November
04
2023
     21:55

Simak 4 Tips Aman Bertransaksi COD Saat Harbolnas ala Oky Andries & Ninja Xpress

Simak 4 Tips Aman Bertransaksi COD Saat Harbolnas ala Oky Andries & Ninja Xpress
ILUSTRASI. Menurut data internal Ninja Xpress, lebih dari 50% shipper Ninja Xpress melalui aplikasi Ninja Biz turut memanfaatkan fasilitas COD dalam proses jual beli mereka.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Cash on Delivery (COD) merupakan sebuah sistem pembayaran di akhir, dimana konsumen melakukan pembayaran barang yang dipesan ketika barang tersebut telah sampai ke tangan mereka. Menurut survei Badan Pusat Statistik (BPS), sebanyak 83,11% transaksi di e-commerce lebih suka menggunakan metode Cash on Delivery (COD). Angka ini menunjukkan tingginya minat konsumen terhadap pembelian barang melalui e-commerce dengan menggunakan metode COD. Hal ini menunjukkan bahwa metode pembayaran ini masih dianggap lebih praktis karena dapat mengurangi risiko penipuan.

Menurut data internal Ninja Xpress, lebih dari 50% shipper Ninja Xpress melalui aplikasi Ninja Biz turut memanfaatkan fasilitas COD dalam proses jual beli mereka. Hanya saja, berbeda dengan konsumen, para pelaku UKM sering kali menghadapi beberapa risiko yang perlu diwaspadai untuk mengantisipasi kemungkinan masalah dan meminimalisasi kerugian yang dihadapi penjual ketika mengaktifkan metode pembayaran COD. Salah satu momen yang sangat ditunggu dan disambut secara antusias dengan jumlah transaksi lebih banyak dibandingkan hari biasa adalah Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Untuk memberikan rasa aman dalam metode pembayaran COD dalam meningkatkan penjualan, Oky Andries, seorang marketing expert bersama Ninja Xpress membagikan tips aman dan anti-kerugian dalam menerapkan sistem COD.

1.Mengatasi Kendala Tidak Terduga dengan Melakukan Konfirmasi Sebelum Pengiriman Paket

Salah satu kendala dalam proses pengiriman paket dengan metode COD adalah penerima paket tidak berada di rumah, alamat yang tidak dapat ditemukan, atau konsumen menggunakan alamat palsu yang terindikasi sebagai orderan fiktif. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, para pelaku UKM perlu melakukan konfirmasi ulang sebelum proses pengiriman agar Anda dan pihak pengiriman dapat menghindari kerugian waktu yang tidak perlu. Selain itu, hal ini juga dapat mencegah biaya pengiriman balik yang mungkin dikenakan jika konsumen tidak menerima paket.

2.Periksa Riwayat Pembeli Anda untuk Menghindari Pembatalan Sepihak

Perlu dipahami bahwa masih ada konsumen yang belum mengerti prosedur COD yang mengharuskan pembayaran barang sebelum paket dibuka. Terkadang, konsumen membuka paket sebelum membayar dan kemudian mengajukan komplain jika barang tidak sesuai. Namun, dalam beberapa kasus, konsumen memang membuka paket sebelum membayar dan menolak menerima pesanan tersebut. Selain itu, metode COD memungkinkan pembelian tanpa konfirmasi, sehingga beberapa orang “tanpa sengaja” bisa melakukan pembelian dan akhirnya menolak menerima pesanan mereka. Dengan memeriksa riwayat pembeli, Anda dapat lebih mengenal karakteristik konsumen Anda dan dapat membantu Anda menghindari kerugian yang tidak perlu.

3.Batasi Penggunaan COD di Daerah Spesifik

Masih ada beberapa wilayah yang mungkin menghadapi tantangan dalam menyediakan layanan Cash on Delivery (COD) karena kendala aksesibilitas dan terbatasnya tenaga kerja. Adapun daerah dengan akses yang sulit dapat meningkatkan resiko tidak sampainya produk, yang pada akhirnya dapat mengakibatkan kerugian bagi bisnis Anda. Dengan membatasi penggunaan COD di daerah-daerah tertentu, Anda dapat meminimalkan risiko dan memastikan pengalaman pelanggan yang lebih aman dan efisien.

4.Sediakan Dana Cadangan untuk Menjaga Cash Flow dalam Berbisnis

Salah satu tips aman lainnya dalam menggunakan metode COD adalah memiliki dana cadangan yang cukup. Karena metode pembayaran COD memberikan kesempatan bagi para konsumen untuk membayar setelah paket diterima, sehingga para pelaku UKM perlu menunggu untuk uang tersebut dikirimkan oleh jasa pengiriman ke pelaku bisnis UKM. Oleh karena itu, penting untuk memiliki dana cadangan yang cukup untuk mengatasi keterlambatan pembayaran dan menjaga kelancaran keuangan bisnis Anda.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Ninja Xpress untuk mendukung efisiensi biaya pengiriman para pelaku UKM yaitu dengan menawarkan metode pembayaran COD dengan fitur kirim dulu bayar kemudian sehingga shipper Ninja Xpress dapat membayar biaya pengiriman setelah paket diterima oleh pembeli dan UKM sudah mendapatkan pembayaran atas barang mereka.

Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress menjelaskan, “Salah satu tantangan yang dihadapi oleh para pelaku UMKM adalah membangun kepercayaan dari pembeli, sehingga untuk mendukung perkembangan bisnis para pelaku UKM, kami menawarkan layanan cash on delivery dalam penjualan barangnya melalui aplikasi Ninja Biz yang dapat mengirimkan barang ke seluruh wilayah di Indonesia. Semoga tips ini juga membuat UKM lebih aman dan nyaman dalam berjualan.”

Tentang Ninja Xpress

Ninja Xpress adalah perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi terkemuka di Indonesia. Hadir sejak tahun 2015, Ninja Xpress memberikan pilihan layanan regular, same day, hingga COD ke 100% Wilayah Indonesia. Layanan pengiriman ini juga didukung dengan layanan konsumen yang profesional melalui Respons Cepat dan Resolusi Tepat.

Ninja Xpress juga selalu #SiapBantuSampaiTujuan mengantarkan sukses bagi pelaku UKM lokal dengan menghadirkan berbagai program yang siap mendukung perkembangan bisnis UKM lebih cepat dan strategis melalui Ninja Xpress seller booster yang terdiri dari Point Rewards, Creative Hub, KOL, Akselerasi, Ninja Direct, hingga Ninja Fulfillment.

Baca Juga: Ninja Xpress Hadirkan Program Loyalitas Terbaru, Penukaran Poin Reward ke Dompet DANA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved