May
31
2023
     13:38

Terapkan Embedded Finance, Tokopedia Bantu Akselerasi Literasi & Inklusi Keuangan

Terapkan Embedded Finance, Tokopedia Bantu Akselerasi Literasi & Inklusi Keuangan
ILUSTRASI. Tokopedia menerapkan inovasi embedded finance dalam menyediakan layanan keuangan di seluruh ekosistem guna meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Literasi dan inklusi keuangan di Indonesia cenderung rendah. Bank Dunia, pada tahun 2021, mengonfirmasi Indonesia memiliki populasi unbanked terbesar ke-empat di dunia. Di sisi lain, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2022, mencatat indeks inklusi keuangan Indonesia naik menjadi 85,10%, dibandingkan tahun 2019, sebesar 76,19%.

“Untuk menunjang literasi dan inklusi keuangan tanah air agar makin positif, Tokopedia melakukan berbagai upaya. Salah satunya dengan menerapkan inovasi embedded finance di ekosistem Tokopedia,” ungkap Senior Vice President of Fintech and Payment Tokopedia, Vira Widiyasari.

Embedded finance adalah integrasi layanan keuangan, seperti pembayaran, investasi dan asuransi, ke dalam satu aplikasi yang dikelola perusahaan nonfinansial–dalam hal ini Tokopedia–tanpa perlu beralih ke layanan keuangan konvensional sehingga layanan keuangan dapat diakses lebih cepat.

“Dalam menghadirkan inovasi embedded finance di ekosistem Tokopedia secara aman dan terpercaya, kami bekerja sama dengan berbagai mitra strategis, mulai dari perbankan, tekfin, perusahaan asuransi serta insurtech,” jelas Vira.

Embedded Finance Tokopedia Hadirkan >50 Metode Pembayaran Belanja Online
Tokopedia menghadirkan lebih dari 50 metode pembayaran–mulai dari transfer antar bank, kartu kredit, uang elektronik, pay later hingga minimarket–yang mempermudah masyarakat bertransaksi online. Misalnya, GoPayLater Cicil–yang bersinergi dengan GoTo Financial–untuk membantu pembeli mengubah transaksi belanja menjadi cicilan dengan pilihan satu, tiga, enam atau 12 bulan.

Dengan GoPayLater Cicil, masyarakat bisa lebih mudah mendapatkan produk kebutuhan yang sebelumnya sulit dijangkau. “Tokopedia mencatat pada kuartal I 2023, Ponsel dan Tablet, Fesyen Wanita, Komputer dan Laptop, Otomotif serta Elektronik menjadi sejumlah kategori produk yang paling diburu masyarakat menggunakan pay later,” tambah Vira.

Di sisi lain, data internal Tokopedia juga menunjukkan bahwa metode pembayaran cashless atau nontunai menjadi yang paling populer selama periode Ramadan 2022, baik melalui GoPayLater Cicil, maupun transfer antar bank, uang elektronik dan kartu kredit.

Selain pay later, ada pula metode pembayaran dengan kartu kredit Tokopedia Card, yang bekerja sama Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan didukung VISA. Melalui Tokopedia Card, pengguna bisa dengan mudah mengakses berbagai fitur, seperti untuk mengaktivasi kartu, mengecek detail transaksi dan riwayat tagihan, serta mengatur penggunaan kartu, hanya lewat aplikasi Tokopedia.

“Data internal Tokopedia mengungkapkan, pengguna yang menggunakan Tokopedia Card meningkat hampir 6 kali lipat selama Maret 2023 dibandingkan bulan pertama diluncurkan. Selain itu, kurang dari satu bulan sejak peluncuran, Tokopedia Card berhasil memberikan kontribusi sekitar 20% dari total penerbitan kartu kredit secara nasional,” jelas Vira.*

Pengajuan Tokopedia Card mudah, aman dan sepenuhnya online; hanya membutuhkan KTP. Hal ini dimungkinkan karena proses pengajuannya memanfaatkan Tokoscore. Tokoscore merupakan perusahaan afiliasi Tokopedia (tercatat dan diawasi OJK) penyedia Innovative Credit Scoring (ICS), yang menggunakan data transaksi serta perilaku pengguna di Tokopedia untuk menilai profil risiko calon peminjam (creditworthiness) dari segmen underserved, dengan mengedepankan keamanan dan privasi data pengguna, demi mewujudkan pemerataan akses finansial melalui teknologi.

Tokoscore menyediakan berbagai inovasi produk untuk membantu para mitra strategis–seperti bank atau fintech–menilai profil risiko calon peminjam. Misalnya, Income Predictions (memprediksi nilai pendapatan dari calon peminjam), Fraud Flags (memberikan informasi jika calon peminjam memiliki aktivitas mencurigakan di platform e-commerce Tokopedia) serta Address Validation dan Phone Validation (memberikan validasi data alamat dan nomor telepon dari calon peminjam untuk membantu proses verifikasi mitra strategis). (Selengkapnya mengenai Tokoscore dapat dibaca di sini.)

Selain GoPayLater Cicil dan Tokopedia Card, terdapat puluhan metode pembayaran lainnya, yang bisa dimanfaatkan pengguna Tokopedia untuk bertransaksi online seperti belanja kebutuhan sehari-hari, sesuai preferensi.

Embedded Finance Tokopedia Tingkatkan Investasi, Investor Emas Naik 2x Lipat
“Melalui inovasi embedded finance, Tokopedia juga menghadirkan produk investasi, yaitu Tokopedia Reksa Dana dan Tokopedia Emas, guna mendorong lebih banyak masyarakat untuk berinvestasi. Masyarakat bisa dengan mudah berinvestasi reksa dana atau emas lewat Tokopedia karena dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun hanya melalui genggaman tangan,” jelas Vira.

Vira menambahkan, “Berinvestasi reksa dana atau emas lewat Tokopedia juga sangat terjangkau; bisa membeli reksa dana mulai dari Rp10.000, atau emas mulai dari Rp5.000. Selain itu, aman dan terpercaya, karena Tokopedia Reksa Dana bekerja sama dengan Bareksa yang telah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK. Di sisi lain, seluruh transaksi Tokopedia Emas–yang bekerja sama dengan Pluang–telah berlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI, dan seluruh transaksi Tabungan Emas Pegadaian lewat Tokopedia sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.”

Berbagai nilai tambah dari produk-produk investasi di Tokopedia, mendorong terciptanya tren positif dalam berinvestasi. Nilai transaksi beli reksa dana pada Tokopedia Reksa Dana meningkat 1,5 kali lipat pada kuartal IV 2022 dibandingkan kuartal IV 2021. Sedangkan pada Tokopedia Emas, nilai transaksi jual-beli emas meningkat 1,5 kali lipat dan jumlah pengguna yang berinvestasi emas meningkat lebih dari dua kali lipat pada tahun 2022 dibandingkan tahun 2021.

Jumlah Transaksi dengan Asuransi di Tokopedia Meningkat Tajam 2,5x Lipat
Kehadiran produk asuransi–berkat kolaborasi Tokopedia bersama berbagai mitra strategis–juga menjadi salah satu bagian dari solusi embedded finance untuk memberikan perlindungan tambahan pada produk atau layanan yang dibeli masyarakat melalui Tokopedia.

“Tokopedia menyediakan berbagai produk asuransi digital, yaitu Proteksi Produk (termasuk rusak total), Proteksi Tagihan, Asuransi Perjalanan, Asuransi Pengiriman dan masih banyak lagi. Proses klaim dibuat sangat sederhana dan bisa langsung dilakukan lewat Tokopedia, serta aman karena bekerja sama dengan mitra strategis terpercaya yang telah berizin dan diawasi OJK,” kata Vira.

Tokopedia juga mencatat tren positif pada produk asuransi di Tokopedia. Tercatat jumlah transaksi yang menggunakan produk asuransi meningkat 2,5 kali lipat pada kuartal I 2023 dibandingkan kuartal I 2022. Selain itu, transaksi yang menggunakan Proteksi Rusak Total meningkat 4 kali lipat di kuartal I 2023 dibandingkan kuartal I 2022.

Upaya Edukasi dari Tokopedia untuk Dorong Inklusi dan Literasi Keuangan Tanah Air
“Selain kolaborasi dan inovasi, kunci meningkatkan inklusi dan literasi keuangan di Indonesia adalah edukasi. Hal ini mendorong Tokopedia bersama mitra strategis terus menghadirkan berbagai inisiatif. Salah satunya, meluncurkan Modul Literasi Keuangan bersama BI dan OJK. Modul yang berisi materi tentang keuangan ini bisa diakses oleh siapa pun dan di mana pun secara gratis,” kata Vira.

Perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia, juga menggelar kampanye edukasi investasi ‘Tokopedia Investory’ yang menghadirkan berbagai informasi tentang investasi digital. “Ke depannya, Tokopedia akan terus berkolaborasi dengan para mitra strategis untuk menciptakan solusi yang lebih inklusif, bertanggung jawab serta relevan dengan kebutuhan masyarakat, demi meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia,” tutup Vira.

Tentang Tokopedia
Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah Super Ecosystem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun. Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia. Tokopedia adalah bagian dari grup GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia yang mencakup Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial.

Baca Juga: Tokopedia Hadirkan Fitur Augmented Reality (AR), Masyarakat Bisa Coba Makeup Virtual

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini

Kenali Lebih Dalam Resistansi AMR

22 NOVEMBER 2024 / 14:03 WIB

2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved