August
26
2022
     11:58

Resmi! Investree Group Miliki 18,4% Saham Amar Bank

Resmi! Investree Group Miliki 18,4% Saham Amar Bank
ILUSTRASI. Kiri-kanan: Vishal Tulsian (Presiden Direktur Amar Bank) dan Adrian Gunadi (Co-Founder & CEO Investree Indonesia dan CEO Investree Regional).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID -  Investree Group resmi memiliki 18,4% saham PT Bank Amar Indonesia Tbk (“Amar Bank”). Pada bulan Mei, Investree Group dan Tolaram Group Inc. (“Tolaram”), pemegang saham pengendali Amar Bank, mengumumkan penandatanganan perjanjian transaksi untuk akuisisi saham minoritas signifikan oleh Investree Group di Amar Bank.

Selanjutnya pada bulan Juni, Investree Group mengakuisisi 10,9% dari seluruh saham Amar Bank yang ditempatkan dan disetor penuh. Kini, Investree Group telah menyelesaikan transaksi dan meningkatkan kepemilikan sahamnya menjadi 18,4%, sehingga mengukuhkan kepemilikan saham minoritas platform fintech lending terkemuka di Asia Tenggara untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ini terhadap Amar Bank.

Co-Founder & CEO Investree Indonesia dan CEO Investree Regional, Adrian Gunadi, mengatakan, “Investree menyambut langkah terbaru ini dengan antusiasme tinggi. Inisiatif ini merupakan bagian untuk menciptakan lintas kolaborasi yang kohesif antara fintech dan perbankan serta bersama-sama melakukan inovasi produk, menyediakan layanan pembiayaan digital dan solusi bisnis yang lebih terintegrasi, serta memperluas jangkauan ke calon debitur atau pelaku UMKM di kota-kota yang menjadi bagian dari jaringan Amar Bank.

Selain itu, akuisisi ini akan semakin memperkuat ekosistem solid milik Investree, yang memungkinkan peningkatan potensi strategis untuk memberdayakan UMKM di seluruh negeri. Setelah ini, kami berharap kami dapat mulai menjalankan inisiatif-inisiatif kunci yang disiapkan oleh Investree Group dan Amar Bank.”

Mengomentari akuisisi tersebut, Vishal Tulsian, Presiden Direktur Amar Bank, mengatakan, “Kemitraan strategis dengan Investree akan memperkuat posisi Amar Bank sebagai bank digital yang memanfaatkan teknologi untuk membawa dampak positif di negara ini. Investree adalah pemain fintech lending terbesar di Indonesia dengan fokus yang kuat pada segmen UKM.

Tunaiku, produk  Amar Bank adalah platform pinjaman digital untuk individu dan bisnis mikro berbasis Big Data yang terkuat, dan Senyumku adalah platform perbankan digital berbasis AI yang tercanggih. Neraca Amar yang kuat + pinjaman digital Tunaiku + perbankan digital Senyumku + Pinjaman UKM Investree + Ekosistem Investree = Siap menjadi Bank Digital Indonesia terkuat yang berfokus pada UMKM.”

Sejak transformasi digitalnya pada tahun 2014, Amar Bank telah berkembang pesat. Karyawannya meningkat dari total 17 orang pada tahun 2014 menjadi lebih dari 1000 orang pada tahun 2022 dan telah membawa pulang 28 penghargaan bergengsi sejak tahun 2017. Ini termasuk Penghargaan Implementasi Digital dari Majalah TOP Digital dan Penghargaan Perusahaan Asia Pasifik (APEA) pada tahun 2021. Secara konsisten menyediakan layanan kredit yang dapat diakses oleh semakin banyak masyarakat dan bisnis mikro, khususnya yang unbanked dan underserved, Amar Bank melalui Tunaiku telah menyalurkan lebih dari Rp8 triliun pinjaman, untuk membawa dampak positif bagi kehidupan lebih dari 575.000 nasabah.

Sementara Investree Group yang memiliki operasional di Indonesia di bawah PT Investree Radhika Jaya (“Investree”) berkomitmen untuk memperluas akses layanan keuangan bagi pelaku UMKM melalui solusi perbankan digital. Dengan mengakuisisi saham minoritas yang signifikan di Amar Bank, Investree Group percaya bahwa upayanya untuk meningkatkan inklusi keuangan dapat dipercepat.

Secara khusus, melalui sinergi yang kuat dengan Amar Bank, Investree Group bermaksud untuk mengembangkan produk-produk pembiayaan dan menawarkan solusi bisnis digital yang lebih luas untuk meningkatkan level operasional UMKM di seluruh negeri. Saat ini, Investree Group sendiri memiliki unit usaha yang bergerak di bidang credit-scoring inovatif dan solusi bisnis menyeluruh seperti e-invoicing dan manajemen stok.

Memanfaatkan ekosistem yang solid, Investree dan Amar Bank akan membangun bank digital untuk pelaku UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian negara, juga berkolaborasi silang dengan memaksimalkan produk-produk yang telah ada baik dari sisi Investree maupun Amar Bank untuk mengoptimalkan dukungan bagi UMKM.

Baca Juga: Investree Tambah Kepemilikan Saham di Bank Amar Menjadi 18,4%

Tentang Investree

Investree adalah perusahaan fintech lending yang mendapatkan Izin Usaha Perusahaan Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi dari Otoritas Jasa Keuangan. Misi kami adalah mengoptimalkan data dan teknologi untuk memberikan akses pembiayaan lebih mudah dan terjangkau bagi UKM selagi menghubungkan mereka dengan Lender yang ingin membantu dan memperoleh imbal hasil atraktif. Melalui kolaborasi dengan rekanan strategis dalam ekosistem digital dan keuangan serta inovasi produk dan layanan pembiayaan, Investree berkomitmen untuk terus menghadirkan solusi bisnis digital bagi UKM. Investree berbasis di Indonesia dan telah berekspansi ke Thailand dan Filipina.

Hingga Juli 2022, Investree berhasil membukukan catatan total fasilitas pinjaman Rp17,9 triliun dan nilai pinjaman tersalurkan Rp11,5 triliun dengan rata-rata tingkat imbal hasil +16,3 p.a. dan rata-rata TKB90: 96,38%. Investree juga dinobatkan sebagai “Best Fintech of the Year” oleh Majalah The Asset, “Best P2P Lending Platform for SMEs” oleh The Asian Banker, dan “The Expandable Company” oleh Mandiri Capital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved