June
09
2023
     15:43

USG Education Memikat Generasi Muda dengan Semangat Socio Creative Enteprenurship

USG Education Memikat Generasi Muda dengan Semangat Socio Creative Enteprenurship
ILUSTRASI. Salah satu upaya USG Education untuk memperkuat peran di era digital adalah melalui kegiatan akademis UIC Creative Showcase 2023 - The Socio Creative Entrepreneurship yang berlangsung pada tanggal 6-7 Juni di Atrium Neo Soho Mall.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Sebagai bagian yang sangat penting dalam peningkatan kualitas bangsa, pendidikan memainkan peran yang krusial dalam membentuk generasi muda yang siap menghadapi tantangan baru di era digital. Tidak hanya dalam hal pengembangan akademis, tetapi juga dalam aspek lain seperti kemampuan soft skills, kreativitas, semangat inovasi, serta memiliki empati dan kepedulian sosial. Hal ini akan mendorong generasi era digital untuk aktif berpartisipasi dalam mencari solusi bagi berbagai permasalahan di dunia.

USG Education, sebagai institusi pendidikan internasional, mengerti betul akan hal ini dan konsisten dalam membentuk lulusan yang berwawasan global sambil menjaga nilai-nilai kepedulian sosial.

Salah satu upaya USG Education untuk memperkuat peran ini adalah melalui kegiatan akademis "UIC Creative Showcase 2023 - The Socio Creative Entrepreneurship," yang berlangsung pada tanggal 6- 7 Juni di Atrium Neo Soho Mall. Kegiatan ini bekerja sama dengan yayasan gerakan sosial HOPE (Gelang Harapan), yang didirikan oleh tiga sahabat ; Wulan Guritno, Amanda Gratiana Soekasah, dan Janna Soekasah Joesof.

Kegiatan ini berhasil memikat perhatian para siswa dengan pendekatan unik yang menggabungkan pendidikan dengan semangat Socio Creative Entrepreneurship.

Sebagai pembuka kegiatan di Atrium Neo Soho Jakarta Barat pada tanggal 6 Juni 2023, siswa/i UIC College Nial Palka dan Fakhri Violin berkolaborasi dengan Doddy Soekasah dan Janna Soekasah menampilkan lagu ciptaan Doddy Soekasah “Kasmaran” yang telah digubah. Acara dilanjutkan dengan presentasi dan pameran dari siswa/i yaitu membuat suatu karya baru yang berdampak positif dan membawa perubahaan di dunia melalui bentuk applikasi komputer, Fashion (Tata Busana), ide UMKM Bisnis baru, Desain Grafis, Digital Grafis, dan Musik, yang di presentasikan di hadapan para juri yang terdiri dari para pelaku industri profesional.

Puncak acara "UIC Creative Showcase 2023" pada tanggal 7 Juni 2023 akan menampilkan fashion show dari Elena, dan Sabrina. Acara ini juga didukung oleh penyanyi ternama Indonesia, Marcell Siahan, yang berkolaborasi dengan siswa dan dosen UIC College BSD Campus Shal, Aghi Narotama, Triono Pudji dan Fakhri Violin. Tidak hanya sebagai ajang apresiasi seni dan kreativitas, acara ini juga menjadi wadah penggalangan dana untuk penyintas kanker yang kurang mampu melalui kerjasama dengan Gelang Harapan.

Melalui ajang ini USG Education berharap siswa dan siswinya akan mempersembahkan hasil karya yang tak hanya mencuri perhatian, tetapi juga menyentuh jiwa dan membangkitkan semangat kewirausahaan sosial.

Hal ini selaras dengan identitas USG Education yaitu mencetak Noble Scholar atau cendekia yang berwawasan luas, berakhlak dan berbudi pekerti luhur, serta peduli akan isu sosial. USG Education berkomitmen menjadikan pendidikan sebagai sarana utama untuk menuju terwujudnya Sumber Daya berdaya saing tinggi dimana pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis dalam pembangunan nasional.

“Para siswa adalah pemimpin masa depan yang memiliki potensi untuk merubah dunia dengan pemikiran mereka yang inovatif, gagasan brilian dan kepedulian mereka terhadap masyarakat. Dan kita semua beruntung dapat menyaksikan dan mendukung mereka dalam perjalanan mereka menuju kesuksesan yang lebih besar” disampaikan Adhirama G Tusin selaku Presiden Direktur USG Education.

Aimee Sukesna selaku USG Education Head of BSD Campus menambahkan, "Program-program kami di USG Education dirancang dengan tujuan memberikan pengalaman dunia nyata kepada siswa-siswa, pembelajaran kolaboratif, dan perhatian pribadi untuk meningkatkan kapasitas akademik dan keterampilan mereka agar dapat beradaptasi dengan lingkungan internasional.

Kami juga konsisten dalam memperkenalkan berbagai masalah sosial di dunia sebagai studi kasus sejak awal masa belajar. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan rasa peduli siswa yang tinggi, sehingga mereka bisa turut serta mendorong perubahan positif di negara ini," kata Aimee.

Dalam kesempatan ini, USG Education bekerja sama dengan berbagai organisasi, baik profit maupun non-profit, salah satunya adalah HOPE (Gelang Harapan).

Janna Soekasah, pendiri HOPE (Gelang Harapan), mengatakan, "Kami memiliki visi yang sama, yaitu membangkitkan harapan dan semangat berbagi di antara masyarakat, bersatu untuk meningkatkan kualitas hidup melalui empati dan kasih sayang. Ini menjadi dasar kerjasama berkesinambungan antara HOPE dan USG Education."

Amanda Gratiana menambahkan “Adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi kami bertiga untuk bisa bertemu dengan para siswa USG Education. Semangat mereka kembali mengingatkan kami pada awal gerakan Gelang Harapan kami dirikan di tahun 2014. Regenerasi seperti ini adalah hal yang menjadi misi utama dari program Future Warrior of HOPE dari Gelang Harapan”,

Wulan Guritno, yang juga merupakan pendiri Gelang Harapan, menambahkan, "Melalui program kerjasama dengan generasi muda seperti siswa-siswi UIC College, kami berharap gerakan yang telah kami jalankan selama 9 tahun tetap berkelanjutan".

Selain itu, dua mahasiswa luar biasa dari UIC College, MilenJaya Sakti dan Valerie, turut membagikan pengalaman mereka dalam perjalanan transformasi yang telah membekali mereka dengan keterampilan yang diperlukan untuk berkembang di industri masing-masing melalui program dari UIC College.

MilenJaya Sakti, siswa Business dari UIC College, mengungkapkan, "Pengalaman melakukan presentasi langsung mengenai ide pemasaran digital kepada klien sangat mempersiapkan kami untuk memasuki industri di masa depan. Kami belajar bagaimana menjelaskan ide-ide kreatif kami secara jelas dan meyakinkan, serta beradaptasi dengan kebutuhan klien. Hal ini memberi kami kepercayaan diri dan wawasan yang tak ternilai harganya dalam berkarir di dunia bisnis".

Valerie, siswa Computing Program dari UIC College, menambahkan, "Pengalaman membuat aplikasi komputer untuk perusahaan yang menjadi klien kami telah mempertajam kemampuan saya dalam memasuki dunia industri IT. Saya belajar tentang kerja tim, menghadapi tantangan teknis, dan mengembangkan solusi yang inovatif. Ini memberi saya pemahaman yang mendalam tentang pengembangan perangkat lunak dan menyiapkan saya untuk menghadapi tantangan yang ada di dunia industri IT yang terus berkembang."

Begitupun, Siswa dari UIC College of Design Sherlyn, Aiko Tanzil dan Michiko yang mengungkapkan hal yang sama “Kami sangat bangga bisa mempresentasikan karya seni kami di bidang Digital, Graphic dan Fashion desain dan di evaluasi langsung oleh ahli di industri”.

Harapan kami karya ini dapat turut memajukan dan di terima di industri kreatif Indonesia maupun global. Hal ini disambung oleh Jevon Lie, lulusan UIC Music yang berkesempatan membuka acara UIC Creative Showcase 2023 dengan tabuhan drumnya yang mempesona para tamu undangan dan pengunjung Neo Soho Mal. “Pengalaman ini sangat berharga dan tidak terlupakan” tambah Jevon.

"UIC College, yang merupakan bagian dari program USG Education tidak pernah melewatkan kesempatan untuk mempersiapkan pemimpin muda Indonesia agar dapat terus berbagi dan siap menghadapi kompetisi global yang semakin ketat. Kami berusaha sebaik mungkin dalam menerapkan strategi yang adaptif dengan kebutuhan dunia saat ini bagi anak-anak Indonesia di era digital ini. USG Education terus melakukan inovasi dan berorientasi pada metode pembelajaran yang lebih modern, memperluas jaringan global, dan meningkatkan kualitas tenaga pendidik dalam budaya digital agar selalu bersinergi dengan perkembangan dunia tanpa melupakan warisan budaya Indonesia," tambah Reza Suriansha, Direktur USG Education.

Dengan semangat Socio Creative Entrepreneurship, USG Education mengajak generasi muda untuk bergabung dalam perjalanan mereka menuju prestasi yang lebih besar dan turut serta dalam menciptakan perubahan positif bagi masyarakat. Dengan mengombinasikan pendidikan berkualitas global dan nilai-nilai kepedulian sosial, USG Education berharap membawa perubahaan bagi masa depan yang lebih baik.

Mengenai USG Education (USGE)

Sejak didirikan pada tahun 1994, USG Education terus memberikan siswa akses ke Universitas terkemuka di seluruh dunia. Saat ini USG Education memiliki 4 (empat unit bisnis) yang memiliki fokus terintegrasi dalam penyediaan program Pendidikan Internasional, yaitu:

1. Uniprep Junior College (UJC)

UJC menawarkan program kualifikasi sekolah menengah atas Indonesia yang setara dengan kurikulum internasional, BTEC Level 2 Diploma atau International GCSE dan International A Levels, dirancang untuk siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri.

UJC menjalankan program International General Certificate of Secondary Education (International GCSE) dari Pearson Edexcel (Inggris) dan BTEC Level 2 Program. Setelahnya, para siswa dapat meneruskan studinya ke UIC College atau Uniprep sebelum melanjutkan ke jenjang sarjananya di Universitas luar negeri.

Proses pembelajaran UJC lebih dari sekedar menghafal teori, siswa didorong untuk mandiri dan aktif melalui metode pembelajaran praktis dan kehidupan nyata.

2. UNIPREP

Program Foundation Year yang berasal dari UNSW (the University of New South Wales), yang di mana siswa belajar 8 bulan untuk kemudian melanjutkan pendidikannya ke jenjang sarjana di UNSW.

Kualifikasi UNSW Foundation Studies juga sudah diakui di dunia internasional sebagai persyaratan untuk program sarjana, antara lain di Kanada, Selandia Baru, Inggris Raya, Amerika Serikat, Malaysia dan Singapura. Program ini telah memberikan keberhasilan yang cukup besar sejak tahun 1994. Para guru yang berpengalaman dan berdedikasi telah membantu siswa Uniprep mencapai keberhasilan sepanjang tahun.

3. USG International College (UIC College)

Diluncurkan pada tahun 2006, UIC College berikan program pendidikan yang menggunakan kurikulum Pearson BTEC HND & HNC - Inggris, program UIC-UTS College – Australia, American Degree Transfer Program (ADTP) serta SIM GE, hadirkan University Pathway dan Fast Track Program. Melalui program University Pathway dan Fast Track Program di UIC College siswa dapat menghemat biaya pendidikan kuliah di luar negeri sampai dengan 70%.

Siswa menjalani masa studi di UIC College selama kurang lebih satu sampai dengan dua tahun di Indonesia kemudian melanjutkan ke jenjang sarjana Universitas di Inggris atau di negara-negara terkemuka lainnya.

Program studi UIC College memakai konsep real world learning & industry-based curriculum, dimana para siswa diajak untuk langsung mengenal industri di bidangnya masing - masing, baik belajar dari para praktisi maupun mengerjakan tugas yang berkaitan dengan kebutuhan di industri.

4. Unistart

Unistart adalah Placement Services bagi para siswa Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri serta mendapatkan informasi mengenai sekolah-sekolah di luar negeri (Australia, UK dan ataupun USA), Dimana pelayanannya termasuk untuk pengurusan visa, persiapan pre-departure dan lain-lain. Sejak 1994, Unistart telah membantu lebih dari 1.300 siswa dalam mewujudkan mimpinya dengan belajar di universitas terkemuka di seluruh dunia.

Hingga saat ini USG Education telah berhasil meluluskan lebih 3.500 siswa/i yang kini tersebar baik di dalam negeri maupun luar negeri dan berperan aktif di berbagi sektor industry mulai dari sektor pendidikan, keuangan, energi, digital, dunia kreatif, bisnis dan masih banyak sektor lainnya. USG Education telah berkomitmen untuk dapat mewujudkan mimpi siswa/i yang ingin lanjut menuju Overseas Higher Education. Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) hanya dapat dilakukan melalui pendidikan yang bermutu dan bertekad untuk melahirkan lebih banyak lagi generasi emas Indonesia yang siap akan tantangan dunia dan mengemas mereka menjadi pemimpin yang tangguh, kompetitif dan dapat mengharumkan nama Bangsa.

USG Education diharapkan menjadi solusi dan mitra bagi orangtua dan khususnya para siswa/i dalam memilih universitas terbaik di luar negeri. Dengan jalinan kerjasama yang erat dengan berbagai partner Universitas global, hal ini menjadi satu penunjang yang kuat bagi siswa/i maupun orangtua dalam pemilihan mutu dan kualitas akan Lembaga Pendidikan.

Baca Juga: 20 Kampus Terbaik Indonesia Versi THE Impact Rankings 2023, UI 20 Besar Dunia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2023 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved