TRIS Optimis Penjualan 2022 Tumbuh di Atas 30%
Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - PT Trisula International Tbk (“TRIS”), emiten integrated apparel provider yang bergerak di bidang tekstil dan garmen, optimis penjualan tahun 2022 tumbuh di atas 30%. Adapun untuk perolehan laba bersih 2022, Perseroan memperkirakan akan dapat tumbuh di atas 25%. Optimisme tersebut didukung oleh kinerja Perseroan yang terus bertumbuh positif hingga menjelang penghujung tahun ini.
“Melihat perkembangan penjualan hingga akhir tahun 2022 ini, kami optimis raihan penjualan dan laba bersih tahun ini akan tumbuh positif, dengan tingkat pertumbuhan yang tidak akan berbeda jauh dari apa yang sudah kita raih hingga akhir September,” kata Direktur Utama TRIS, Widjaya Djohan.
Pada kuartal III 2022, Perseroan mencatatkan laba bersih periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 27,91 miliar, meningkat secara signifikan dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 4,04 miliar. Sementara itu, penjualan Perseroan tercatat naik 35% YoY menjadi Rp 1,04 triliun dari Rp 770,85 miliar.
Kinerja positif Perseroan tersebut didukung permintaan pasar ekspor yang terus meningkat sejak awal tahun seiring kembali normalnya logistik dan rantai pasok pasca pandemi. Hingga kuartal III-2022, TRIS meraih pendapatan ekspor sebesar Rp 711,92 miliar atau naik sebesar 45% YoY. Kontribusi penjualan ekspor tersebut mencapai 68% terhadap total pendapatan Perseroan. Adapun penjualan di pasar domestik mencapai Rp 332,49 miliar atau naik 19% YoY.
Adanya pelanggan-pelanggan loyal di pasar ekspor telah membuat TRIS memiliki posisi yang kokoh di kalangan eksportir tekstil dan garmen. Para pelanggan TRIS di pasar internasional yang berasal dari Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Singapura, dan Jepang adalah sejumlah korporasi besar di berbagai bidang, seperti penerbangan, kesehatan, dan perhotelan yang mempercayakan pengadaan seragamnya kepada Perseroan. Selain itu, TRIS juga memasok berbagai produk garmen untuk sejumlah merek internasional.
Selain pasar ekspor, perseroan juga terus meningkatkan penjualan domestik melalui pemasaran offline dan online. Untuk penjualan online, dilakukan melalui berbagai market place termasuk Yukshopping.com, e-commerce yang memasarkan produk-produk Trisula Group seperti pakaian, kain, dan furnitur.
Tentang PT Trisula International Tbk
PT Trisula International Tbk (“Perseroan”) didirikan pada tahun 2004 sebagai perusahaan yang khusus bergerak di sector industry garmen dan perdagangan ritel. Perseroan mencatatkan saham perdana (IPO) di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham TRIS pada 28 Juni 2012. Di tahun yang sama, Perseroan mengakuisisi PT Trisco Tailored Apparel Manufacturing.
Pada tahun 2014, Perseroan mengakuisisi MIDO Uniforms Pte Ltd., perusahaan yang bergerak dalam bidang pengadaan seragam dan berdomisili di Singapura. Pada tahun 2017, Perseroan mendirikan Trisco Tailored and Woven International Ltd. Yang berdomisili di Amerika Serikat. Kemudian, pada Desember 2019 Perseroan melaksanakan rights issue dan akuisisi PT Trisula Textile Industries Tbk (“BELL”).
Baca Juga: Trisula International (TRIS) Optimistis Raih Kinerja Keuangan Positif Tahun Lalu
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News