Sukses Kembangkan GoTransit, Gojek Terpilih Jadi Aplikator Online Favorit Masyarakat
Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - Gojek, pelopor layanan on-demand di Indonesia dari PT GoTo Gojek Tokopedia, Tbk (BEI: GOTO), mendapatkan penghargaan dari Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) sebagai ‘Aplikator Online Favorit Masyarakat’ serta ‘Aplikator Online yang Mendukung Integrasi Angkutan Umum’. Penghargaan ini mengukuhkan posisi Gojek sebagai penyedia layanan ride-hailing pilihan utama masyarakat yang membantu ragam kebutuhan mobilitas sehari-hari, termasuk saat masyarakat melakukan perjalanan dengan angkutan umum.
Penghargaan diberikan pada gelaran DTKJ Awards 2024 pada Kamis (19/9), berdasarkan survei yang dilakukan terhadap masyarakat pengguna angkutan umum serta penilaian terhadap inovasi dan upaya Gojek dalam menciptakan integrasi dengan moda transportasi lainnya lewat keberadaan fitur GoTransit.
Steven Halim, Head of Transport & Logistic Business Gojek, mengatakan, “GoTransit merupakan solusi teknologi pertama di dunia yang menghubungkan perjalanan ride-hailing dan transportasi publik dalam satu platform. Inovasi ini merupakan komitmen kami dalam mendukung program Pemerintah menyediakan layanan transportasi publik yang mudah diakses dan nyaman.
Dua penghargaan dari Dewan Transportasi Kota Jakarta merupakan konfirmasi terhadap terciptanya manfaat langsung yang dirasakan masyarakat lewat keberadaan layanan kami. Penghargaan ini memperkuat semangat kami untuk terus berinovasi dan memperluas dampak positif dari layanan mobilitas Gojek ke lebih banyak masyarakat pengguna transportasi publik.”
Haris Muhammadun, Kepala Dewan Transportasi Kota Jakarta, mengatakan, “Kami mengapresiasi Gojek atas kontribusinya dalam mengubah wajah transportasi di Jakarta. Pencapaian sebagai ‘Aplikator Online Favorit Masyarakat’ adalah bukti nyata bahwa Gojek menjadi pilihan utama masyarakat dan kami berharap layanan ini dapat terus ditingkatkan.
Kami juga mengapresiasi keberhasilan Gojek sebagai ‘Aplikator Online yang Mendukung Integrasi Angkutan Umum’ lewat peran Gojek di first mile dan last mile, serta hadirnya GoTransit yang akan mendorong masyarakat untuk lebih memilih angkutan umum dan mengurangi ketergantungan pada kendaraan pribadi.”
Fitur GoTransit dirancang untuk mempermudah pengguna dalam melakukan perjalanan multi-moda dengan mengintegrasikan layanan Gojek dan angkutan umum yakni KRL Commuter Line dalam satu platform. Dengan GoTransit masyarakat bisa memesan layanan GoRide untuk menuju maupun melanjutkan perjalanan dari stasiun, serta membeli tiket Commuter Line cukup dalam satu transaksi.
Di wilayah Jabodetabek, kemudahan GoTransit turut didukung dengan keberadaan shelter driver Gojek yang terintegrasi dengan stasiun KRL Commuterline. Keberadaan fasilitas ini mempermudah pengguna untuk dapat langsung melanjutkan perjalanan dari stasiun menuju tujuan akhir dengan cepat.
Saat ini telah terdapat 18 shelter driver Gojek yang berlokasi hub transportasi publik dan stasiun-stasiun paling sibuk di wilayah Jabodetabek.[1] Terbaru, Gojek merevitalisasi shelter driver yang berlokasi di area Stasiun KRL Commuter Line Sudirman yang sekaligus dapat melayani masyarakat yang hendak melanjutkan perjalanan dari Stasiun KA Bandara BNI City serta Stasiun MRT Dukuh Atas.
Sebelumnya, penelitian Pusat Studi Transportasi dan Logistik Universitas Gadjah Mada (PUSTRAL UGM) pada 2023 mengungkapkan pengguna GoTransit dapat menghemat waktu tempuh perjalanan sebesar 15% serta menghemat biaya hingga 27% dibanding pola perjalanan sebelumnya. Sebagai andalan masyarakat, GoTransit pun turut sukses menjadi kanal digital paling banyak yang menjual tiket Commuter Line, membuat penggunaan tiket digital meningkat hingga 300%.
Selain kemudahan fitur, sebagai bentuk dukungan berkelanjutan Gojek dalam mendorong penggunaan transportasi publik, Gojek juga memiliki ragam penawaran bagi masyarakat yang menggunakan GoTransit. Pengguna dapat memanfaatkan kode promo GOSTASIUN untuk mendapatkan diskon perjalanan hingga 90%. Selain itu, pengguna baru berkesempatan mendapat tambahan berupa voucher diskon pembelian tiket KRL Commuterline yang bisa didapat pengguna saat memesan layanan multi-moda terintegrasi melalui fitur GoTransit.
Tentang Gojek
Gojek adalah unit bisnis on-demand service dari grup GoTo atau PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (BEI: GOTO) pelopor model ekosistem multi-layanan, termasuk transportasi, pengiriman makanan, logistik, dan lainnya. Gojek didirikan dengan prinsip memanfaatkan teknologi untuk mempermudah kehidupan sehari-hari dengan menghubungkan konsumen ke penyedia barang dan jasa terbaik di pasar.
Perusahaan ini didirikan tahun 2010 dengan fokus pada layanan kurir pengantaran barang dan transportasi roda dua, sebelum meluncurkan aplikasi pada 2015 di Indonesia. Sejak itu, Gojek berkembang menjadi platform on-demand terkemuka di Indonesia dengan penambahan wilayah operasi di Vietnam dan Singapura. Saat ini, Gojek memiliki lebih dari 2,7 juta mitra driver. Gojek merupakan bagian dari GoTo Group, ekosistem digital terbesar di Indonesia, yang terdiri dari Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial.
Gojek berkomitmen selalu menghadirkan solusi guna memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat sehari-hari, sekaligus membantu meningkatkan kualitas hidup jutaan pengguna aplikasi Gojek di Asia Tenggara, khususnya di sektor informal dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).
Baca Juga: Pemegang Saham GoTo Setujui Seluruh Agenda RUPSLB 2024
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News