February
07
2022
     16:12

Trafik Data Terus Meningkat, XL Axiata Perluas Infrastruktur di Sulawesi Tenggara

Trafik Data Terus Meningkat, XL Axiata Perluas Infrastruktur di Sulawesi Tenggara
ILUSTRASI. Seorang teknisi melakukan pemeliharaan perangkat Base Transceiver Station (BTS) milik XL Axiata di salah satu menara di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, Rabu (28/4/2021). ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/wsj.

Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  XL Axiata terus memperluas pembangunan infrastruktur jaringan telekomunikasi dan data di seluruh Indonesia. Khusus di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), setahun terakhir, XL Axiata gencar membangun jaringan 4G.

Yakni lebih dari 16 base transceiver station (BTS) 4G, hingga ke wilayah pelosok  pedesaan yang sebelumnya belum terjangkau. Dari total kecamatan di provinsi tersebut, 48 % atau 107 kecamatan, sekitar 1.200 desa telah terlayani jaringan 4G.

Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto mengatakan, trafik data di seluruh Sultra meningkat hingga 59% dalam satu tahun terakhir. “Kami harus terus membangun jaringan 4G. Baik untuk meningkatkan kualitas layanan, maupun perluasan ke area-area yang memang baru dan memiliki potensi besar. Seiring pembangunan jaringan, kami juga terus melakukan fiberisasi jaringan untuk meningkatkan kapasitas,” kata Dodik, dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Jumat (4/2).

Setahun terakhir di dalam bayang-bayang pandemi, trafik data XL Axiata di Sultra tetap mengalami peningkatan sekitar 12%. Kenaikan trafik tertinggi ada di Kendari, Kabupaten Konawe dan Kabupaten Muna.

Di seluruh Sultra, XL Axiata memiliki BTS 4G terbanyak di Kota Kendari, yaitu 98 BTS 4G. Kemudian Kabupaten Konawe, lebih dari 40 BTS 4G, dan Kabupaten Muna lebih dari 30 BTS 4G. Untuk area Kabupaten Konawe Selatan ada 27 BTS 4G, Kabupaten Bombana 23 BTS 4G, dan Kabupaten Kolaka dengan 21 BTS 4G.

XL Axiata juga memastikan kualitas jaringan data yang baik di beberapa area wisata dan bandara serta pelabuhan. XL Axiata telah menyiapkan jaringan 4G di Pantai Nirwana di kota Bau Bau, Pantai Kendari, dan Pantai Nambo di Kota Kendari. Sementara itu, di Bandara Internasional Haluleo, XL Axiata telah siap dengan 2 BTS 4G dan Pelabuhan Nusantara Kendari 4 BTS 4G.

Saat ini jaringan XL Axiata untuk area Sultra ditopang lebih dari 900 BTS. Termasuk lebih dari 430 BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan XL Axiata berinvestasi ke jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.

Sementara itu, dalam upaya mendukung program pemerintah dalam penyediaan layanan dan jaringan 4G di wilayah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal), khusus di wilayah Sultra, sejak tahun 2008 XL Axiata telah mengoperasikan jaringan melalui skema universal service obligation (USO) yang dikoordinasi oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI). 

Hingga saat ini, terdapat 21 BTS USO 4G di Sultra yang tersebar di tiga Kabupaten. Yakni di Kabupaten Konawe, Konawe Kepulauan, dan Konawe Selatan.  BTS USO yang terbanyak berada di Kabupaten Konawe dengan 12 BTS USO 4G.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2022 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved