August
29
2024
     20:44

ESTA Corporations Lihat Dampak Bisnis Keberlanjutan Kunjungan Komunitas Plastic Bank

ESTA Corporations Lihat Dampak Bisnis Keberlanjutan Kunjungan Komunitas Plastic Bank
ILUSTRASI. Plastic Bank menyambut ESTA Corporations dalam kunjungannya ke komunitas pengumpul plastik di Rajeg, Tangerang. Tim ESTA Corporations menyaksikan secara langsung dampak signifikan dari kemitraan mereka dalam menghentikan polusi plastik dan membantu mengurangi kemiskinan di Indonesia.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Plastic Bank menyambut ESTA Corporations dalam kunjungannya ke komunitas pengumpul plastik di Rajeg, Tangerang. Tim ESTA Corporations menyaksikan secara langsung dampak signifikan dari kemitraan mereka dalam menghentikan polusi plastik dan membantu mengurangi kemiskinan di Indonesia.

Dalam kunjungan tersebut, ESTA Corporations melihat bagaimana sistem dan aplikasi Plastic Bank telah mengubah pengepulan konvensional menjadi cabang pengumpulan plastik yang terdigitalisasi. Anggota komunitas Plastic Bank dapat menukar plastik dengan uang tambahan dan berbagai manfaat sosial seperti voucher belanja bulanan, BPJS Kesehatan, dan BPJS Ketenagakerjaan.

Mirsa Saputra, mitra pengepul Plastic Bank di Tangerang, berbagi kisahnya, “Bergabung dengan Plastic Bank pada tahun 2021 adalah salah satu keputusan terbaik yang pernah saya buat. Sejak saat itu, saya melihat loyalitas anggota saya semakin bertumbuh, sehingga mereka konsisten membawa plastik ke gudang pengepul saya karena mereka bisa mendapatkan penghasilan tambahan melalui aplikasi PlasticBank dan juga berbagai manfaat sosial.

Pendapatan saya sendiri juga meningkat drastis, sehingga saya dapat membeli tiga mesin pengepres bal tambahan dan lahan baru untuk memperluas operasional gudang saya. Saya berharap lebih banyak perusahaan seperti ESTA Corporations yang bermitra dengan Plastic Bank untuk mendukung komunitas kami.”

Sejak bermitra dengan Plastic Bank pada tahun 2023, ESTA Corporations telah mendukung pengumpulan 60.000 kilogram plastik—setara dengan 3 juta botol 500 ml—dan mencegahnya dari pencemaran lingkungan. Dampak lingkungan dan sosialnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang kurang mampu, memberi mereka pendapatan tambahan dan manfaat sosial yang meningkatkan kualitas hidup mereka.

Didirikan pada tahun 2009, ESTA Corporation adalah suatu grup perusahaan yang beroperasi dalam berbagai bidang termasuk properti, perbankan, lembaga keuangan non bank, dan teknologi. Misi perusahaan ini adalah menumbuhkan semangat kewirausahaan di kalangan masyarakat Indonesia dan mengembangkan properti yang mendukung kebutuhan pariwisata dan bisnis di seluruh negeri.

Yefta Surya Gunawan, CEO ESTA Kapital, turut hadir dalam kunjungan ke komunitas Plastic Bank dan menyampaikan pandangannya tentang kemitraan tersebut "Kemitraan kami dengan Plastic Bank merupakan langkah strategis dalam mewujudkan visi ESTA Corporations untuk tidak hanya berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi, tetapi juga mendukung keberlanjutan lingkungan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kami percaya bahwa melalui kolaborasi ini, kami dapat menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi lingkungan dan komunitas sekitar, serta menginspirasi lebih banyak perusahaan untuk mengambil tindakan serupa."

“Perubahan sejati dimulai ketika perusahaan menyadari peran mereka dalam membentuk masa depan. Kemitraan ESTA Corporations dengan Plastic Bank bukan hanya tentang pengumpulan plastik; tetapi juga tentang mendefinisikan ulang arti suatu perusahaan yang bertanggung jawab dan berdampak.

Kolaborasi ini adalah pengingat yang penting bahwa ketika perusahaan berkomitmen pada keberlanjutan, mereka dapat mengubah kehidupan masyarakat dan menjaga kelestarian planet kita,” kata Frederick Saman, Country Manager Indonesia, Plastic Bank.

Plastic Bank berdedikasi untuk membantu bisnis mendorong pertumbuhan dan dampak yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan mengintegrasikan keberlanjutan ke dalam bisnis mereka. Perusahaan dari berbagai ukuran dapat berlangganan Impact Subscription Plastic Bank, yaitu mendukung pengumpulan sejumlah botol plastik oleh anggota komunitas yang terlacak secara digital.

Melalui Impact Account, setiap subscriber akan mendapatkan akses ke berbagai materi komunikasi untuk mempublikasikan komitmen mereka terhadap praktik regeneratif dan ekonomi yang berkelanjutan secara efektif.

Materi yang disediakan termasuk foto, video,  cerita inspiratif, dan konten media sosial yang autentik dari komunitas Plastic Bank; halaman web khusus yang menyajikan data dampak nyata mereka secara langsung; materi pemasaran untuk toko retail; dan sertifikat dampak yang menyajikan jumlah plastik yang telah dikumpulkan dari lingkungan, melalui dukungan bisnis tersebut.

Sejak 2019, lebih dari 22.800 anggota komunitas Plastic Bank Indonesia telah mengumpulkan 70 juta kilogram plastik — setara dengan 3,5 miliar botol plastik PET 500 ml — dari lingkungan. Pelajari bagaimana Impact Subscription Plastic Bank dapat menguntungkan bisnis Anda di plasticbank.com/small-business.

Tentang Plastic Bank
Plastic Bank adalah sebuah perusahan sosial dengan program pengumpulan botol plastik yang membantu mengentaskan kemiskinan dan menghentikan polusi plastik secara global.

Anggota komunitas Plastic Bank mengumpulkan dan menukarkan plastik daur ulang dengan uang dan berbagai manfaat sosial. Pengumpulan plastik yang terlacak secara digital, distribusi insentif bagi komunitas, dan laporan dampak terverifikasi disajikan melalui platform blockchain kami.

Masyarakat dan dunia usaha mengurangi environmental footprint mereka dan mendukung komunitas kami melalui program Impact Subscription. Pelanggan dapat mengakses berbagai berbagai material publikasi untuk memberitakan dampak mereka, mengundang pelanggan mereka untuk bergabung dan berkembang bersama.

Botol plastik yang terkumpul diproses kembali menjadi bahan baku daur ulang yang digunakan dalam ekonomi sirkular.

Plastic Bank berkantor pusat di Kanada dan beroperasi di Filipina, Indonesia, Brasil, Mesir, Thailand, dan Kamerun.

PlasticBank dan Social Plastic adalah merek dagang dari The Plastic Bank Recycling Corporation.

Tentang ESTA Corporations

ESTA Corporation adalah sebuah grup perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan dan pariwisata. Didirikan pada tahun 2009, Esta Corporation memiliki nilai-nilai bisnis yang berkelanjutan, yang mendorongnya untuk menyediakan produk dan layanan dengan kualitas terbaik untuk menciptakan pertumbuhan yang stabil di setiap aspek bisnis perusahaan.

Baca Juga: Esta Corporations Dorong Digitalisasi UMKM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini

Butuh Pengobatan Jika Terinfeksi MPOX

14 SEPTEMBER 2024 / 11:58 WIB

2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved