June
09
2024
     21:44

Sinergi BUMN PT Pertamina Geothermal Energy Tbk Area Lumut Balai & PT Geo Dipa Energy

Sinergi BUMN PT Pertamina Geothermal Energy Tbk Area Lumut Balai & PT Geo Dipa Energy
ILUSTRASI. PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX: PGEO) Area Lumut Balai menerima kunjungan kerja PT Geo Dipa Energi Persero (GDE) pada Kamis, 6 Juni 2024.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX: PGEO) Area Lumut Balai menerima kunjungan kerja PT Geo Dipa Energi Persero (GDE) pada Kamis, 6 Juni 2024. Kunjungan ini merupakan bagian dari sinergi BUMN dalam pengembangan panas bumi Indonesia untuk mendukung program pemerintah NZE (Net Zero Emission) tahun 2060, khususnya terkait proses operasional, produksi, dan proyek pembangunan PLTP Lumut Balai Unit-2 yang saat ini sedang berlangsung.

Kunjungan kerja dipimpin langsung oleh Supriadinata Marza selaku Direktur Operasi & HSSE PT Geo Dipa Energi (GDE), didampingi Corporate Secretary, General Manager Unit Patuha, dan General Manager Unit Dieng.

Dalam sambutannya Supriadinata Mirza menyampaikan banyak kesamaan dalam bisnis proses operasi di Area Lumut Balai yang saat ini juga sedang tahap progres pembangunan proyek PLTP Unit-2, sehingga dirasa tepat untuk melihat secara langsung Area Lumut Balai, karena ke depannya GDE juga akan melakukan pengembangan PLTP Patuha Unit-2.

General Manager Area Lumut Balai, Catur Hendro Utomo.S. memaparkan proses operasi, produksi, rencana pengembangan, dan berbagai tantangan yang dihadapi.

Selain itu, diskusi juga difokuskan pada update perkembangan kegiatan proyek PLTP Unit-2, mencakup aspek HSSE (Health, Safety, Security, and Environment), organisasi proyek, serta kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility). Pembahasan juga mencakup implementasi dan strategi aspek Environmental, Social & Governance (ESG), dengan pendekatan adaptasi dan mitigasi di lapangan Lumut Balai. Diharapkan, operasional dan proyek ini dapat memberikan manfaat bagi pemerintah daerah dan masyarakat, terutama dalam ketahanan energi dan pertumbuhan ekonomi, dengan tetap menjaga ekosistem lingkungan.

Proyek PLTP Lumut Balai Unit-2 saat ini sedang berada pada fase konstruksi dan diharapkan Desember 2024 bisa masuk fase commissioning hingga dilanjutkan operasi komersial (Commercial On Date/COD).

“Pengembangan panas bumi di Area Lumut Balai Sumatra Selatan memiliki potensi energi panas bumi sebesar 230 MW dan yang sudah terbukti (proven) sebesar 150 MW sehingga masih terdapat ruang untuk pengembangan di masa depan," tutup Catur.

Tentang PT Pertamina Geothermal Energy Tbk.

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX: PGEO) merupakan bagian dari Subholding Power & New Renewable Energy (PNRE) PT Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang eksplorasi, eksploitasi, dan produksi panas bumi. Saat ini PGE mengelola 15 Wilayah Kerja Panas Bumi dengan kapasitas terpasang sebesar 1.877,5 MW, terbagi 672,5 MW yang dioperasikan dan dikelola langsung oleh PGE dan 1.205 MW dikelola dengan skema Kontrak Operasi Bersama. Kapasitas terpasang panas bumi di wilayah kerja PGE berkontribusi sekitar 80% dari total kapasitas terpasang panas bumi di Indonesia, dengan potensi pengurangan emisi CO2 sebesar sekitar 9,7 juta ton CO2 per tahun.

Sebagai world class green energy company, PGE ingin menciptakan nilai dengan memaksimalkan pengelolaan end-to-end potensi panas bumi beserta produk turunannya serta berpartisipasi dalam agenda dekarbonasi nasional dan global untuk menunjang Indonesia net zero emission 2060. PGE memiliki kredensial ESG yang sangat baik dengan 16 penghargaan PROPER Emas sejak 2011 sampai 2023 dalam penghargaan kepatuhan lingkungan tertinggi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Peringkat & Keterlibatan ESG.

Baca Juga: PGEO Laporkan Kinerja Keuangan & Produksi Positif pada RUPST Tahun Buku 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved