October
28
2024
     14:54

Siemens Percepat Kesiapan Digital Industri Oleokimia Basis Kelapa Sawit di Indonesia

Siemens Percepat Kesiapan Digital Industri Oleokimia Basis Kelapa Sawit di Indonesia
ILUSTRASI. Siemens Indonesia melangsungkan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk. (PT SMART Tbk.), sebuah perusahaan agribisnis dengan kegiatan usaha dari tahapan benih hingga produk akhir di etalase (seed-to-shelf) terdepan di dunia.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Siemens Indonesia melangsungkan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk. (PT SMART Tbk.), sebuah perusahaan yang didirikan pada tahun 1962 dan merupakan salah satu perusahaan agribisnis dengan kegiatan usaha dari tahapan benih hingga produk akhir di etalase (seed-to-shelf) terdepan di dunia.

Nota Kesepahaman ini menandai dimulainya kolaborasi strategis yang bertujuan untuk menyederhanakan, mempercepat, dan meningkatkan skala transformasi digital PT SMART Tbk., sehingga menghasilkan produk yang berkualitas dan kompetitif. Dengan peningkatan produksi dari produk minyak kelapa sawit dan minyak nabati lain diharapakan dapat mendukung target dari Pemerintah Indonesia untuk swasembada pangan dan energi dalam waktu empat sampai lima tahun mendatang.

Penandatanganan Nota Kesepahaman transformatif ini dilakukan pada tanggal 13 September 2024 di Hotel Sheraton Bandung. Sebagai simbol komitmen yang mendalam, Surya Fitri, Presiden Direktur dan CEO PT Siemens Indonesia dan Herriadie Mochtar, Head of Engineering and Project Management, PT SMART Tbk., menandatangani Nota Kesepahaman tersebut.

PT SMART Tbk., yang juga dikenal sebagai SMART, adalah anak perusahaan Golden Agri-Resoures (GAR), yang beroperasi di bawah merek Sinar Mas Agribusiness and Food di Indonesia. SMART menawarkan berbagai macam produk minyak kelapa sawit dan minyak nabati lain yang meliputi oleokimia, lemak nabati khusus, biodiesel, serta minyak goreng rafinasi bagi pelaku usaha maupun konsumen.

"Sebagai mitra teknologi untuk transformasi digital, Siemens yakin bahwa transformasi digital akan memungkinkan bisnis untuk menawarkan pengalaman konsumen yang disesuaikan dengan preferensi mereka," ungkap Surya Fitri, Presiden Direktur dan CEO PT Siemens Indonesia. "Kami mendukung PT SMART Tbk. untuk mempercepat kesiapan digital dalam proses manufaktur dan memungkinkan mereka untuk sepenuhnya memanfaatkan potensi Industri 4.0."

Bidang utama kolaborasi yang diuraikan dalam Nota Kesepahaman meliputi:
- Pertukaran data dan wawasan bisnis untuk mengarahkan perusahaan dalam proses transformasi digital.
- Memberikan konsultasi serta panduan yang akan menentukan peta jalan transformasi digital yang komprehensif dan dapat ditindaklanjuti.
- Menjajaki kolaborasi strategis dalam implementasi proyek.

Selain itu, karyawan PT SMART Tbk. memiliki kesempatan untuk meningkatkan keterampilan mereka sebagai bentuk upaya merangkul perubahan digital di setiap tahapan pertumbuhan perusahaan melalui program pelatihan SITRAIN yang dikembangkan oleh Siemens. Secara keseluruhan, skema ini bertujuan meningkatkan basis keterampilan teknis para insinyur dan teknisi PT SMART Tbk.

Herriadie Mochtar, Head of Engineering and Project Management, PT SMART Tbk. mengatakan, "Penyempurnaan peta jalan ini merupakan langkah awal yang penting dalam perjalanan transformasi perusahaan. Peta jalan ini merupakan sebuah rencana lengkap yang mencakup segala hal mulai dari inisiasi uji coba hingga pengembangan tujuan akhir, dalam beberapa fase dan tahapan, dengan tinjauan secara berkala dan peningkatan skala dari setiap pencapaian."

Herriadie menambahkan bahwa, "Dengan kerja sama di bawah Nota Kesepahaman yang transformatif ini, PT Siemens Indonesia akan membantu kami meningkatkan daya saing dan pangsa pasar sekaligus berkontribusi pada tujuan ketahanan pangan dan keberlanjutan Indonesia. Kemitraan ini sejalan dengan ambisi perusahaan untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat dan mempromosikan praktik bisnis yang bertanggung jawab."

Tentang Siemens AG (Berlin dan Munich)
Merupakan perusahaan teknologi terkemuka yang berfokus pada industri, infrastruktur, transportasi, dan kesehatan. Tujuan perusahaan ini adalah menciptakan teknologi untuk mengubah kehidupan sehari-hari, bagi semua orang. Dengan menggabungkan dunia nyata dan digital, Siemens memberdayakan pelanggan untuk mempercepat transformasi digital dan keberlanjutan mereka, membuat pabrik lebih efisien, kota lebih layak huni, dan transportasi lebih berkelanjutan.

Siemens juga memiliki saham mayoritas di perusahaan publik Siemens Healthineers, penyedia teknologi medis global terkemuka yang membentuk masa depan perawatan kesehatan. Pada tahun fiskal 2023, yang berakhir pada 30 September 2023, Grup Siemens menghasilkan pendapatan sebesar €74,9 miliar dan laba bersih sebesar €8,5 miliar. Per 30 September 2023, perusahaan ini mempekerjakan sekitar 305.000 orang di seluruh dunia berdasarkan operasi yang berkelanjutan.

Tentang PT Siemens Indonesia (Jakarta)
Merupakan adalah perusahaan teknologi yang berfokus pada transformasi berbagai sektor di industri, infrastruktur, dan energi. Selama hampir 170 tahun, Siemens telah menyediakan teknologi yang membantu berbagai industri di Indonesia menjadi lebih efisien dan berkelanjutan. Siemens memiliki satu fasilitas produksi untuk switchgear dan lebih dari 500 karyawan di Indonesia.

Baca Juga: Siemens Indonesia Perkuat Insinyur Masa Depan lewat Program Inisiatif Universitas

Selanjutnya: Astra Life Catatkan Total Aset sebesar Rp 8,1 Triliun Hingga September 2024

Menarik Dibaca: Es Krim Aice Beli 1 Gratis 1, Cek Promo Alfamidi Hemat Satu Pekan s/d 3 November 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini

IPC TPK Raih Best IT Performance 2024

28 OKTOBER 2024 / 16:19 WIB

2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved