May
10
2023
     10:07

Semen SCG Berkolaborasi dengan Mahasiswa Penerima Beasiswa SCG Sharing the Dream

Semen SCG Berkolaborasi dengan Mahasiswa Penerima Beasiswa SCG Sharing the Dream
ILUSTRASI. SCG mengadakan Kelas Sirkular Ekonomi bagi Siswa SDN Wangunreja untuk mengajak siswa dan siswi terapkan Perilaku Berbudidaya Lingkungan melalui Program Generasi Mentari.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi, produsen Semen SCG, berkolaborasi dengan penerima beasiswa SCG Sharing the Dream, yakni Rip’an Mukti, mahasiswa Universitas Nusa Putra Sukabumi, serta 4 mahasiswa lainnya, menginisiasi program SCG Generasi Mentari (Generasi yang Menjaga Bumi Tetap Lestari) sebagai salah satu cara untuk membentuk generasi muda yang peduli akan lingkungan dengan menerapkan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS).

Program SCG Generasi Mentari ini diselenggarakan sejak 2022 di SDN Wangunreja dengan jumlah peserta sebanyak 252 pelajar. Inisiasi ini juga dilakukan dalam rangka menjadikan SDN Wangunreja sebagai sekolah adiwiyata serta mendukung target pemerintah dalam mencapai IDOLA 2030 (Indonesia Layak Anak).

Somchai Dumrongsil, Presiden Direktur PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi menyatakan, “Program Generasi Mentari ini merupakan wujud dari implementasi SCG ESG 4 Plus sebagai komitmen SCG dalam menjalankan bisnisnya. Melalui Generasi Mentari, kami ingin mengajak generasi muda untuk semakin mencintai lingkungan dan bijak dalam mengelola sampah. Kami bangga dan berterima kasih pada para penerima beasiswa SCG Sharing the Dream atas inisiasinya untuk bersama-sama menciptakan Sukabumi yang lebih baik dan lingkungan yang lebih lestari.”

Program Generasi Mentari terdiri dari lima rangkaian. Rangkaian pertama ialah edukasi mengenai pentingnya menjaga lingkungan dengan menerapkan ekononi sirkular pada kehidupan sehari-hari melalui program Kelas Sirkular Ekonomi pada Bulan September 2022 hingga Desember 2023.

Siswa-siswi SDN Wangunreja diajak untuk dapat merasakan pentingnya menjaga lingkungan melalui cara memilah sampah, membuat tempat sampah sendiri, membuat eco-brick, dan menanam pohon di kebun sekolah pada kelas yang diselenggarkan selama setiap minggunya yang dipandu oleh karyawan Semen Jawa dan Tambang Semen Sukabumi dan didampingi oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukabumi.

Rangkaian kedua ialah penghijauan sekolah (Green School) melalui Program Generasi Mentari ini, penghijauan sekolah dilakukan melalui penanaman dan penataan taman dan kebun agar lebih hijau. Penyediaan tempat sampah untuk berbagai  jenis sampah juga dilakukan untuk mendukung sekolah hijau dan bersih.

SCG ESG 4 Plus merupakan komitmen yang dikembangkan oleh SCG dari prinsip ESG (Environmental, Social, and Governance) dengan empat fokus, yaitu mengurangi emisi karbon (Set Net Zero), menciptakan produk dan industri hijau (Go Green), menekan kesenjangan (Reduce Inequality), dan merangkul kolaborasi dengan berbagai stakeholder (Embrace Collaboration). Sementara Plus bermakna keadilan dan transparansi, baik di dalam maupun di luar perusahaan.

“Melalui program ini, kami ingin berperan membangun generasi masa depan yang mencintai bumi dan menjaganya tetap lestari. Program ini pun diharapkan dapat membawa SDN Wangunreja menjadi sekolah adiwiyata dimana warga sekolah telah memiliki kesadaran dalam menerapkan gaya hidup yang berbudidaya lingkungan.

Sebagai penerima Beasiswa SCG Sharing The Dream, saya merasa sangat bangga dapat berkontribusi untuk lingkungan dan masyarakat, “ ungkap Rip’an Mukti, Penerima Beasiswa Sharing the Dream, Inisiator Program Generasi Mentari

Selanjutnya, setelah siswa dan siswi SDN Wangunreja mengenal pentingnya penerapan ekonomi sirkular untuk menjaga lingkungan, Program Generasi Mentari akan dilanjutkan dengan pembangunan Bank Sampah di sekolah.

Siswa/i SDN Wangunreja akan diberikan kesempatan untuk menabung sampah dan menukarkannya dengan berbagai peralatan sekolah seperti seragam, tas, dan alat tulis. Program Generasi Mentari ini sejalan dengan program pemerintah dalam mendukung target berupa pengurangan sampah plastik sebesar 70 persen sampai 2025.

 “Tahun ini, Program Generasi Mentari akan terus dilanjutkan dengan pengembangan bank sampah, pembentukkan taman kreasi, program petani cilik untuk menumbuhkan rasa mencintai pada tanaman serta program Persih (Pekarangan Bersih) untuk masyakarat sekitar SDN Wangunreja.” ujar Rip’an.

Imas, Kepala Sekolah SDN Wangunreja mengungkapkan, “Anak-anak sangat antusias dalam mengikuti program SCG Generasi Mentari ini. Penyampaian mengenai pentingnya menjaga lingkungan dikemas dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak.

Selain itu, kami juga merasa terbantu dengan adanya program ini karena sekolah menjadi lebih bersih, rapi dan sampah pun berkurang. Semoga anak-anak yang akan menjadi generasi penerus bangsa ini dapat senantiasa tumbuh menjadi generasi yang menjaga dan melestarikan lingkungan.”

Semen SCG telah melakukan berbagai inisiasi dan kontribusi sosial sesuai dengan komitmen ESG 4 Plus dengan menekankan pada lima aspek penting dalam hidup, yakni infrastruktur, kesehatan, agama, budaya, pendidikan, dan ekonomi produktif.

Program-programnya antara lain pembangunan jalan, posyandu, renovasi masjid, pembangunan madrasah, dan pengembangan UMKM di 5 desa melalui program SCG Gesari (Gerakan Desa Berdikari), program peningkatan gizi balita, ibu hamil, dan lansia, serta berbagai program lainnya dalam bidang ESG.

Tentang SCG

SCG, merupakan salah satu pemimpin bisnis terkemuka di kawasan ASEAN, terdiri dari tiga bisnis utama, yakni: SCG Cement – Building Materials, SCG Chemicals, dan SCG Packaging. Melalui lebih dari 200 perusahaan dan sekitar 57.000 karyawan, SCG menciptakan dan mendistribusikan produk dan layanan inovatif yang menjawab kebutuhan konsumen saat ini dan masa depan.

SCG memulai operasi bisnis di Indonesia sejak 1995 dengan bisnis perdagangan dan secara bertahap mengembangkan investasinya dalam bisnis yang berbeda pada industri cement-building materials, chemicals, dan packaging. Hingga hari ini, memiliki total 36 perusahaan di seluruh Indonesia dan memiliki lebih dari 9.000 karyawan, SCG menawarkan variasi produk dan layanan premium.

Produk yang ditawarkan adalah produk infrastruktur di bawah merek ‘SCG’ termasuk SCG Cement, beton siap pakai Jayamix SCG, beton ringan SCG Smartblock, SCG pipe dan precast, dinding keramik, lantai, dan keramik atap di bawah merek ‘KIA’, PVC resin, corrugated containers, dan kemasan offset printing. SCG juga menawarkan produk semen fiber dan produk kimia upstream-downstream dari bisnis joint-venture dengan mitra industri Indonesia.

Selain itu, SCG juga memiliki bisnis distribusi bahan bangunan dan layanan terminal dermaga yang mendukung penjualan dan logistik untuk bisnis termasuk platform belanja online mitraruma.com untuk mendukung kemajuan Indonesia.

Tentang PT Semen Jawa

PT. Semen Jawa adalah anak perusahaan SCG dan mengelola produksi semen di Indonesia. Pabrik PT Semen Jawa terletak di Sukabumi dengan daya produksi total 1.8 Juta ton dan telah beroperasi sejak 2015. Fasilitas pabrik PT. Semen Jawa dirancang dengan menggunakan konsep Green Manufacturing dan teknologi kelas dunia. Sesuai dengan SCG, perusahaan ini menjunjung prinsip pembangunan berkelanjutan yang menyeimbangkan antara aspek ekonomi, sosial dan lingkungan.

Tentang PT Tambang Semen Sukabumi

PT Tambang Semen Sukabumi (TSS) merupakan anak perusahaan SCG yang bergerak dalam penambangan Batu Gamping (Limestone) dan Lempung (Shale) yang ditujukan sebagai bahan dasar utama semen yang dipasok ke pabrik PT Semen Jawa.

Baca Juga: SCG Umumkan Hasil Operasi Kuartal Pertama Tahun 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved