June
10
2023
     22:18

Studienbrucke: Kuliah di Jerman Langsung Setelah Lulus SMA

Studienbrucke: Kuliah di Jerman Langsung Setelah Lulus SMA
ILUSTRASI. Studienbrucke mempersiapkan para siswa-siswi kelas 8 SMP hingga kelas 11 SMA yang ingin meneruskan pendidikan ke jenjang kuliah dalam bidang matematika, informatika, ilmu pengetahuan alam, teknik atau ekonomi di perguruan tinggi mitra di Jerman.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Kesempatan untuk kuliah di Jerman bisa ditempuh dengan mengikuti Studienbrucke, sebuah program pendidikan persiapan kuliah bagi pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) yang diselenggarakan oleh Goethe-Institut bekerjasama dengan Dinas Pertukaran Akademis Jerman (DAAD). Program ini juga turut berkolaborasi dengan delapan universitas mitra Jerman.

Melalui program ini, para peserta dapat langsung melanjutkan jenjang perkuliahan setelah lulus SMA tanpa harus mengikuti kelas penyetaraan selama setahun terlebih dahulu. Studienbrücke merupakan program resmi yang diinisiasi dan didukung langsung oleh Kementerian Luar Negeri Jerman.

Dalam seminar daring bertajuk “Kuliah di RWTH Aachen melalui Program Persiapan Studi dari Goethe-Institut Indonesien” yang berlangsung Jumat, 9 Juni 2023, dijelaskan bahwa Studienbrucke mempersiapkan para siswa-siswi kelas 8 SMP hingga kelas 11 SMA yang ingin meneruskan pendidikan ke jenjang kuliah dalam bidang matematika, informatika, ilmu pengetahuan alam, teknik atau ekonomi di perguruan tinggi mitra di Jerman.

“Program ini meliputi kemampuan berbahasa Jerman, penguasaan bahasa kejuruan, dan budaya belajar agar peserta mampu untuk langsung memulai kuliah jenjang Sarjana di salah satu perguruan tinggi mitra, khususnya dalam bidang matematika, informatika, ilmu pengetahuan alam, teknik, atau ekonomi,” ucap Gregorius Haribudihardjo, Asisten Program Studienbrucke Indonesia.

Studienbrucke bekerja sama dengan beberapa universitas mitra, seperti RuhrUniversitat Bochum, Universität Duisburg-Essen, Technische Universitat Dortmund, Europa-Universität Viadrina Frankfurt (Oder), RWTH Aachen, Universität Siegen, Rheinische Friedrich-Wilhelms-Universität Bonn, dan Bauhaus-Universität Weimar. Setiap tahunnya, universitas mitra tersebut menyediakan kuota perkuliahan bagi para peserta yang berhasil lulus program Studienbrucke.

Program ini ditujukan kepada siswa-siswi SMA di Indonesia yang mempelajari ilmu pengetahuan alam dan ekonomi serta memenuhi persyaratan sebagai berikut: memiliki tingkat bahasa Jerman B1 di kelas 10, tingkat Bahasa Jerman B2.4 paling lambat pada akhir kelas 11, atau tingkat bahasa Jerman C1.1 pada awal kelas 12. Selain itu, syarat lainnya ialah memiliki nilai minimal 85 untuk mata pelajaran matematika, fisika, kimia, biologi, dan informatika.

Setelah berhasil menyelesaikan program Studienbrucke, proses selanjutnya adalah pendaftaran pada satu perguruan tinggi mitra di Jerman. Adapun sejumlah unit program yang harus diselesaikan antara lain, kursus bahasa Jerman hingga tingkat B2 atau C1, bahasa kejuruan matematika, bahasa kejuruan dalam salah satu mata pelajaran informatika, pengetahuan alam, teknik, atau ekonomi, serta menyelesaikan persiapan ujian bahasa (TestDaF) dan persiapan ujian kompetensi keilmuan (TestAS), termasuk pelatihan komunikasi antar budaya dan bimbingan perkuliahan. Dan yang terpenting adalah peserta bisa menyelesaikan ujian TestAS dan ujian TestDaF sesuai dengan persyaratan dari perguruan tinggi mitra.

Dalam seminar daring tersebut, alumni Studienbrucke 2021/2022 Dinda Kei Latifa bercerita tentang manfaat yang ia dapatkan dari program pendidikan persiapan kuliah ini hingga akhirnya diterima di RWTH Aachen, universitas di mana Presiden ke-3 RI BJ Habibie pernah menimba ilmu. “Untuk sampai kuliah di RWTH Aachen, aku harus mempersiapkan bahasa Jerman terlebih dahulu di Goethe-Institut untuk membantu memahami percakapan orang Jerman. Dari Studienbrucke, aku juga dibekali modul-modul untuk memahami dunia perkuliahan dan interkultural di Jerman,” ucap Kei yang tengah menempuh program studi Teknik Mesin.

Ia menambahkan, program studi Teknik Mesin di RWTH Aachen terdaftar dalam QS University Ranking sebagai yang terbaik di seluruh Jerman. Oleh karena itu, jurusan teknik mesin di RWTH sangat diminati banyak orang. Fakultas Teknik Mesin merupakan fakultas terbesar di RWTH dengan hampir 12.000 mahasiswa.

Tentang Goethe-Institut

Goethe-Institut merupakan lembaga kebudayaan Republik Federal Jerman yang aktif di seluruh dunia. Kami mempromosikan pengajaran bahasa Jerman di luar negeri dan mendorong pertukaran budaya antarbangsa. Kami juga menyampaikan gambaran menyeluruh mengenai Jerman melalui informasi tentang kehidupan politik, sosial dan budaya di Jerman. Beragam program budaya dan pendidikan kami menyokong dialog antarbudaya dan memfasilitasi partisipasi kultural. Berbagai program tersebut memperkukuh struktur-struktur masyarakat madani dan mendukung mobilitas global.

Baca Juga: European Union & ASEAN Beri Beasiswa Program SHARE bagi Mahasiswa Binus University

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved