October
23
2024
     12:54

Plastic Bank Berhasil Kumpulkan Setara 7 Milyar Botol Plastik

Plastic Bank Berhasil Kumpulkan Setara 7 Milyar Botol Plastik
ILUSTRASI. Komunitas dan mitra Plastic Bank merayakan pencapaian yang sering dianggap mustahil—yaitu memberdayakan lebih dari 50.000 anggota komunitas untuk mengumpulkan 140 juta kilogram sampah plastik dari lingkungan. Jumlah ini setara dengan 7 miliar botol plastik—yang dapat menutupi 3.354 lapangan sepak bola—dimana plastik ini berhasil didaur ulang sehingga tidak berakhir di lautan atau di TPA.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Komunitas dan mitra Plastic Bank merayakan pencapaian yang sering dianggap mustahil—yaitu memberdayakan lebih dari 50.000 anggota komunitas untuk mengumpulkan 140 juta kilogram sampah plastik dari lingkungan. Jumlah ini setara dengan 7 miliar botol plastik—yang dapat menutupi 3.354 lapangan sepak bola—dimana plastik ini berhasil didaur ulang sehingga tidak berakhir di lautan atau di TPA.

Tapi kenyataannya kita masih tenggelam dalam polusi plastik. Pencapaian ini bukan sekadar perayaan; tapi ini adalah panggilan untuk bangkit bersama dan bergerak lebih cepat untuk mengatasi polusi plastik.

Dengan permasalah lingkungan yang semakin mendesak, menjalankan bisnis seperti biasa sudah tidak relevan lagi. Kesuksesan tidak lagi dapat diukur hanya dengan keuntungan semata; tapi sukses harus juga disertai oleh dampak nyata yang diciptakan untuk kelestarian planet bumi dan kesejahteraan masyarakat.

Di balik volume plastik terbesar yang dikumpulkan secara manual di dunia ini, ada 500 perusahaan yang berani melakukan kontribusi nyata, yang bukan hanya sekadar memenuhi ‘tanggung jawab sosial perusahaan’. Perusahaan-perusahaan tersebut memilih untuk menjadi pelopor dan teladan dalam mendefinisikan kembali kesuksesan yang bisa dicapai dengan menyelaraskan keuntungan finansial dan keberlanjutan.

"Kita harus berhenti menunggu orang lain untuk menyelamatkan kita," kata David Katz, Pendiri dan CEO Plastic Bank. “140 juta kilogram plastik adalah jumlah yang sangat besar namun juga hanyalah tetesan kecil di lautan. Yang kita butuhkan adalah perubahan radikal. Sekarang bukan saatnya melakukan inisiatif di permukaan – tetapi tidak membawa perubahan nyata. Sekarang saatnya bagi perusahaan, influencer, dan masyarakat untuk bangkit dan memprioritaskan kesejahteraan bagi seluruh lapisan masyarakat— bukan hanya segelintir orang yang beruntung.”

Polusi plastik bukanlah masalah orang lain—ini adalah masalah kita bersama. 7 miliar botol plastik yang terkumpul bukan hanya tentang sampah plastik tetapi juga tentang kehidupan manusia—puluhan ribu anggota komunitas yang telah mengubah sampah menjadi material berharga, turut mendapatkan peningkatan pendapatan serta akses kepada berbagai program sosial.

Program Plastic Bank bukanlah kegiatan amal; tapi suatu bentuk pemberdayaan masyarakat. Perubahan ini membutuhkan keterlibatan kita semua. Apa yang menghalangi Anda atau perusahaan Anda untuk bergabung dalam gerakan ini dan menjadi bagian dari solusi? Kita semua terlibat di dalamnya, dan apa yang kita putuskan dan lakukan saat ini akan membentuk masa depan umat manusia dan planet kita.

Melakukan ‘bisnis secara biasa’ sudah terbukti gagal jika dibandingkan dengan ‘bisnis yang berkelanjutan untuk kebaikan’. Plastic Bank’s Impact Membership menawarkan cara praktis bagi perusahaan untuk berkontribusi secara langsung dalam mengurangi dampak negatif bagi lingkungan sambil memperkuat nilai perusahaan dan loyalitas pelanggan yang menuntut perusahaan agar bergerak ke arah keberlanjutan dan bukan sekadar janji belaka.

Sekarang saatnya bagi perusahaan untuk keluar dari tindakan-tindakan simbolis dan melakukan kontribusi nyata untuk menciptakan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat yang dapat terukur. Bergabunglah dengan gerakan ini hari ini juga untuk melawan polusi plastik dan kemiskinan. Anda dapat mulai berkontribusi untuk kumpulkan 100 botol plastik pertama secara gratis di sini.

Tentang Plastic Bank

Plastic Bank adalah perusahaan sosial dengan program pengumpulan botol plastik daur ulang yang membantu mengurangi kemiskinan dan polusi plastik. Anggota komunitas menukar plastik dengan uang dan berbagai program sosial. Plastic Bank menggunakan platform berbasis blockchain untuk mencatat pengumpulan plastik, mendistribusikan insentif dan menyediakan laporan data lingkungan.

Individu dan perusahaan dapat mengurangi dampak negatif mereka terhadap lingkungan dan mendukung komunitas melalui Impact Membership. Mitra perusahaan akan mendapatkan berbagai material untuk mempublikasikan dampak mereka, serta mengajak pelanggannya untuk bergabung dan bertumbuh bersama.

Botol plastik yang dikumpulkan akan diproses menjadi material daur ulang untuk digunakan dalam ekonomi sirkuler. Plastic Bank berkantor pusat di Kanada, dan beroperasi di Filipina, Indonesia, Brazil, Mesir, Thailand dan Kamerun. PlasticBank® dan Social Plastic® adalah merek dagang The Plastic Bank Recycling Corporation.

Baca Juga: ESTA Corporations Lihat Dampak Bisnis Keberlanjutan Kunjungan Komunitas Plastic Bank

Selanjutnya: 5 Manfaat Makan Terong untuk Tubuh Anda, Bisa Turunkan Berat Badan lho!

Menarik Dibaca: 5 Manfaat Makan Terong untuk Tubuh Anda, Bisa Turunkan Berat Badan lho!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved