Apps dalam German Design Award 2020, AR Best Campaign at the Augmented World Expo’s 7th Annual Auggie Awards 2015 dan 2016 di Silicon Valley, Innovation 40 dari The New Economy London di London Stock Exchange, dan Metaverse Tech Companies to Watch in 2022 versi Forbes.

Perseroan dan Perusahaan Anak (selanjutnya disebut sebagai “WIR Group”) kemudian menyelesaikan berbagai proyek di bidang edukasi, penerbitan, dan game. WIR Group pada 2015 memperluas kegiatan usahanya untuk memberikan jasa layanan media/iklan, melalui unit teknologi DAV dan perdagangan ritel melalui Mind Store. Pada 2019, Perseroan membentuk unit teknologi Minar di bawah PT Mata Nilai Republik untuk mengembangkan AR geo location based gaming. Pada 04 April 2022, PT WIR ASIA Tbk atau dikenal WIR Group resmi mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham WIRG.

Baca Juga: Terapkan Teknologi AI di Industri Ritel, WIRG Kerjasama dengan Aprindo dan AGRA

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved