May
26
2023
     17:05

Sucofindo dan PBNU Kolaborasi Tingkatkan Efektivitas Proses Sertifikasi Halal

Sucofindo dan PBNU Kolaborasi Tingkatkan Efektivitas Proses Sertifikasi Halal
ILUSTRASI. PT SUCOFINDO turut mendukung peningkatan kualitas dan efektivitas sertifikasi halal bersama Badan Halal Nadhalatul Ulama (BHNU) melalui Penandatanganan Kerja Sama.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT SUCOFINDO turut mendukung peningkatan kualitas dan efektivitas sertifikasi halal bersama Badan Halal Nadhalatul Ulama (BHNU) melalui Penandatanganan Kerja Sama yang ditandandatangani secara langsung oleh Direktur Komersial PT SUCOFINDO Darwin Abas dan Ketua Dewan Pelaksana Badan Halal Nahdatul Ulama, Abdul Hakam Aqsho serta disaksikan oleh Direktur Utama PT SUCOFINDO, Jobi Triananda dan Ketua Umum Pengurus Besar Nadhalatul Ulama (PBNU), Yahya Cholil Staquf.

Direktur Utama PT SUCOFINDO Jobi Triananda menyampaikan bahwa hal ini menjadi langkah signifikan menuju pengembangan dan pengakuan sertifikasi halal, yang akan berkontribusi pada pertumbuhan dan keberhasilan industri halal khususnya di Indonesia. “Perjanjian kerja sama ini menjadi sarana kolaborasi kapasitas dan kapabilitas antara PT SUCOFINDO dengan PBNU yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas dan efektivitas proses sertifikasi halal.”

Jobi Triananda melanjutkan bahwa, “SUCOFINDO memiliki laboratorium terlengkap untuk mendukung kebutuhan pelaku usaha, sehingga kedepannya laboratorium SUCOFINDO siap mendukung BHNU guna meningkatkan kredibilitas dan keandalan layanan sertifikasi halal. SUCOFINDO juga dapat mendukung kebutuhan pelaku usaha dalam pengujian sesuai peraturan/standar yang berlaku diantaranya terkait komoditas, kesehatan, keamanan, SNI, lingkungan dan kalibrasi.”

Selaras dengan hal tersebut Ketua Umum Pengurus Besar Nadhalatul Ulama (PBNU), Yahya Cholil Staquf menyampaikan bahwa sertifikasi halal merupakan salah satu bentuk kredibilitas NU dalam menjaga kepercayaan masyarakat kepada NU sebagai lembaga keagamaan. “Semoga dengan ini maka masyarakat khususnya dunia usaha lebih mudah mendapatkan akses untuk sertifikasi halal dan juga menjadi pengikat bagi NU dalam bersungguh-sungguh untuk menjaga konsistensi kehadirannya di tengah masyarakat termasuk di dalamnya terdapat tanggung jawab,” kata Yahya.

Selanjutnya, “Terima kasih kepada SUCOFINDO atas kerja sama ini, kami yakin dalam bekerja sama dengan SUCOFINDO yang sudah terjamin mutunya untuk melaksankan tugas-tugas dalam rangka sertifikasi halal ini,” tambah Yahya.

Direktur Utama SUCOFINDO menyampaikan bahwa, “Penandatanganan ini merupakan bentuk sinergi PBNU sebagai ormas keagamaan yang terus berkarya membangun bangsa sejak perjuangan kemerdekaan yang berkolaborasi dengan SUCOFINDO sebagai perusahaan dibidang inspeksi, pengujian dan sertifikasi dimana bersama berbagi pengalaman pengetahuan, dan keunggulan masing-masing, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas dan efektivitas sertifikasi halal dan sektor lainnya, khususnya dalam membangun Indonesia sebagai pusat industri halal dunia”, tutup Jobi Triananda.

Selain melakukan pemeriksaan Halal, kami mampu memastikan keamanan pangan melalui sertifikasi organik, Good Manufacturing Practices (GMP), Hazard Analysis Critical Control Point (HACPP), serta SNI ISO 22000 mengenai Sistem Manajemen Keamanan Pangan, yang merupakan syarat ekspor termasuk jika dibutuhkan pengujian laboratorium untuk parameter tertentu.

Tentang SUCOFINDO
PT SUCOFINDO adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. PT SUCOFINDO saat ini tergabung menjadi bagian holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey bersama PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) sebagai induk, serta PT Surveyor Indonesia.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, sertifikasi, assessment, konsultansi, pelatihan, dan berbagai kegiatan penunjang terkait, di antaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi. SUCOFINDO memiliki 66 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan 75 laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

Baca Juga: SUCOFINDO Dampingi BPJPH Serahkan Sertifikat Halal untuk JCO Indonesia

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved