January
31
2023
     20:38

Sucofindo Raih Apresiasi Level Emas dalam Indonesia Mining Services Award

Sucofindo Raih Apresiasi Level Emas dalam Indonesia Mining Services Award
ILUSTRASI. PT SUCOFINDO meraih penghargaan Indonesia Mining Services Award 2022 dalam kategori Kelompok Usaha Jasa Lainnya (Surveyor) untuk peringkat level Emas. Acara ini digelar Asosiasi Jasa Pertambangan Indonesia (Aspindo) bersama Majalah Tambang di Bali.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT SUCOFINDO berhasil meraih penghargaan Indonesia Mining Services Award 2022 dalam kategori Kelompok Usaha Jasa Lainnya (Surveyor) untuk peringkat level Emas. Perhelatan ini terselenggara oleh Asosiasi Jasa Pertambangan Indonesia (Aspindo) bersama Majalah Tambang di Bali.

Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, Sunindyo Suryo Herdadi mengucapkan selamat kepada para pemenang dan berharap perusahaan tersebut memberikan pengaruh baik terhadap perusahaan lain yang belum memenuhi kriteria.

“Kami ucapkan selamat kepada para pemenang. Ke depan kami harapkan konsisten untuk menjaga kinerja dari usaha jasa pertambangan batu bara nasional,” ujar Sunindyo.

Bambang Setiawan selaku tim dewan juri menyatakan bahwa perusahaan jasa pertambangan yang masuk nominasi sudah melewati proses penilaian ketat.

“Tim asesor bekerja begitu keras, ada satu fakta yang tidak bisa dipungkiri, bahwa usaha jasa pertambangan memiliki peran signifikan dalam rantai operasional pertambangan,” kata Bambang.

Selanjutnya, Direktur Komersial PT SUCOFINDO Darwin Abas  mengatakan bahwa dukungan PT SUCOFINDO dalam pertambangan Nasional adalah tetap konsisten mendukung pemerintah dalam  mendorong pelaku usaha untuk mengimplementasikan praktik industri pertambangan yang bertanggung jawab (responsible mining).

Darwin Abas menjelaskan bahwa layanan itu mencakup pertambangan mineral maupun batubara, dan diharapkan akan membantu menjaga kualitas dan kuantitas komoditas.

Dia menambahkan, terdapat juga layanan untuk melakukan verifikasi penjualan produk mineral dan batubara baik domestik maupun ekspor dan memastikan memenuhi regulasi pemerintah.

Selain itu, dalam penerimaan negara, untuk pertambangan mineral dan batubara Sucofindo juga memiliki jasa verifikasi kapasitas dan kapabilitas produksi, pengangkutan, penjualan, serta dukungan terhadap pengelolaan basis data pertambangan.

“Dalam membantu pelaku industri pertambangan untuk menjaga Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Sucofindo dilengkapi layanan audit dan sertifikasi Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan serta inspeksi kelayakan peralatan,” kata Darwin Abas.

Adapun SUCOFINDO dalam layanan jasa Inspeksi industri pertambangan mineral dan batubara, dilengkapi dengan laboratorium uji terkini serta peralatan yang mumpuni. “Selain itu, peningkatan kapasitas dan kapabilitas peralatan operasional di laboratorium SUCOFINDO dapat dimanfaatkan oleh industri pertambangan seperti pesawat tanpa awak (UAV) untuk pemetaan wilayah,” jelas Darwin.

"Ke depan kami akan terus berkomitmen dalam meningkatkan kapabilitas, kualitas dalam mendukung industri pertambangan Nasional, yang nantinya juga berpotensi ekpansi ke luar negeri," terang Darwin Abas.
Selanjutnya, Kepala Strategic Business Unit (SBU) Batubara Limlim Abdul Halim menambahkan dalam dukungan terhadap responsible mining, PT SUCOFINDO, bagian dari Holding BUMN Jasa Survei (IDSurvey) berkomitmen kuat untuk mendukung Sistem Informasi Mineral dan Batubara (SIMBARA). Sistem ini untuk mengintegrasikan data pertambangan dari hulu sampai hilir.

Selain itu, Kepala SBU Batubara Limlim Abdul Halim menambahkan dalam layanan jasa di pertambangan mineral dan batubara, PT SUCOFINDO dilengkapi dengan layanan mitigasi risiko, konsultansi kepatuhan terhadap kaidah-kaidah pertambangan yang baik secara tata kelola maupun secara teknis, pemenuhan persyaratan mutu, lingkungan, serta Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

"SUCOFINDO juga mampu memberikan layanan perencanaan penambangan, survei kemajuan tambang, penghitungan persediaan (stock opname) dan pengawasan kualitas produk pertambangan sampai pelabuhan muat yang terintegrasi (integrated quality control pit to port) serta monitoring produksi harian. Selain itu juga jasa untuk pengawasan kegiatan pengurukan, reklamasi tambang dan kedepan-nya dalam tahap pengembangan pengujian pembakaran kesesuaian batubara dengan pembangkit," kata Limlim

Untuk menjamin mutu layanan di bidang jasa pertambangan mineral dan batu bara, PT SUCOFINDO telah meraih akreditasi dengan No. Sertifikat LP-1008-IDN tanggal 22 Juni 2020 sebagai Laboratorium Uji Mineral sesuai SNI ISO/IEC 17025: 2017 dan Penyelenggara Uji Profisiensi Batubara sesuai SNI ISO/IEC 17043:2010 dengan No. Sertifikat PUP-027-IDN tanggal 17 Maret 2021 dari Komite Akreditasi Nasional (KAN).
“Akreditasi ini adalah pengakuan internasional atas layanan jasa SUCOFINDO dan ini merupakan hal penting, mengingat visi SUCOFINDO menjadi Perusahaan Kelas Dunia yang kompetitif, andal dan terpercaya di bidang inspeksi, pengujian, sertifikasi, konsultansi dan pelatihan," tutup Limlim.

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. PT SUCOFINDO saat ini tergabung menjadi bagian holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey bersama PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) sebagai induk, serta PT Surveyor Indonesia.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, sertifikasi, assessment, konsultansi, pelatihan, dan berbagai kegiatan penunjang terkait, di antaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi. SUCOFINDO memiliki 66 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan 75 laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

Baca Juga: SUCOFINDO Realisasikan 1.898 Sertifikat TKDN di Tahun 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved