April
05
2022
     18:43

PORT membukukan pendapatan Rp1,3 triliun dan Laba Kotor Rp201 miliar di FY21

PORT membukukan pendapatan Rp1,3 triliun dan Laba Kotor Rp201 miliar di FY21
ILUSTRASI. Aktivitas bongkar muat di pelabuhan Tanjung Priok.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - – PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk (PORT), pada hari ini telah mengumumkan hasil audit laporan keuangan per 31 Desember 2021, di mana Perseroan yang berfokus pada bisnis operator terminal petikemas serta pengadaan dan pemeliharaan alat-alat pelabuhan mencatatkan peningkatan pendapatan sebesar 2,2% YoY menjadi Rp1,3 triliun di FY21 yang didorong oleh peningkatan kegiatan bongkar muat petikemas sepanjang tahun 2021.

Volume bongkar muat petikemas domestik di terminal yang dikelola PORT mengalami kenaikan sebesar 18,6% pada tahun 2021. Peningkatan aktivitas bongkar muat petikemas domestik yang dilakukan oleh Perseroan ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan peningkatan aktivitas bongkar muat di seluruh Pelabuhan Tanjung Priok yaitu sekitar 14,3%.

Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pangsa pasar PORT di terminal domestik pelabuhan terbesar di Indonesia, Tanjung Priok. Peningkatan pangsa pasar PORT di terminal domestik ini merupakan salah satu faktor penunjang kenaikan kinerja pendapatan di 2021 di segmen jasa pelabuhan (port services) menjadi sebesar Rp1,2 triliun atau, naik 8,51 % dibanding pendapatan di akhir tahun 2020.

Direktur Utama PORT, Paul Krisnadi, menyatakan ”Trafik bongkar muat petikemas dalam negeri tidak menurun sejak adanya pandemi, malahan meningkat sekitar 10% di tahun 2021 dibandingkan dengan tahun 2020. Hal ini menunjukkan kegiatan ekonomi dalam negeri selama masa pandemi berjalan cukup lancar.

Sepanjang tahun 2021, Perseroan tetap berfokus untuk meningkatkan efisiensi dan mengontrol biaya operasi dan tetap meningkatkan mutu pelayanan kepada pelanggan untuk memastikan agar throughput dapat dipertahankan dalam menghadapi berbagai tantangan.

Dan dengan keberhasilan usaha efisiensi yang dilakukan oleh Perseroan di semua lini usahanya, PORT berhasil mempertahankan beban langsung pada Rp1,1 triliun sama dengan pencapaian di akhir 2020, sehingga Laba Bruto meningkat 23% menjadi Rp201 miliar dibandingkan dengan Rp163 miliar di tahun 2020.”

Sebagai informasi, Laba Usaha berhasil dipertahankan di kisaran Rp30 miliar di tahun 2021, sementara Rugi Tahun Berjalan di Rp 83 miliar pada tahun 2021. Hal ini terutama disebabkan oleh adanya Rugi selisih kurs ditahun 2021 sebesar Rp43 miliar dimana di tahun 2020 tedapat keuntungan selisih kurs sebesar Rp12 miliar yang dibukukan oleh Perseroan.

Paul melanjutkan, adapun komoditas yang dimuat dalam petikemas yang dikelola oleh PORT kebanyakan adalah barang-barang manufactured dan consumer goods. Sementara dari petikemas internasional juga ada bahan atau komponen untuk industri dalam negeri. Disisi lain, untuk catatan trafik petikemas internasional yang dikelola oleh Perseroan sepanjang tahun 2021 terjadi penurunan sebesar 1,9% dimana volume petikemas internasional secara nasional naik sebesar 10,6%

“Meskipun trafik petikemas internasional Perseroan terjadi sedikit penurunan sepanjang tahun 2021, namun PORT optimis trafik bongkar muat petikemas internasional pada tahun ini dapat kembali tumbuh. Hal tersebut dilihat dari trafik bongkar muat di Pelabuhan internasional sepanjang kuartal pertama tahun 2022 yang telah kembali pulih seperti dengan trafik tahun 2019 sebelum adanya pandemi Covid-19. Hal ini menggambarkan bahwa masalah kekurangan petikemas yang mulai terjadi pada kuartal keempat tahun 2020 sudah teratasi dan kami berharap kinerja keuangan kami juga akan terus membaik di masa mendatang.” Tutup Paul.

Tentang PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk

PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk (PORT) adalah emiten yang bergerak pada bidang kepelabuhan yang berfokus pada pengoperasian terminal peti kemas, penyedia jasa operasi dan perawatan alat pelabuhan, suplai dan modifikasi peralatan pelabuhan. Didirikan pada Desember 2003 dengan nama PT Kharisma Mutiara Agung (KMA) yang secara resmi berganti nama menjadi PT Nusantara Pelabuhan Handal (NPH) pada November 2016, Perusahaan pertama kali mencatatkan saham perdananya di Bursa Efek Indonesia pada 16 Maret 2017 dengan kode saham PORT.

Melalui anak usahanya, yaitu PT Mustika Alam Lestari, PT PBM Adipurusa, Suksawat Terminal Company Ltd, PT Parvi Indah Persada. PORT mempunyai misi untuk menjadi pemain global di bisnis pelabuhan yang dikenal lewat reputasinya dalam menghadirkan solusi yang inovatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved