Telkomsel Perkuat Akses Broadband di Titik Transit Transportasi & Jalur Mudik Lebaran
Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - Telkomsel melanjutkan komitmen pengamanan akses telekomunikasi untuk kenyamanan aktivitas digital masyarakat di momen Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 1443 H dengan memastikan penguatan jaringan broadband di seluruh titik transit transportasi dan sepanjang jalur mudik Idul Fitri/Lebaran 2022.
Sejumlah upaya yang telah dilakukan antara lain dengan melakukan penambahan infrastruktur BTS 4G/LTE, pengoperasian Compact Mobile BTS (COMBAT), penambahan kapasitas jaringan, serta monitoring berkala untuk pengamanan kualitas akses jaringan hingga momen arus balik nantinya. Komitmen kesiapan tersebut disampaikan Telkomsel dalam acara Press Conference Pamantauan Mudik Lebaran 2022 yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, di Jakarta (29/4).
Dalam momen tersebut, Direktur Network Telkomsel Nugroho turut hadir mendampingi Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate. “Telkomsel menyambut baik kolaborasi yang telah dibangun bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika RI selama ini dalam menyambut momen Ramadan dan Idul Fitri setiap tahunnya. Telkomsel telah memastikan kesiapan akses jaringan telekomunikasi terutama broadband yang merata dan berkualitas guna menunjang aktivitas digital masyarakat di titik transportasi dan jalur mudik momen Lebaran 2022. Kami berharap, ketersediaan akses broadband Telkomsel yang optimal dan andal dapat terus membuka lebih banyak peluang kebaikan dan menguatkan semangat #SambungkanSenyuman bagi masyarakat di momen Hari Raya Idul Fitri 1443 H,” ujar Nugroho.
Memasuki momen Ramadan 2022 lalu, Telkomsel sendiri telah melakukan rangkaian uji jaringan, termasuk di jalur mudik dengan jarak tempuh sepanjang 15.371 km, yang difokuskan untuk memastikan kualitas dan ketersediaan jaringan broadband yang menjangkau 64 ruas jalan tol utama di seluruh Indonesia, terutama jalur mudik di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera yang diprediksi menjadi jalur paling padat di momen mudik Lebaran 2022.
Untuk jalur mudik di Pulau Jawa hingga Bali dan Nusa Tenggara, Telkomsel telah menambah sebanyak 516 unit BTS 4G/LTE baru dan mengoperasikan 40 unit COMBAT, serta melakukan upgrade di 266 unit BTS 4G/LTE. Sedangkan untuk pengamanan jaringan sepanjang jalur mudik di Pulau Sumatera, Telkomsel menambah 115 unit BTS 4G/LTE baru, dengan pengoperasian 16 unit COMBAT, dan upgrade sebanyak 271 BTS 4G/LTE.
Telkomsel juga menggelar sebanyak 139 Posko Telkomsel Siaga yang tersebar di seluruh Indonesia untuk melayani berbagai kebutuhan pelanggan untuk produk dan layanan Telkomsel secara langsung, terutama di sepanjang jalur dan titik transit mudik, seperti di bandar udara, pelabuhan, terminal, stasiun kereta, dan sejumlah rest area jalur tol utama.
Selama momen RAFI 2022 ini, Telkomsel telah memfokuskan pengamanan jaringan di 500 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia, yang mencakup 104 area residensial, 4 rumah sakit utama rujukan COVID-19, 56 area transit transportasi utama (bandara, stasiun, terminal dan pelabuhan), 299 area spesial (pusat pelayanan publik dan pusat perbelanjaan), 19 area jalur mudik, serta 18 masjid raya.
Upaya penguatan kualitas jaringan juga telah dilakukan Telkomsel melalui peningkatan kapasitas di 872 unit BTS 4G/LTE dan melakukan penambahan sebanyak 688 unit BTS 4G/LTE baru, serta mengoperasikan tambahan 60 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) di seluruh wilayah POI RAFI 2022.
Telkomsel turut melakukan penambahan kapasitas jaringan sekira 932 Gbps untuk GGSN (Gateway GPRS Support Node), sehingga total kapasitas yang akan melayani trafik komunikasi selama momen RAFI 2022 menjadi 10.032 Gbps. Sedangkan untuk Internet IX ada penambahan kapasitas sebesar 290 Gbps, sehingga total kapasitas menjadi 6.390 Gbps. Guna memastikan kemudahan layanan suara berbasis teknologi 4G/LTE bagi pelanggan, layanan VoLTE Telkomsel kini telah tersedia di 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia, dan dapat digunakan di lebih dari 100 tipe smartphone.
Untuk ketersediaan akses produk dan layanan terdepan di seluruh saluran layanan pelanggan agar tetap terjaga, Telkomsel telah memastikan pengoperasian saluran layanan, baik secara online maupun offline. Seluruh saluran customer care Telkomsel mulai dari call center 188 serta layanan online melalui akun resmi media sosial, asisten virtual di berbagai platform instant messaging terkemuka, dan GraPARI Online, siap beroperasi 24 jam melayani kebutuhan pelanggan.
Sedangkan untuk layanan secara offline atau walk-in, Telkomsel juga telah menyiagakan 394 GraPARI dan lebih dari 420.000 mitra outlet di seluruh Indonesia, yang akan melayani kebutuhan produk dan layanan terdepan selama momen Ramadan dan Idul Fitri tahun ini.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News