August
02
2022
     11:10

WIKA Beton Tanam Terumbu Karang hingga Bibit Mangrove di Pulau Pari

WIKA Beton Tanam Terumbu Karang hingga Bibit Mangrove di Pulau Pari
ILUSTRASI. Pekerja memeriksa kualitas bantalan rel (slab track) di Pabrik Slab Track PT WIKA Beton, Karawang, Jawa Barat, Rabu (18/5/2022).

Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Masifnya pembangunan infrastruktur di Indonesia sudah selayaknya diimbangi dengan langkah-langkah perlindungan terhadap sumber daya alam agar terus lestari. Keseimbangan bisnis

yang mendukung pembangunan berkelanjutan menjadi salah satu fokus PT Wijaya Karya Beton Tbk (WIKA Beton) selaku perusahaan yang bergerak di bidang industri manufaktur dan konstruksi tanah air.

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan khususnya dalam upaya konservasi keanekaragaman hayati, WIKA Beton menggelar kegiatan WTON Save Ecosystem dan WTON Jendela Dunia pada hari Jumat – Minggu, 29-31 Juli 2022 di Pulau Pari, Kepulauan Seribu, Jakarta.

Berkolaborasi dengan komunitas Jakarta Mengabdi, WIKA Beton menanam 500 bibit mangrove di bibir Pantai Rengge, Pulau Pari, serta melakukan beautifikasi tempat sampah.

Baca Juga: WTON Ambil Alih Mayoritas Saham Wika Pracetak Gedung dari WEGE

Tak hanya itu, WIKA Beton juga melepas 500 ekor ikan nemo dan menanam 100 bibit terumbu karang di lepas pantai Pulau Pari. Kegiatan yang berpilar pada WTON Peduli ini disupervisi dan didampingi langsung oleh Pusat Budidaya dan Konservasi Laut (PBKL) Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Dengan begitu, bibit yang sudah ditanam akan dipantau secara rutin pertumbuhannya ke depan. Pada kesempatan yang sama, WIKA Beton turut mendukung pemerataan edukasi bagi anak-anak dengan menyerahkan beasiswa Ruangguru kepada siswa terpilih di kelas 6 dan kelas 9 dari SD-SMP Negeri Satu Atap 01 Pulau Pari.

Terdapat pula bantuan sejumlah tas sekolah dan makanan ringan untuk siswa sekolah.

Selain menyasar sekolah, program yang berdasarkan pada pilar WTON Pintar ini juga menyentuh taman baca di Pulau Pari. Terdapat 380 buku bacaan, 270 buah Iqra dan Al-Quran, sejumlah poster pendidikan, dan 4 (empat) rak buku besi yang disebar ke 4 (empat) titik di Pulau Pari.

Tak hanya itu, sebanyak 4 (empat)  kardus minyak goreng 2 liter diserahkan juga kepada ibu-ibu yang ada di Pulau Pari.

Ragam kegiatan ini dibungkus dalam kegiatan Sapa Kampung Pulau Pari yang diikuti oleh 80 orang yang tergabung dalam Jakarta Mengabdi (JM), suatu komunitas gerakan pengabdian yang berdiri sejak tahun 2020 dengan 4 (empat) fokus bidang pengabdian yakni Jakarta Cerdas, Jakarta Peduli, Jakarta Sehat, dan Jakarta Lestari.

JM telah memiliki 4 (empat) kampung binaan di wilayah Jakarta yakni Kampung Nelayan Kaliadem Jakarta Utara, Kampung Pemulung Gunung Balong Jakarta Selatan, Kampung Pemulung Rawadas Jakarta Timur, dan Kampung Muka Ancol Jakarta Utara.

Baca Juga: Sudah Raih Kontrak Rp 3,39 Triliun, Ini Target Wika Beton (WTON) Hingga Akhir 2022

Program ini didukung penuh oleh tim manajemen WIKA Beton yang berkomitmen untuk selalu menjalankan green policy di dalam seluruh proses produksi.

"WIKA Beton senantiasa mengupayakan implementasi green factory dan mendorong pengurangan limbah. Di tahun 2021, sebanyak 70% pabrik WIKA Beton telah dikategorikan sebagai pabrik bebas limbah," kata Yuherni Sisdwi Rachmawati, Sekretaris Perusahaan WIKA Beton dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Selasa (2/8).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2022 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved