June
10
2023
     22:23

Sinar Mas Digital Day Mengintip Ragam Teknologi Digital yang Diadopsi Sinar Mas

Sinar Mas Digital Day Mengintip Ragam Teknologi Digital yang Diadopsi Sinar Mas
ILUSTRASI. Sinar Mas Digital Day acara ekosistem digital semua pilar Sinar Mas, serta jadi platform karyawan memperoleh wawasan tentang tren digital, menjalin jaringan dengan pemimpin sesama & berkolaborasi. Acara digelar 9 & 10 Juni 2023 di ICE BSD, Tangerang.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Kemajuan teknologi kini sudah menyentuh semua lini. Hampir seluruh sektor industri di Indonesia maupun belahan dunia lain, mulai melakukan digitalisasi.  Digitalisasi tidak hanya sekadar pemenuhan terhadap kemajuan teknologi, tetapi juga untuk memastikan bisnis yang berkelanjutan dan memudahkan masyarakat sebagai konsumen.

Pemanfaatan teknologi digital atau digitalisasi ini juga dilakukan oleh Sinar Mas. Entitas yang 85 tahun silam didirikan oleh Eka Tjipta Widjaja itu terus melakukan inovasi dengan mengembangkan teknologi digital di semua unit bisnisnya. Hingga saat ini, Sinar Mas telah mengadopsi ragam teknologi terkini demi menciptakan ekosistem digital yang berskala penuh, terintegrasi, inklusif, dan berkelanjutan.

Penasaran teknologi digital apa saja yang sudah diadopsi oleh Sinar Mas? Yuk simak ulasan berikut!

1. Drone Technology Forest Monitoring & Inventory

Pilar bisnis Sinar Mas bergerak di berbagai sektor, salah satunya di sektor pulp dan kertas yang berada dalam naungan Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas. Sebagai salah satu unit bisnis yang memproduksi pulp, kertas, tisu dan pengemasan, produk-produk APP Sinar Mas identik dengan produk yang dihasilkan dari proses sustainable plantation management dengan merujuk kepada komitmen Perusahaan yang tertuang dalam Sustainable Roadmap Vision 2030.

Salah satu komitmen APP Sinar Mas dalam upaya pencegahan dan mitigasi ancaman kebakaran hutan dan lahan, diantaranya adalah dengan menjajaki penggunaan teknologi drone dalam upaya deteksi dini hotspot dan firespot.

Saat ini APP Sinar Mas terus mengeksplorasi teknologi drone dengan jelajah terbang yang luas, yang juga dilengkapi dengan kemampuan kamera thermal yang mumpuni. Harapannya, jika nanti drone-drone tersebut sudah teruji dan dinilai layak beroperasi, akan ditempatkan di area ‘blank spot’, sebagai salah satu bentuk inovasi digital, dalam rangka melengkapi pengawasan visual yang dilakukan melalui menara-menara api.

2. Kecerdasan Buatan

Dalam penggunaan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), quantum computing, dan dukungan internet of things (IoT) APP Sinar Mas bersama pilar saudaranya, Sinar Mas Agribusiness & Food mengoptimalisasikannya antara lain untuk pengembangan varian bibit unggul yang tak saja mampu tumbuh lebih cepat, memiliki daya tahan lebih dalam menghadapi tantangan iklim serta hama penyakit, dan jauh lebih produktif, namun juga semakin mudah perawatannya. Kehadiran perangkat digital tadi membantu proses produksi, analisis dan pengawasan kualitas semakin efektif, menyeluruh sekaligus segera.

Sedangkan di pilar financial services, pengaplikasiannya tampak pada keberadaan layanan cashless dan branchless yang semakin lincah (agile) dalam menjangkau serta melayani masyarakat. Contohnya, Sinarmas Asset Management, yang mencatat sejarah sebagai manajer investasi pertama yang menerapkan teknologi machine learning di Indonesia. Penerapan kombinasi antara keahlian manusia dan kecerdasan buatan (artificial intelligence) ini merupakan tonggak penting dalam pengembangan industri investasi digital di Tanah Air.

Pada layanan healthcare yang disediakan Eka Hospital, beberapa contoh kehadiran AI tampak pada aktivitas kamera Retina atau funduscopy pada unit Diabetes Connection Care guna memudahkan deteksi gangguan retina pasien. Lebih jauh lagi saat pandemi melanda, kecerdasan buatan dimanfaatkan para dokter spesialis radiologi menegakkan diagnosis hasil pemeriksaan CT scan thorax pasien suspect Covid-19. Contoh lain adalah kehadiran teknologi robotik pada meja operasi tulang belakang, Pro Axis Table di Eka Hospital yang tergolong paling maju di Indonesia

3. Financial Services

Sinar Mas juga bergerak di sektor perbankan melalui Bank Sinarmas. Digitalisasi di sektor perbankan ini terlihat pada platform bernama SimobiPlus. SimobiPlus merupakan layanan internet banking Bank Sinarmas versi mobile yang dikembangkan untuk memudahkan transaksi nasabah melalui ponsel mereka baik berbasis Android maupun iOS.  SimobiPlus bisa digunakan untuk berbagai transaksi digital, seperti top up pulsa, bayar tagihan, transfer Valas ke sesama Bank Sinarmas, beli Polis Smart Investa Link, di samping transaksi-transaksi perbankan lainnya.

Untuk investasi, PT Sinarmas Sekuritas berkolaborasi dengan PT Sinarmas Asset Management sebagai pilar layanan finansial dalam ekosistem Sinar Mas ikut memanfaatkan teknologi terkini dan pendekatan inovatif guna merevolusi operasional, meningkatkan pengalaman penggunanya, dan tetap berada di depan dalam lanskap digital yang berkembang pesat melalui platform investasi saham dan reksa dana online, SimInvest.

4. MyRepublic

Teknologi digital selalu mengandalkan jaringan internet. Pada sektor ini, Sinar Mas memiliki MyRepublic sebagai penyedia layanan internet koneksi fiber to the home (FTTH). MyRepublic menawarkan layanan internet berkecepatan tinggi. Hingga saat ini, MyRepublic sudah hampir menjangka 60 kota di seluruh Indonesia.  Selain itu, MyRepublic juga menjalin kerja sama strategis dengan berbagai platform hiburan, seperti Vidio, Genflix, Vision+, hingga WeTV.

5. Smart City

Sinar Mas menaungi Sinar Mas Land yang merupakan salah satu pengembang properti terbesar di Indonesia. Sinar Mas Land juga mengembangkan kota mandiri terpadu, salah satunya BSD City di Tangerang, Banten.

Dalam rangka digitalisasi, Sinar Mas Land sedang berupaya untuk mengembangkan smart city dengan mengimplementasikan sustainable development. Dalam hal ini, Sinar Mas Land bahkan menggandeng raksasa teknologi dunia, Microsoft. Sinar Mas Land akan memanfaatkan ekosistem teknologi milik Microsoft ini untuk mengembangkan kota mandiri menjadi smart city, yang dimulai dari BSD City.

Di samping 4 hal tersebut, Sinar Mas juga terus memastikan inovasi berkelanjutan dan penggunaan material yang ramah lingkungan pada seluruh lini bisnisnya.

Selain itu, Sinar Mas juga turut memberikan dukungan terhadap pengembangan UMKM, sebagai salah satu pilar ekonomi di Indonesia. Caranya dengan bermitra dan membukakan akses berikut memberikan pendampingan ke teknologi digital tepat guna yang dapat membantu mereka naik kelas, hingga masuk ke dalam rantai pasok industri.

6. Smart Mining

PT Berau Coal sebagai pilar bisnis Sinar Mas yang bergerak di bidang energi juga turut dalam menjalankan inovasi teknologi dan digitalisasi dalam operasional pertambangannya untuk mewujudkan smart mining, khususnya di aspek operasi dan K3L (Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan). Inovasi dan perbaikan berkelanjutan terus didorong untuk menghasilkan operasional yang produktif, efisien, aman dan hijau sehingga dapat mewujudkan pertambangan yang berkelanjutan.

Selain itu, untuk melakukan akselerasi digitalisasi, PT Berau Coal berkolaborasi dengan Smartfren BUSINESS untuk menunjang infrastruktur jaringan sebagai backbone dari digitalisasi. Salah satu inovasi digital di PT Berau Coal adalah smart application yang bernama BEATS yang merupakan kepanjangan dari BeGeMS (Berau Coal Green Mining System) Automation Tracking System. Aplikasi ini digunakan untuk menunjang pengawasan dan analisis kegiatan operasi dan K3L yang sebelumnya dilakukan secara manual kini telah menggunakan teknologi digital sehingga proses pengawasan operasi yang melibatkan lebih dari 24.000 pekerja dapat dilakukan dengan baik.

Inovasi lainnya yaitu Mining Eyes, pengawasan jarak jauh menggunakan teknologi CCTV serta sedang dibangun mining analytic dengan penggunaan AI (Artificial Intelligence) yang dapat memonitor dan melaporkan pergerakan manusia dan unit alat berat di tambang sehingga menghasilkan operasi yang lebih produktif dan lebih aman karena kurangnya potensi bahaya atas interaksi manusia langsung dengan alat berat yang beroperasi atau berada di area yang memiliki risiko tinggi.

Tentang Sinar Mas Digital Day 2023

Sinar Mas Digital Day adalah acara pertama yang mengumpulkan dan memamerkan ekosistem digital dari semua pilar di dalam Sinar Mas, serta menjadi platform di mana karyawan dapat memperoleh wawasan tentang tren dan kemungkinan digital, menjalin jaringan dengan para pemimpin sesama, bertukar ide, dan berkolaborasi. Acara ini akan diadakan pada tanggal 9 Juni dan 10 Juni 2023 di Nusantara Hall, ICE BSD, Tangerang.

Baca Juga: Penuhi SEOJK PAYDI, Sinarmas MSIG Life & Bank Sinarmas Luncurkan Sinarmas Optima Plus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved