August
22
2024
     19:55

United Tractors&BPBD DKI Jakarta Gelar Festival Pendidikan Kesiapsiagaan Bencana2024

United Tractors&BPBD DKI Jakarta Gelar Festival Pendidikan Kesiapsiagaan Bencana2024
ILUSTRASI. Pemenang lomba Festival Pendidikan Kesiapsiagaan Bencana (FESDIKGANA) 2024 yang digelar oleh United Tractors dan BPBD DKI Jakarta.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT United Tractors Tbk (UT) melalui program corporate social responsibility (CSR) di bidang tanggap bencana (UTACTION) bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta dalam menyelenggarakan Festival Pendidikan Kesiapsiagaan Bencana (FESDIKGANA) 2024. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menghadapi bencana Hidrometeorologi.

Dalam pelaksanaannya, acara ini dimulai pada tanggal 13 Mei - 15 Agustus 2024, yang diikuti oleh 242 peserta webinar dan 297 peserta lomba dari 12 sekolah. Puncak pelaksanaan festival ini dilakukan secara langsung di Teater Wahyu Sihombing, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

“Kami berharap melalui kolaborasi  ini, UT dapat mengenalkan berbagai program manajemen bencana yang dapat diterapkan masyarakat saat situasi bencana terjadi. Selain itu, partisipasi ini juga merupakan salah satu upaya UT dalam mewujudkan komitmennya untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat,” ujar Head of Corporate Governance and Sustainability Division,  Sara K. Loebis.

Festival ini mengusung tema "Tata Kelola Pendidikan Kesiapsiagaan Bencana Hidrometeorologi: Membangun Keberlanjutan dan Ketahanan Satuan Pendidikan di Era Risiko Tinggi”. Terdapat beberapa rangkaian acara pada festival ini seperti webinar, lomba video edukasi, lomba karya ilmiah, lomba cerdas cermat, lomba denah evakuasi, final cerdas cermat dan ditutup dengan awarding.

Pada kesempatan ini, UT meluncurkan sebuah board game edukasi siaga bencana ramah disabilitas berjudul "Kesiapsiagaan Bencana Inklusif", yang merupakan hasil kolaborasi dengan Predikt Tangguh Indonesia. Board game ini dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang kesiapsiagaan bencana melalui pendekatan yang interaktif dan inklusif.

Selain itu, UT juga menyerahkan buku "SOBAT Bercerita dan Berdampingan dengan Bencana" kepada Perpustakaan HB. Jassin, sebagai bentuk kontribusi dalam memperkaya literatur bencana di Indonesia. Hal ini sebagai upaya UT dalam mengimplementasikan aspek environmental, social, dan governance (ESG), serta aspek diversity, equity, inclusion (DEI).

Turut hadir di acara ini Division Head Corporate Governance Sustainability UT, Sara K. Loebis; Deputi Bidang Pencegahan BNPB, Dra. Prasinta Dewi, M.AP; Direktur Kesiapsiagaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Drs. Pangarso Suryotomo; Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Dr. Drs. Isnawa Adji, M.AP; serta Direktur Bisnis dan Operasional PT Jakarta Propertindo (Perseroda), Ady Andyana.

Harapannya melalui kolaborasi ini, UT dapat meningkatkan komitmennya dalam memberikan kontribusi positif secara berkelanjutan di masyarakat. Selain itu, penyelenggaraan acara ini juga dapat menjadi platform edukasi dan kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam upaya mewujudkan Jakarta menjadi kota yang lebih aman dan tangguh menghadapi bencana.

Sekilas Tentang United Tractors
PT United Tractors Tbk (UT) yang dikenal sebagai distributor alat berat terbesar di Indonesia telah berdiri sejak tahun 1972. Saat ini UT telah berkembang dan memiliki lima pilar bisnis, yaitu Mesin Konstruksi, Kontraktor Penambangan, Pertambangan, Industri Konstruksi dan Energi. Sebagai kontribusi UT terhadap pencapaian Sasaran Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), UT secara konsisten melaksanakan kegiatan-kegiatan yang menjunjung tinggi keberlanjutan.

ESG United Tractors
Sebagai perusahaan alat berat, pertambangan, dan energi kelas dunia, serta pengalaman selama lebih dari 50 tahun di Indonesia, UT berkomitmen untuk menghadirkan masa depan yang berkelanjutan. Hal ini dilakukan melalui penerapan prinsip ESG yang efektif dengan memperhatikan lingkungan, berdampak baik bagi sosial masyarakat, serta menjunjung tata kelola perusahaan yang baik pada seluruh level operasi bisnisnya. Di sisi lainnya, UT juga melakukan optimalisasi kompetensi, keahlian, dan aset strategis yang dimiliki untuk menghadirkan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Komatsu Group&United Tractors Jalin Kerja Sama dengan Kemensos lewat Hibah Alat Berat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved