September
05
2022
     16:48

Sport Tourism, The Mandalika Jadi Tuan Rumah Marathon Mandalika Ultra Trail 100

Sport Tourism, The Mandalika Jadi Tuan Rumah Marathon Mandalika Ultra Trail 100
ILUSTRASI. ITDC kembali menjadi tuan rumah penyelenggaraan event Mandalika Ultra Trail 100 yang digelar pada Sabtu (3 September 2022), setelah menjadi tuan rumah event yang sama pada tahun 2021 lalu.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Destinasi pariwisata The Mandalika, Lombok, NTB, yang dikelola PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata, kembali menjadi tuan rumah penyelenggaraan event Mandalika Ultra Trail 100 yang digelar pada Sabtu (3 September 2022), setelah menjadi tuan rumah event yang sama pada tahun 2021 lalu.

Dalam event Mandalika Ultra Trail 100 yang diperlombakan adalah Mandalika Trail Run 100 yakni peserta mengikuti lomba lari dengan standar internasional dan kualifikasi Ultra Trail du Mont Blanc (UTMB) dengan start dan finish di The Mandalika yang terbagi dalam kategori jarak tempuh 25 km dan 53 km.

Mandalika Ultra Trail 100 yang diselenggarakan oleh FOneSport ini diikuti oleh 32 pelari yang berasal dari lima negara yaitu Jepang, Amerika Serikat, Belanda, Australia dan Indonesia.

Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro menyampaikan, “Kami berterima kasih kepada FOneSport yang telah memilih kawasan The Mandalika sebagai tempat penyelenggaraan event ini. Penyelenggaraan event Mandalika Ultra Trail 100 ini menunjukkan bahwa kawasan The Mandalika dapat menjadi lokasi yang tepat bagi berbagai jenis olahraga.

Dengan kontur kawasan terdiri dari bukit, pantai, laut serta fasilitas pendukung kawasan yang semakin lengkap, The Mandalika siap untuk menggelar berbagai jenis lomba.”Sebelumnya The Mandalika telah menjadi lokasi sejumlah event olahraga bergengsi antara lain L’Etape Indonesia pada Februari 2022, Mandalika Ultra Trail 100 dan HK Endurance Challenge tahun 2021, Paralayang Trip of Indonesia (TROI) tahun 2019 dan TNI Marathon pada tahun 2018.

Ketua Penyelenggara Event Mandalika Ultra Trail 100 Dian Sukmara menjelaskan, “Kami memilih kembali The Mandalika sebagai tempat penyelenggaraan event ini seperti layaknya di tahun lalu, dikarenakan The Mandalika memiliki kontur yang menantang yang bisa memacu adrenalin para peserta.

Hal ini sangat mendukung maksud dari event olahraga ekstrim yang kami selenggarakan. Namun, disamping menantang, para peserta juga bisa menikmati keindahan alam yang disuguhkan di dalam kawasan.”Selain penyelenggaraan event Mandalika Ultra Trail 100, The Mandalika juga akan menjadi tuan rumah event sport tourism lainnya yakni Shell Eco Marathon pada bulan Oktober 2022, World Superbike (WSBK) dan World Muscle Tour & Sport Festival pada bulan November 2022.

“Sejumlah event sport tourism yang sudah masuk dalam Calendar of Event (CoE) ini akan semakin meneguhkan positioning The Mandalika sebagai destinasi pariwisata berkonsep sport tourism unggulan di Indonesia. Kami berharap akan semakin banyak penyelenggaraan event-event berlangsung di The Mandalika sehingga akan semakin menyemarakkan kawasan kami sekaligus dapat mendorong peningkatan kunjungan wisatawan sebagai kontribusi bagi kebangkitan kembali industri pariwisata di Lombok,” tutup Bram.

Baca Juga: ITDC dan MGPA Buka Penjualan Tiket Presale WSBK Indonesian Round, Berapa Harganya?

Tentang ITDC

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki lini bisnis membangun dan mengembangkan kawasan pariwisata di Indonesia. Selama 48 tahun, Perseroan telah membangun dan mengelola The Nusa Dua, kawasan pariwisata terpadu seluas 350 ha yang berlokasi di Bali bagian selatan, yang menjadi salah satu kawasan pariwisata terbaik di dunia. Dengan infrastruktur, akomodasi, dan fasilitas pertemuan yang berstandar internasional, membuat kawasan ini menjadi tuan rumah berbagai event resmi berskala internasional seperti APEC 2013, Bali Democratic Forum, Miss World 2013, dan IMF-World Bank Group Annual Meetings 2018.

Sejalan dengan strategi Pemerintah untuk meningkatkan sektor pariwisata menjadi sumber utama devisa negara dengan meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, ITDC ditugaskan untuk mengembangkan destinasi pariwisata di luar Pulau Bali. Dengan dukungan Pemerintah, ITDC memperoleh hak untuk mengembangkan dan mengelola The Mandalika di Lombok Tengah, NTB, dengan luas 1.175 hektar.  The Mandalika memiliki 16 km garis pantai yang indah dan dikelilingi bukit-bukit yang hijau, serta merupakan satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas atau ‘Bali Baru’ yang ditetapkan Pemerintah.

Pada tahun 2017 The Mandalika telah resmi beroperasi sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan sejak itu telah menarik Real Estate Investment sebesar USD 1,3 Milyar. Saat ini, The Mandalika tengah dibangun sebagai destinasi pariwisata kelas dunia, dengan berbagai fasilitas dan atraksi berstandar internasional, salah satunya Mandalika International Street Circuit, yang menjadi tempat penyelenggaraan event balap motor dunia World Superbike dan MotoGP mulai 2021.

ITDC merupakan bagian dari InJourney yang merupakan perusahaan holding pada ekosistem aviasi dan pariwisata sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2021 dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2022 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved