September
10
2024
     17:04

Twilio Perluas Akses ke Rich Communication Services, Dukung Strategi Komunikasi Brand

Twilio Perluas Akses ke Rich Communication Services, Dukung Strategi Komunikasi Brand
ILUSTRASI. Twilio (NYSE: TWLO), platform interaksi dengan pelanggan yang menghasilkan pengalaman real-time dan terpersonalisasi untuk brand-brand terkemuka, hari ini mengumumkan ketersediaan fitur Rich Communication Services (RCS) secara global melalui layanan Programmable Messaging dan Verify API.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID -  Twilio  (NYSE: TWLO), platform interaksi dengan pelanggan yang menghasilkan pengalaman real-time dan terpersonalisasi untuk brand-brand terkemuka, hari ini mengumumkan ketersediaan fitur Rich Communication Services (RCS) secara global melalui layanan Programmable Messaging dan Verify API.

Lebih dari sekadar fitur biasa yang ada di layanan pesan konvensional, RCS hadir dengan fungsi yang lebih sempurna di antaranya adalah dengan menyertakan identitas brand pengirim pesan pada aplikasi pesan bawaan (default). Penyempurnaan tersebut adalah untuk memastikan pelanggan dapat dengan segera mengenali dan mempercayai sumber dari pesan yang mereka terima.

Dengan fitur baru ini, pelaku usaha dapat mengirim pesan bermerk - atau yang dikenal dengan istilah branded message - yang terverifikasi, guna membangun kepercayaan dan kesetiaan pelanggan secara efektif, tanpa perlu mengubah kode program.[1]   

Fitur RCS Twilio mencakup:

Layanan Pengiriman Branded Message: RCS dari Twilio menawarkan pembaruan otomatis untuk pesan SMS ke RCS pada perangkat yang mendukung tanpa biaya tambahan untuk pesan biasa hingga 160 karakter. Setiap pesan akan dilengkapi dengan logo dan nama perusahaan atau brand, tagline, verifikasi pengirim tepercaya dari Google, dan tanda terima baca (read receipt).

Dengan demikian, pelanggan yakin dengan siapa mereka berkomunikasi, kepercayaan dan interaksi mereka dengan brand makin kuat, dan akhirnya mendorong mereka untuk mencoba atau membeli kembali.

Konten yang Kaya dengan Fitur Interaktif: Pesan RCS memungkinkan bisnis menciptakan pengalaman menarik dan interaktif melalui tombol call-to-action, carousel interaktif, fitur berbagi lokasi, dan opsi balasan cepat.[2] Fitur-fitur tersebut memungkinkan penerima pesan untuk melakukan ‘actions’ atau merespon langsung dari pesan tersebut, sehingga mendorong peningkatan interaksi dan tingkat konversi, sekaligus menegaskan keaslian brand.

Tak Perlu Kode Baru: Salah satu keunggulan utama RCS dari Twilio adalah mudah diterapkan. Untuk dapat memulai komunikasi dengan pelanggan yang aman dan tepercaya, bisnis dapat melakukan konfigurasi RCS untuk merek dan verifikasi pengirim langsung dari Twilio Console tanpa perlu kode baru.

Twilio juga menangani registrasi dan pendaftaran dengan operator seluler, melakukan pemeriksaan kapabilitas, dan menyediakan berbagai alat untuk memastikan pesan tetap tersampaikan lewat SMS ketika RCS tidak tersedia.

Di dunia yang terus berubah ini, penting bagi perusahaan dan brand untuk membangun dan menjaga kepercayaan pelanggan, khususnya karena setiap hari pelanggan dibanjiri ratusan pesan dan notifikasi.

Dalam survei preferensi konsumen[3] yang dilakukan Twilio di tahun 2024, terungkap bahwa 75% konsumen yang menerima branded message mengaku keberadaan identitas brand dalam pesan meningkatkan kepercayaan mereka, sementara hampir separuh (49%) mengatakan akan lebih percaya dengan suatu brand jika dalam pesan yang dikirimkan terdapat logo atau tanda centang (verifikasi). Kepercayaan ini berujung pada tindakan, di mana 4 dari 10 konsumen terdorong untuk membeli kembali, dan 1 dari 4 melakukan pembelian perdana ketika brand menggunakan saluran komunikasi yang tepercaya.

RCS merupakan bagian penting dari solusi yang ditawarkan Twilio untuk menciptakan komunikasi yang aman dan tepercaya antara brand dengan konsumen di berbagai saluran, termasuk melalui identifikasi panggilan masuk dengan brand (branded caller ID) dan dukungan untuk Brand Indicators for Message Identification (BIMI) pada email. Rangkaian API Twilio mendukung bisnis untuk menciptakan komunikasi interaktif dan tepercaya yang akan membuat bisnis tampil beda dalam pasar yang kompetitif serta mendorong tercapainya imbal hasil investasi.

“Twilio percaya bahwa proses membangun interaksi dengan pelanggan harus terjadi tanpa hambatan dan dengan jaminan keamanan,” ujar Inbal Shani, Chief Product Officer di Twilio Communications.

“RCS mewujudkannya dengan menghadirkan interaksi yang lebih kaya, jaminan pesan tersampaikan, dan yang paling penting, membangun kepercayaan terhadap brand Anda, semua tanpa perlu mengubah satu baris pun dari kode pemrograman.”

Bagi bisnis yang membutuhkan saluran komunikasi yang lebih dinamis dan interaktif, RCS menawarkan alternatif yang lebih aman, lebih tepercaya, dan lebih baik dari SMS. Meski dalam berbagai kasus SMS tetap jadi alat yang penting, RCS menawarkan platform standar dan kaya fitur yang dapat mengatasi kesenjangan antara komunikasi pesan tradisional dengan pengalaman interaktif yang ditawarkan saluran over-the-top (OTT) seperti WhatsApp. Penggunaan pesan dengan identitas brand memastikan bahwa bisnis dapat menghadirkan pengalaman menarik tanpa hambatan yang sesuai bagi pelanggan dan memperkuat kepercayaan mereka terhadap brand.

“Menurut studi terbaru yang dilakukan oleh Futurum Research, bisnis yang memanfaatkan RCS melaporkan peningkatan interaksi pelanggan dan tingkat konversi hingga 32% dibandingkan dengan ketika mereka menggunakan SMS biasa. Terobosan terbaru Twilio ini membantu bisnis untuk lebih fokus pada solusi RCS guna mendorong penciptaan nilai lebih bagi pelanggan mereka,” papar Paul Nashawaty, Practice Lead, Application Development and Modernization di Futurum.

“Dengan kemampuan RCS untuk menghasilkan konten yang lebih kaya dan lebih interaktif, seperti gambar, video, dan berbagai tombol, bisnis dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dan mendorong peningkatan imbal hasil investasi.”

Ketersediaan

Fitur perpesanan RCS dari Twilio tersedia bagi semua pengguna layanan Programmable Messaging secara global dalam versi beta untuk umum dan untuk sebagian besar pengguna Verify.

Jika sebelumnya penggunaan RCS terbatas hanya pada perangkat Android, kini sesuai dengan pengumuman terbaru Apple mengenai dukungan iPhone untuk RCS mulai September 2024, akan lebih banyak bisnis yang mengadopsi teknologi terbaru ini.

Forward-Looking Statements

Siaran pers ini memuat pernyataan berwawasan ke depan dalam lingkup undang-undang sekuritas federal, yang melibatkan risiko dan ketidakpastian yang substansial. Pernyataan berwawasan ke depan yang terkandung dalam siaran pers ini termasuk, namun tidak terbatas pada, pernyataan tentang ketersediaan fitur dan fungsionalitas di masa depan dalam produk Twilio tertentu, termasuk fitur RCS di Programmable Messaging dan Verify, dan potensi manfaat bagi pelanggan.

Anda tidak boleh mengandalkan pernyataan berwawasan ke depan sebagai prediksi kejadian di masa depan, yang hasilnya dapat dipengaruhi oleh risiko, ketidakpastian, dan faktor lain yang diketahui maupun tidak diketahui, serta faktor lain yang dapat menyebabkan hasil, kinerja, atau pencapaian kami yang sebenarnya berbeda secara material dari yang dijelaskan dalam pernyataan berwawasan ke depan, termasuk yang dijelaskan secara lebih lengkap dalam pengajuan terbaru kami kepada Komisi Sekuritas dan Bursa Efek.

Pernyataan-pernyataan berwawasan ke depan hanya mewakili keyakinan dan asumsi kami pada tanggal pernyataan tersebut dibuat dan kami tidak berkewajiban untuk memperbarui pernyataan berwawasan ke depan, kecuali jika diwajibkan oleh hukum.

Tentang Twilio

Customer Engagement Platform (CEP) dari Twilio adalah platform yang dipercaya oleh banyak perusahaan terkemuka saat ini untuk membangun hubungan secara langsung dan terpersonalisasi dengan pelanggan mereka di mana pun di seluruh dunia. Twilio membantu perusahaan mengolah komunikasi dan data menjadi informasi intelijen dan keamanan yang berguna dalam setiap langkah perjalanan pelanggan mereka, mulai dari penjualan ke pemasaran hingga ke pertumbuhan, layanan pelanggan serta berbagai bentuk penggunaan keterlibatan lainnya, secara fleksibel dan terprogram. Di 180 negara di seluruh dunia, jutaan pengembang dan ratusan ribu organisasi bisnis menggunakan Twilio untuk menciptakan pengalaman menakjubkan bagi pelanggan mereka.

Baca Juga: Studi Terbaru Twilio Ungkap Peran AI Dalam Mendorong Pertumbuhan Bisnis di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved