November
24
2022
     23:46

VENTENY Siap IPO Pasca Sukses Garap Permintaan Pasar Akses Pendanaan Pemberdayaan SDM

VENTENY Siap IPO Pasca Sukses Garap Permintaan Pasar Akses Pendanaan Pemberdayaan SDM
ILUSTRASI. Jun Waide, Founder and Group CEO PT VENTENY Fortuna International Tbk mengumumkan pertumbuhan bisnis perusahaan yang eksponensial hingga melangkah menuju IPO. (24/11).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID -  PT VENTENY Fortuna International Tbk (“Perseroan”) menggelar agenda “Public Expose & Due Diligence Meeting” untuk memperkenalkan prospek bisnis, kinerja, dan rencana perseroan. Agenda ini merupakan rangkaian dari proses Penawaran Umum Perdana Saham (IPO) Perseroan di mana VENTENY akan menjadi perusahaan publik yang sahamnya tercatat di BEI (Bursa Efek Indonesia).

PT VENTENY Fortuna International Tbk merupakan perusahaan teknologi yang melayani kebutuhan pemilik usaha (UMKM dan perusahaan besar) dan karyawan dengan menyediakan kombinasi growth funding (pendanaan produktif) dan pemberdayaan sumber daya manusia.

VENTENY didirikan oleh Jun Waide, seorang pengusaha dan profesional yang berasal dari Jepang.

VENTENY berawal dari VENTENY INC di Filipina (tahun 2015), dan kemudian berkembang ke  Singapura (tahun 2016) melalui VENTENY Pte Ltd, dan akhirnya memulai operasi di Indonesia melalui PT VENTENY Matahari Indonesia (tahun 2019). Seiring bisnis yang terus berkembang, manajemen mendirikan PT VENTENY Fortuna International Tbk sebagai perusahaan induk untuk memperkuat sinergi seluruh anak perusahaan (tahun 2021). Dengan keberadaan VENTENY di tiga negara Asia Tenggara tersebut, Perseroan memiliki perspektif yang luas tentang perilaku pasar.

“Kunci kesuksesan sebuah bisnis adalah terjalinnya relasi yang erat antara pemilik usaha dan karyawan. Pemilik usaha butuh modal untuk menjalankan usaha dan mengelola karyawannya, dan sebaliknya, karyawan membutuhkan lingkungan kerja yang lebih baik untuk menjaga kinerjanya.

Kebutuhan material dan non-material tersebut berkembang semakin dinamis seiring perubahan generasi, untuk itu kami menciptakan sebuah ekosistem layanan yang inklusif dan komprehensif. Hal ini telah menjadi kekuatan fundamental kami yang membawa kami menjadi perusahaan yang membukukan keuntungan di dua tahun terakhir,” terang Jun Waide - Founder & Group Chief Executive Officer VENTENY.

Unique Market Proposition VENTENY

VENTENY mengedepankan kolaborasi strategis dengan bermitra dengan banyak pihak untuk menyediakan layanan growth funding (pendanaan produktif) untuk segmen B2B (Business to Business), dan pemberdayaan sumber daya manusia melalui platform employee super-app untuk segmen B2B2E (Business to Business to Employees).

VENTENY mengoptimalkan jaringan yang dimiliki oleh founder untuk bermitra dengan sejumlah institusi keuangan asal Jepang yang menawarkan cost of fund pembiayaan yang relatif lebih rendah. Sehingga, VENTENY, melalui para mitra pembiayaan di Indonesia, dapat menyalurkan pendanaan kepada UMKM dengan bunga yang kompetitif, didukung oleh proses penilaian kredit terpadu untuk meminimalisir risiko kredit macet, dan proses pengajuan yang cepat.

Sementara untuk layanan employee super-app, VENTENY menawarkan empat jenis solusi dalam satu aplikasi, yaitu “V-Financial” fintech, “V-Insurance” insurtech, “V-Academy” edutech, dan “V-Merchant” lifestyle. Melalui layanan ini, VENTENY dapat membantu perusahaan menerapkan efisiensi biaya dalam menyediakan benefit kesejahteraan, proteksi, pengembangan diri, dan hiburan bagi para karyawan. VENTENY percaya, karyawan yang bahagia dan produktif akan mendukung profitabilitas perusahaan.

VENTENY Jeli Menangkap Peluang Pasar untuk Akses Permodalan Usaha dan Pemberdayaan SDM

Asia Tenggara merupakan pasar yang besar bagi VENTENY, khususnya di Indonesia, di mana terdapat lebih dari 66 juta UMKM di tahun 2019 yang menyerap lebih dari 120 juta karyawan. Sayangnya, mereka mengalami keterbatasan akses permodalan dan kemampuan untuk memenuhi kesejahteraan tenaga kerjanya. Saat ini, diperkirakan terdapat lebih dari USD 300 miliar kesenjangan finansial (kebutuhan modal usaha untuk UMKM yang belum terpenuhi) di Asia Tenggara, termasuk lebih dari USD 166 miliar di Indonesia.

Sejak hadir di Indonesia hingga periode Q3 2022 ini, Perseroan telah menyalurkan dana lebih dari Rp2 triliun kepada pemilik usaha, termasuk di masa pandemi dimana banyak perusahaan terdampak dan mengalami krisis. Pendapatan Perseroan tumbuh signifikan hingga 230% secara YoY dari Juni 2021 ke Juni 2022. Laba bersih Perseroan juga tumbuh 800% secara YoY dari Juni 2021 ke Juni 2022.

Pada November 2021, VENTENY meluncurkan employee super-app untuk menjawab berbagai kebutuhan dari karyawan, serta membantu pemilik usaha menerapkan efisiensi biaya dalam menyediakan kebutuhan karyawannya. Meskipun baru berumur satu tahun, layanan ini berhasil meraih pencapaian berikut:

●      Pertumbuhan transaksi hingga 700% pada dari 2021 sampai 2022.

●      Jumlah unduhan aplikasi VENTENY meningkat rata-rata 140% setiap bulannya sejak pertama kali diluncurkan di bulan November 2021.

●      Sampai dengan November 2022, segmen ini telah berkontribusi sebesar 27% bagi total pendapatan perusahaan, naik dari 17% di bulan Juni 2022.

Mencatatkan laba sejak 2021 secara Grup, VENTENY mantap IPO

Perseroan, secara grup, telah berhasil mencatatkan laba sejak 2021. Sesuai dengan laporan keuangan yang telah diaudit per 30 Juni 2022, laba bersih group tumbuh sebesar 800% YoY.  Pencapaian inilah yang menjadi kekuatan VENTENY sebagai perusahaan teknologi yang prospektif untuk masyarakat dan memiliki posisi yang solid di sektor industri ini.

“Kami berterima kasih atas kepercayaan masyarakat kepada VENTENY selama ini, sehingga kami mampu menjadi perusahaan yang profitable dalam dua tahun beroperasi. Hal ini merupakan bukti bahwa VENTENY berhasil menggarap potensi dan permintaan pasar dengan baik. Lewat IPO ini, kami mengajak masyarakat untuk turut mengambil bagian dalam menciptakan ekosistem industri masa depan.” jelas Jun Waide - Founder & Group Chief Executive Officer VENTENY.

VENTENY melihat potensi pasar yang masih luas untuk dieksplorasi, sehingga perseroan menilai perlunya peningkatan dari segi permodalan, sumber daya manusia, dan teknologi, yang menjadi dasar perseroan memantapkan diri untuk melantai di Bursa Efek Indonesia melalui Penawaran Umum Saham Perdana (IPO). Dengan IPO ini, VENTENY berharap mendapatkan pengakuan dan kepercayaan yang lebih banyak dari para pemangku kepentingan untuk mencapai target bisnis ke depannya.

Kisaran harga saham untuk IPO ditetapkan di rentang Rp 350 – 450. VENTENY menargetkan dapat menghimpun dana sebanyak-banyaknya Rp422.900.595.000 (empat ratus dua puluh dua miliar sembilan ratus juta lima ratus sembilan puluh lima ribu Rupiah) atau setara dengan 15% dari total modal ditempatkan. Perseroan berencana untuk menggunakan dana hasil IPO, setelah dikurangi biaya emisi, untuk penambahan modal kerja group Perseroan dan untuk mendukung pengembangan bisnis dan pertumbuhan Perseroan.

Saat ini, VENTENY telah mengantongi surat pre-efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan membuka kesempatan bookbuilding (penawaran awal saham) bagi calon investor sejak tanggal 21 - 29 November 2022. Masyarakat selaku calon investor dapat menghubungi pihak penjamin emisi efek VENTENY, yakni SF Sekuritas, Mirae Asset Sekuritas, dan BRI Danareksa Sekuritas untuk melakukan pemesanan saham VENTENY dengan kode emiten VTNY.

Tentang VENTENY

PT VENTENY Fortuna International Tbk menawarkan sebuah proposisi yang unik bagi para UMKM dalam menumbuhkan bisnis melalui kombinasi growth fund dan dan pemberdayaan sumber daya manusia. Didirikan pada tahun 2015, VENTENY berambisi untuk menjadi market leader di industri ini, dengan menawarkan proposisi unik yang belum pernah ditawarkan sebelumnya yang menjadi sorotan dan menerima pengakuan dari pasar melalui penghargaan-penghargaan bergengsi seperti: Finovate Asia (2016), Top 100 Startup oleh Echelon (2017), Champion Financial Innovation Business Conference  FinTech Summit 2017, CNBC Person of The Months (2022) dan CNBC Award: The Most Promising Start Up (2022)

Visi VENTENY adalah membangun sebuah platform online multi-layanan yang bermanfaat dalam memberdayakan bisnis dan memperkaya kehidupan masyarakat secara global. Dengan misi untuk berkontribusi penuh terhadap pertumbuhan pelanggan, tidak hanya melalui produk berbasis teknologi dengan kualitas terbaik, tapi juga melayani pelanggan dengan perhatian, hormat dan komitmen yang kuat.

PT VENTENY Matahari Indonesia memulai operasionalnya secara efektif dan efisien di awal tahun 2019. Keberhasilan dan kesuksesan PT VENTENY Matahari Indonesia di dalam kinerjanya terbukti dengan kemampuannya menghadapi badai Pandemi COVID-19, dimana hasil kinerja yang semakin meningkat setiap bulannya. Kondisi yang menjadi dasar pertimbangan untuk mendirikan holding company.

Per hari ini, jasa VENTENY secara keseluruhan sudah menjangkau lebih dari 200.000 pengguna di Filipina dan lebih dari 250.000  pengguna di Indonesia.

Baca Juga: IPO, Venteny Menargetkan Laba Melesat 400% Tahun Ini

Selanjutnya: Honda Siapkan Teknologi untuk Stabilisasi Jaringan Listrik Dalam Pengisian Daya Mobil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2022 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved