November
30
2023
     22:12

Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023:Sambut Ajang Balap Mobil Pertama di Mandalika

Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023:Sambut Ajang Balap Mobil Pertama di Mandalika
ILUSTRASI. ITDC bersama PT Mandalika Grand Prix Association Nusantara Jaya (MGPA), menyelenggarakan kegiatan press conference di Kantor InJourney yang terletak di Gedung Sarinah dalam rangkaian kesiapan event Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 yang digelar pada 8-10 Desember 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Menyambut ajang balap otomotif Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), bersama PT Mandalika Grand Prix Association Nusantara Jaya (MGPA), menyelenggarakan kegiatan press conference di Kantor InJourney yang terletak di Gedung Sarinah dalam rangkaian kesiapan event Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 yang digelar pada 8-10 Desember 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit.

Balap mobil ini merupakan kerjasama antara MGPA dengan Superstars Motor Sport dan Ikatan Motor Indonesia (IMI). Jenis kendaraan yang akan berlaga dalam gelaran ini adalah Porsche 911 GT3 Cup, sebuah mobil dengan bodi ringan dan spesifikasi turbo lebar yang tidak hanya memberikan tampilan yang mengesankan, tetapi juga memiliki kontribusi pada kontrol dan kelincahan seperti layaknya mobil balap.

PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, sebagai Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung menyambut baik kolaborasi yang dilakukan antara ITDC sebagai anggota Holding dari InJourney, Superstars Motorsport, dan IMI untuk menggelar ajang balap Porsche Sprint Challenge Indonesia di Pertamina Mandalika International Circuit.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono mengungkapkan ajang ini merupakan starting point untuk mengembangkan event and atraction di Mandalika untuk ajang  balap roda empat.

“Upaya-upaya dalam penyelenggaraan sebuah event and attraction ini merupakan suatu katalis dari pengembangan sebuah destinasi yang harus terus kita jaga. Tentunya, ajang ini merupakan salah satu upaya kami sebagai traffic puller agar pariwisata di KEK Mandalika terus berkembang,” ungkap Maya. Maya optimis dengan semakin banyaknya event yang dilaksanakan tentu akan menambah nilai jual kawasan di mata calon investor dan juga wisatawan yang akan berkunjung.

Direktur Operasi ITDC Troy Warokka mengatakan, “Sebagai destinasi wisata sport and enterntainment tourism, tentunya kami terus berupaya untuk menjadikan The Mandalika sebagai event bertaraf internasional yang unggul. Kehadiran Porsche Sprint Challenge Indonesia merupakan langkah konkret menuju visi ini.

Kami yakin dengan adanya event-event prestise seperti Porsche Sprint Challenge ini tak hanya akan memperkuat posisi sirkuit kami sebagai destinasi sport tourism yang menarik, tetapi juga akan memberikan dampak positif bagi ekonomi dan masyarakat lokal di sekitarnya.”

Sementara, Direktur Utama MGPA Priandhi Satria menyatakan, "Sudah datang sepuluh unit mobil balap Porsche 911 GT3 Cup di Pertamina Mandalika International Circuit. Bagi kami, mobil ini merupakan suatu simbol keistimewaan dan prestise dalam dunia balap. Porsche Sprint Challenge Indonesia juga menjadi landasan bagi pengembangan bakat-bakat muda di dunia balap Indonesia.

Melalui program pelatihan dan pengembangan yang terintegrasi serta platform yang memadai, Priandhi berharap kehadiran Pertamina Mandalika International Circuit dapat melahirkan pembalap-pembalap handal yang tidak hanya dapat bersaing di tingkat nasional, tetapi juga mewakili Indonesia dalam ajang balap internasional.”

Porsche Sprint Challenge Indonesia dilisensikan dan dioperasikan oleh Supersport Motorsport, perusahaan motor sport yang berbasis di Mandalika, NTB, dan memiliki dukungan penuh dari Porsche Indonesia. Event ini telah mendapatkan homologasi untuk menggelar ajang balap Roda-4 melalui dukungan pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan IMI-NTB.

CEO PT Star Motorsport Indonesia (Superstars Motorsport) Bagoes Hermanto mengungkapkan, “Musim balapan Porsche Sprint Challenge Indonesia pertama di Pertamina Mandalika International Circuit membuat pelanggan serta pembalap kami bersemangat.

Dalam beberapa hari mendatang kami akan bekerja sama secara erat dengan para pemangku kepentingan seperti Ikatan Motor Indonesia, Injourney, ITDC dan MGPA untuk mempersiapkan balapan Porsche Sprint Challenge Indonesia yang pertama.

Superstars Motor Sport dan MGPA sangat bersemangat untuk menjadi tuan rumah series balapan dengan mobil Porsche 911 GT3 Cup baru dan segera menyambut pembalap Indonesia di Pertamina Mandalika International Circuit”.

Pada musim 2023, balapan Porsche Sprint Challenge Indonesia akan digelar sebanyak 3 kali di Pertamina Mandalika International Circuit, yaitu 8-10 Desember 2023, 12-14 Januari 2024 dan 26-28 Januari 2024.

Setiap putaran balap terdiri dari Sprint Race dengan durasi 30 menit dan Endurance Race selama 45 menit. 10 mobil balap Porsche 911 GT3 Cup siap berlaga pada musim perdana Porsche Sprint Challenge Indonesia.

Selain itu, General Manager Porsche Indonesia Alexander Riedel mengungkapkan kegembiraannya, “Porsche Indonesia sangat antusias untuk menjadi bagian dari Porsche Sprint Challenge Indonesia yang pertama, berbagi kekayaan DNA motorsport kami dengan para penggemar balap lokal.

Dengan sejarah balap yang panjang dan bertingkat di berbagai disiplin ilmu, Porsche mewakili semangat yang tersulut, presisi yang tak tergoyahkan, dan semangat kompetisi yang membara dalam olahraga motor. Kami menantikan untuk melihat para pembalap pro-am dan amatir berkompetisi di trek pada Porsche 911 GT3 Cup musim ini, dan memberikan kesempatan kepada para penggemar untuk menyaksikan aksinya dari dekat.”

Salah satu pembalap Porsche Sprint Challenge Indonesia, Budiyanto turut antusias dengan penyelenggaraan event “Saya sebagai salah satu peserta Porsche Sprint Challenge Indonesia sangat antusias dan menunggu balapan mobil yang prestisius, yang pertama kali diadakan di Indonesia dan di Pertamina Mandalika International Circuit. Harapannya nantinya balapan ini akan menjadi mercusuar untuk perkembangan dunia otomotif di Indonesia untuk masuk ke jajaran elite otomotif dunia dan menjadi ajang sport tourism yang bisa membawa nilai ekonomi bagi Indonesia.”

Sebagai informasi tambahan, pengunjung dapat menikmati event balap ini secara gratis di Grandstand A. Sementara itu, akses ke paddock selama 3 hari tersedia dengan harga mulai dari Rp300.000 dan sudah termasuk pajak. Paddock adalah area kerja bagi mekanik tim balap dan administrasi sirkuit, sehingga dapat memberikan pengalaman lebih eksklusif bagi pengunjung yang ingin lebih dekat dengan pembalap.

Tentang ITDC

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang memiliki lini bisnis membangun dan mengembangkan kawasan pariwisata di Indonesia. Selama 49 tahun, Perseroan telah membangun dan mengelola The Nusa Dua, kawasan pariwisata terpadu seluas 350 hektar yang berlokasi di Bali bagian selatan, yang menjadi salah satu kawasan pariwisata terbaik di dunia.

Dengan infrastruktur, akomodasi, dan fasilitas pertemuan yang berstandar internasional, membuat kawasan ini menjadi tuan rumah berbagai event resmi berskala internasional seperti APEC 2013, Bali Democratic Forum, Miss World 2013, dan IMF-World Bank Group Annual Meetings 2018 dan Presidensi G20 pada 2022.

Sejalan dengan strategi Pemerintah untuk meningkatkan sektor pariwisata menjadi sumber utama devisa negara dengan meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, ITDC ditugaskan untuk mengembangkan destinasi pariwisata di luar Pulau Bali.

Dengan dukungan Pemerintah, ITDC memperoleh hak untuk mengembangkan dan mengelola The Mandalika di Lombok Tengah, NTB, dengan luas 1.175 hektar. The Mandalika memiliki 16 km garis pantai yang indah dan dikelilingi bukit-bukit yang hijau, serta merupakan satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas atau ‘Bali Baru’ yang ditetapkan Pemerintah.

Pada tahun 2017 The Mandalika telah resmi beroperasi sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan sejak itu telah menarik Real Estate Investment sebesar USD 1,3 Milyar. Saat ini, The Mandalika tengah dibangun sebagai destinasi pariwisata kelas dunia, dengan berbagai fasilitas dan atraksi berstandar internasional, salah satunya Pertamina Mandalika International Circuit, yang menjadi tempat penyelenggaraan event balap motor dunia World Superbike dan MotoGP mulai 2021.

ITDC merupakan bagian dari InJourney yang merupakan perusahaan holding pada ekosistem aviasi dan pariwisata sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2021 dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2021.

Tentang MGPA   

Mandalika Grand Prix Association (MGPA) merupakan unit usaha ITDC, yang memiliki bisnis utama mengelola event “motor sport & tourism” dan mengoperasikan Pertamina Mandalika International Circuit. Produk dan layanan utama MGPA adalah penyelenggaraan event, penyediaan fasilitas pembalap, penyediaan logistik dan akomodasi, dan promosi serta penjualan tiket. MGPA telah dipercayakan oleh ITDC untuk mengambil alih kontrak dan tanggung jawab pelaksanaan Promotor’s Agreement antara ITDC dan Dorna Sports untuk penyelenggaraan MotoGP dan World Superbike di Sirkuit Mandalika mulai 2021 dan tahun-tahun selanjutnya.

Baca Juga: 50 Tahun Perjalanan ITDC Menjadi Pengembang&Pengelola Kawasan Pariwisata Terintegrasi

Selanjutnya: Hingga Kamis Malam, 33 RT di Jakarta Masih Terendam Banjir

Menarik Dibaca: Simak Kandungan dari Tulus Skin yang Katanya Aman untuk Semua Jenis Kulit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved