August
03
2022
     10:15

SUCOFINDO Serahkan Sertifikat Halal untuk UMKM Binaan Bank Indonesia

SUCOFINDO Serahkan Sertifikat Halal untuk  UMKM Binaan Bank Indonesia

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT SUCOFINDO Cabang Balikpapan menyerahkan sertifikat halal kepada 15 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Binaan Bank Indonesia (BI), pada ajang Festival Gerbang Halal 2022. Sertifikat halal ini secara simbolis diserahkan oleh Abdul Malik selaku Koordinator Jasa Halal kepada 4 perwakilan UMKM, serta disaksikan oleh Pj. Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, Muhaimin dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, R. Bambang Setyo Pambudi.

Sebelumnya, sertifikat Halal ini telah melalui proses pemeriksaan kehalalan produk oleh Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) PT SUCOFINDO. Selanjutnya, Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) melakukan sidang fatwa halal, setelah ditetapkan halal, maka Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) akan menerbitkan Sertifikat Halal.
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, R. Bambang Setyo Pambudi mengatakan bahwa sertifikasi halal ini mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah melalui halal value chain. “Halal value chain memiliki peranan penting dalam mempercepat pemulihan ekonomi paska pandemi,” ujar Bambang Setyo.
Sektor unggulan halal value chain yang menjadi prioritas pengembangan menurut Bambang Setyo di antaranya adalah sektor industri makanan halal, sektor industri fashion Muslim, dan wakaf produktif sebagai alternatif sumber pembiayaan. Oleh karena itu, Bank Indonesia Balikpapan berkolaborasi dengan berbagai pihak, salah satunya PT SUCOFINDO, untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di Balikpapan.

Sementara itu, Pj. Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Muhaimin menyampaikan, bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan mengapresiasi dan menyambut baik penyelenggaraan kegiatan ini, khususnya dalam merealisasikan penguatan kerja sama pemberdayaan ekonomi syariah.

“Kegiatan ini juga memiliki nilai strategis membangun kemandirian dan mengoptimalkan potensi global, yaitu melalui penguatan halal value chain di kalangan UMKM dan pondok pesantren,” katanya.
Kepala PT SUCOFINDO Cabang Balikpapan Johanes Pakpahan memberikan dukungan penuh atas fasilitasi sertifikasi halal untuk pelaku UMKM guna peningkatan daya saing. “Kami akan terus berinovasi agar proses sertifikasi menjadi lebih mudah diakses oleh pelaku usaha di Balikpapan,” kata Johanes.

Saat ini, PT SUCOFINDO Cabang Balikpapan menurut Johanes memiliki auditor halal yang kompeten sesuai skema Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). “Selanjutnya, kami berharap dapat terus berkolaborasi dengan Pemkot, lembaga, atau instansi lainnya, dalam meningkatkan awareness sertifikasi halal, sehingga masyarakat semakin terdorong untuk melakukan sertifikasi halal. Hasil dari implementasi sertifikasi halal ini mampu meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk pelaku usaha,” ujar Johannes.

Sebagai salah satu Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) PT SUCOFINDO Cabang Balikpapan juga turut melakukan berbagai pemeriksaan terkait pemastian keamanan pangan. “Selain melakukan pemeriksaan Halal, kami mampu memastikan keamanan pangan melalui sertifikasi Good Manufacturing Practices (GMP), Hazard Analysis Critical Control Point (HACPP), serta SNI ISO 22000 mengenai Sistem Manajemen Keamanan Pangan, yang merupakan syarat ekspor,” ujar tambah Johanes.

Baca Juga: SUCOFINDO Fasilitasi 26 UMK untuk Sertifikasi Halal

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. PT SUCOFINDO saat ini tergabung menjadi bagian holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey. PT SUCOFINDO memiliki layanan jasa Testing, Inspeksi, Sertifikasi untuk berbagai sektor Industri.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, sertifikasi, assessment, konsultansi, pelatihan, dan berbagai kegiatan penunjang terkait, di antaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

SUCOFINDO memiliki 80 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan 65 laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.    

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved