August
02
2022
     10:35

Promosi Mandalika Track Walk, ITDC GRUP Gelar Mandalika Track Walk Experience

Promosi Mandalika Track Walk, ITDC GRUP Gelar Mandalika Track Walk Experience
ILUSTRASI. Pada Senin (1/8) ITDC, BUMN Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK Mandalika)/The Mandalika, bersama Mandalika Grand Prix of Association (MGPA) dan Xplorin sebagai bagian dari ITDC Group, menggelar program Mandalika Track Walk Experience.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Pada Senin (1/8), PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) BUMN Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK Mandalika)/The Mandalika, bersama Mandalika Grand Prix of Association (MGPA) dan Xplorin sebagai bagian dari ITDC Group, menggelar program Mandalika Track Walk Experience. 

Kegiatan Mandalika Track Walk Experience ini dihadiri oleh perwakilan BUMN di Lombok, asosiasi pariwisata, perhotelan, awak media, pemerintah daerah, dan komunitas lokal didampingi oleh Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis ITDC Arie Prasetyo, Direktur Teknik dan Operasi MGPA Samsul Purba dan Direktur Utama Xplorin Gemma Pratama. Selama kegiatan berlangsung, tamu-tamu undangan melakukan olahraga jalan kaki, berlari maupun bersepeda di lintasan.

Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis ITDC Arie Prasetyo menyampaikan, “Pada hari ini kami menyelenggarakan kegiatan Mandalika Track Walk Experience bagi pemangku kepentingan agar mereka dapat mengetahui dan merasakan kegiatan baru kami. Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang sudah menyempatkan waktunya untuk hadir pada acara pagi hari ini. Melalui kegiatan ini, kami ingin menunjukkan bahwa Pertamina Mandalika Circuit dapat digunakan berbagai macam aktivitas, tidak hanya untuk balapan. Kami berharap ke depan akan semakin banyak penyelenggara event yang memilih kawasan ini sebagai lokasi venue kegiatan mereka.”

Mandalika Track Walk, yang dikembangkan oleh MGPA dan Xplorin, merupakan produk dari umbrella brand Mandalika Xperiences yang bertujuan memberikan layanan bagi masyarakat luas untuk berkunjung dan berolahraga di Pertamina Mandalika Circuit seperti berjalan kaki, berlari dan bersepeda.

Xplorin adalah unit usaha ITDC yang fokus kepada bisnis manajemen perjalanan wisata dan ticketing system berbasis platform digital serta activation enabler. Sementara, MGPA merupakan unit usaha ITDC yang berfokus mempromosikan berbagai event yang diselenggarakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Direktur Utama Xplorin Gemma Pratama, “Sebagai unit usaha ITDC, kami berupaya melakukan inovasi-inovasi guna mendukung pengembangan bisnis ITDC. Salah satu inovasi kami yaitu Mandalika Track Walk yang mulai kami selenggarakan sejak 1 Juli lalu. Kami melihat potensi ekonomi yang besar dari atensi yang besar dari masyarakat terhadap Pertamina Mandalika Circuit dan potensi ini perlu kita gali semaksimal mungkin sehingga mendatangkan manfaat ekonomi yang besar bagi kita semua.”

“Berdasarkan hasil survei kami kepada pengunjung Mandalika Track Walk selama masa soft opening bulan Juli, diperoleh data bahwa 50 persen pengunjung berasal dari luar NTB dengan porsi terbanyak pengunjung berasal dari wilayah DKI Jakarta (32 persen), sementara 50 persen sisanya berasal dari NTB. Dan hampir semua responden survei menyatakan ingin datang kembali untuk mengikuti Mandalika Track Walk. Dengan adanya data tersebut, kami optimistis kegiatan ini dapat menarik semakin banyak pengunjung ke kawasan The Mandalika,” terang Gemma.

Mandalika Track Walk dibuka setiap hari Senin-Minggu mulai pukul 06.30 – 09.00 WITA. Khusus pada hari Sabtu dan Minggu, ada penambahan waktu di sore hari yaitu pada pukul 16.30 – 18.00 WITA. Untuk mengikuti aktivitas ini, masyarakat dapat mendaftar dan melakukan pembayaran tiket secara online melalui aplikasi Xplorin yang dapat diunduh pada Playstore maupun Apple Store.  

Tiket harian tersedia dengan harga Rp 150.000 per orang untuk Warga Negara Indonesia (WNI) dan Rp 250.000 per orang untuk Warga Negara Asing (WNA) berlaku untuk hari Senin-Jumat. Sementara untuk hari Sabtu dan Minggu, tiket dapat dibeli dengan harga Rp 200.000 per orang untuk WNI dan Rp 300.000 per orang untuk WNA.  

“Pembelian tiket melalui aplikasi Xplorin ini sangat mudah karena aplikasi ini sudah dilengkapi dengan sistem pembayaran yang beragam seperti QRIS, transfer melalui Virtual Account, hingga penggunaan kartu kredit. Xplorin juga memiliki fitur itenerary guide sehingga calon pengunjung Mandalika Track Walk juga dapat mengatur perjalanan mereka selama di Lombok khususnya di The Mandalika. Selain tiket untuk pengunjung individu, kami juga dapat melayani kebutuhan pengunjung yang ingin datang secara rombongan atau dari institusi melalui perjanjian secara B to B,” terang Gemma.

“Ke depan, ITDC Group akan terus menyiapkan program-program menarik lainnya seperti Mandalika Circuit Tour, Pengalaman Riding Bersama Pembalap, Safety Riding di Track, dan lainnya. Hal ini merupakan upaya ITDC Group terus melakukan inovasi program non-event balap guna memenuhi minat masyarakat untuk datang dan merasakan atmosfer Pertamina Mandalika Circuit. Kami berharap dukungan dari semua pemangku kepentingan agar acara ini dapat berjalan sukses sehingga menjadi ikon baru wisata di The Mandalika,” tutup Arie.  

Baca Juga: ITDC Terus Realisasikan Pembangunan Temporary Evacuation Shelter (TES) Guna Mitigasi

Tentang ITDC

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki lini bisnis membangun dan mengembangkan kawasan pariwisata di Indonesia. Selama 48 tahun, Perseroan telah membangun dan mengelola The Nusa Dua, kawasan pariwisata terpadu seluas 350 ha yang berlokasi di Bali bagian selatan, yang menjadi salah satu kawasan pariwisata terbaik di dunia. Dengan infrastruktur, akomodasi, dan fasilitas pertemuan yang berstandar internasional, membuat kawasan ini menjadi tuan rumah berbagai event resmi berskala internasional seperti APEC 2013, Bali Democratic Forum, Miss World 2013, dan IMF-World Bank Group Annual Meetings 2018.

Sejalan dengan strategi Pemerintah untuk meningkatkan sektor pariwisata menjadi sumber utama devisa negara dengan meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, ITDC ditugaskan untuk mengembangkan destinasi pariwisata di luar Pulau Bali. Dengan dukungan Pemerintah, ITDC memperoleh hak untuk mengembangkan dan mengelola The Mandalika di Lombok Tengah, NTB, dengan luas 1.175 hektar.  The Mandalika memiliki 16 km garis pantai yang indah dan dikelilingi bukit-bukit yang hijau, serta merupakan satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas atau ‘Bali Baru’ yang ditetapkan Pemerintah.

Pada tahun 2017 The Mandalika telah resmi beroperasi sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan sejak itu telah menarik Real Estate Investment sebesar USD 1,3 Milyar. Saat ini, The Mandalika tengah dibangun sebagai destinasi pariwisata kelas dunia, dengan berbagai fasilitas dan atraksi berstandar internasional, salah satunya Mandalika International Street Circuit, yang menjadi tempat penyelenggaraan event balap motor dunia World Superbike dan MotoGP mulai 2021.

ITDC merupakan bagian dari InJourney yang merupakan perusahaan holding pada ekosistem aviasi dan pariwisata sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2021 dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2022 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved