August
04
2022
     20:36

Pertama Kali di Indonesia, IPCC Gelar Kursus Bahasa Inggris dari Sabang - Merauke

Pertama Kali di Indonesia, IPCC Gelar Kursus Bahasa Inggris dari Sabang - Merauke
ILUSTRASI. Rio T.N. Lasse, Direktur Utama IPCC pada pembukaan program CSR berskala nasional IPCC English Program for Indonesia , 3 Agustus 2022 di Ciawi.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - IPCC Terminal Kendaraan sebagai bagian dari PT Pelindo menggandeng Ruangguru, perusahaan teknologi pendidikan terbesar di Asia Tenggara, untuk menggelar program CSR berskala nasional “IPCC English Program for Indonesia”. Program ini menjadi yang pertama di Indonesia karena melibatkan siswa dari Sabang sampai Merauke dengan mengandalkan teknologi digital di era pemulihan pandemi.

Program beasiswa kursus bahasa Inggris untuk kelas 12 ini berlangsung selama 3 bulan mulai dari 1 Agustus 2022 dengan jumlah penerima total 100 siswa dari 18 provinsi (Banda Aceh, Sumatera Utara, Riau, Bandar Lampung, Banten, DKI Jakarta, Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua).

Tak hanya bagi IPCC, program beasiswa Bahasa Inggris ini juga merupakan terobosan baru dari Ruangguru. Program ini dilandasi oleh tingginya antusiasme generasi muda untuk belajar bahasa Inggris serta komitmen pemerintah untuk mendukung perluasan program beasiswa dalam upaya mencetak SDM unggul. Tingginya antusiasme dari siswa terbukti dari banyaknya pendaftar program yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk Merauke bahkan pulau-pulau kecil lainnya.

Berangkat dari semangat G20, “Recover Together, Recover Stronger” IPCC bertekad untuk membangkitkan kembali semangat generasi muda Indonesia untuk belajar dan berkembang pada era transformasi sistem pendidikan berbasis digital. Selaras dengan semangat baru IPCC, “Beyond The Gate”, untuk menjadi pendobrak keterbatasan akses pendidikan yang sebelumnya kurang terjangkau oleh generasi muda di pelosok, kini dapat diakses dengan lebih mudah berkat adanya teknologi digital.

“Dengan adanya program ini, IPCC berharap tidak ada lagi kekhawatiran generasi muda Indonesia dalam mengakses pendidikan, khususnya bahasa asing. Target kami adalah peningkatan kualitas SDM Indonesia agar mampu berkembang dan bersaing secara global. Di tahun perdana ini, kami khususkan untuk kelas 12 agar tahun depan mereka bisa persiapkan diri untuk melanjutkan sekolah ke jenjang perkuliahan, membuka lapangan pekerjaan baru, atau masuk ke dunia kerja,” ujar Rio T.N. Lasse, Direktur Utama IPCC pada pembukaan program, 3 Agustus 2022 di Ciawi.

“Melihat antusiasme generasi muda yang cukup tinggi akan program ini, IPCC bertekad untuk menyelenggarakan program ini secara rutin setiap tahunnya dengan menyasar generasi muda yang lebih beragam baik secara jenjang maupun daerah tempat tinggal,” lanjut Rio.

“Saya bangga sekali bisa terpilih dalam program ini. Saya tinggal di ujung timur Indonesia, tak ada banyak pilihan untuk kursus bahasa Inggris. Waktu lihat program ini buka secara online untuk siswa SMA seluruh Indonesia, saya antusias sekali untuk daftar. Ternyata saya lolos dan bisa belajar bahasa Inggris gratis berkat IPCC. Bukan hanya belajar, saya juga bisa kenalan dengan teman-teman dari daerah lain. Terima kasih kepada IPCC dan Ruangguru yang sudah membuat program ini untuk anak-anak Indonesia. Terima kasih IPCC, sudah menjawab keinginan kami,” ujar Junita Anjela, siswi asal Merauke, Papua.

“Ruangguru mengapresiasi kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan oleh IPCC untuk menjadi bagian dari program CSR ini, karena tujuan yang dibawa IPCC sejalan dengan visi Ruangguru yaitu untuk memberikan akses pendidikan berkualitas bagi siswa-siswi di Indonesia, dalam hal ini untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris siswa. Tentunya semangat untuk meningkatkan pendidikan ini kami sambut baik dengan menghadirkan pengajar dan modul yang berkualitas. Ruangguru percaya kolaborasi program CSR dengan IPCC selaku bagian dari perusahaan BUMN terkemuka di Indonesia, akan memberikan dampak positif untuk masyarakat,” ujar Arman Wiratmoko, SVP Corporate Strategy and Finance Ruangguru.

IPCC, Leading to be The World Class Car Terminal Ecosystem

Baca Juga: Indonesia Kendaraan Terminal (IPCC) yakin bisnis terminal kendaraan mendulang cuan

Tentang IPCC:

IPCC Terminal Kendaraan merupakan anak usaha PT Pelindo Multi Terminal yang merupakan SubHolding dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero). IPCC memberikan jasa pelayanan terminal kendaraan yang meliputi Stevedoring, Cargodoring, Receiving, dan Delivery. IPCC Terminal Kendaraan tidak hanya menyediakan jasa terminal untuk mobil, tapi juga untuk alat berat, truk, bus, dan suku cadang.

Selain itu, IPCC juga melayani pelayanan jasa lainnya, yaitu Vehicle Processing Center (VPC), Equipment Processing Center (EPC), Port Stock, dan Transhipment Roro Services.
IPCC Terminal Kendaraan memiliki beberapa keunggulan, diantaranya satu-satunya perusahaan pengelola terminal komersial yang memberikan jasa pelayanan terminal kendaraan di negara terpadat ke-4 di dunia dengan pertumbuhan permintaan yang cukup tinggi; memiliki 100% captive market untuk ekspor-impor kendaraan di Indonesia; memiliki marjin bisnis yang menarik; hingga didukung oleh basis pelanggan yang solid.

Pasca IPO saham pada 9 Juli 2018, persentase kepemilikan saham PT Pelindo II (Persero) sebesar 71,3%, PT Multi Terminal Indonesia sebesar 0,7% dan Publik sebesar 28,0%. Pasca bergabungnya Pelindo 1, 2, 3, dan 4 (Persero) kepemilikan IPCC Terminal Kendaraan, melalui proses inbreng saham, berpindah ke PT Pelindo Multi Terminal yang merupakan SubHolding dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero). Adapun wilayah operasional IPCC selain di Tanjung Priok, Jakarta juga berada di Terminal Panjang, Lampung; Terminal Gresik; dan Terminal RoRo Dwikora, Pontianak. Pada 2022, IPCC melebarkan sayapnya ke sejumlah Terminal lainnya diantaranya Terminal RoRo Belawan, Medan dan Terminal RoRo Makasar serta melakukan penjajakan dengan sejumlah Terminal Kendaraan lainnya di wilayah kerja Pelindo.

Tentang Ruangguru :
Ruangguru merupakan perusahaan teknologi pendidikan terbesar di Asia Tenggara yang telah digunakan oleh lebih dari 38 juta pengguna di Indonesia, Thailand, dan Vietnam. Ruangguru menyediakan berbagai layanan belajar berbasis teknologi, seperti: video belajar berlangganan, bimbingan belajar langsung, sistem tata kelola pembelajaran untuk sekolah, pelatihan soft skills online, dan aplikasi pelatihan untuk korporasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2022 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved