October
28
2023
     21:46

Persiapkan UMKM Hadapi Festival Belanja Akhir Tahun, Lazada Gelar Seller Conference

Persiapkan UMKM Hadapi Festival Belanja Akhir Tahun, Lazada Gelar Seller Conference
ILUSTRASI. Chief Executive Officer Lazada Indonesia, James Chang dalam Lazada Seller Conference Level Up 2023.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Melesatnya ekonomi digital Indonesia dengan adanya kehadiran platform eCommerce sebagai katalis, telah membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melebarkan jangkauan penjual ke ranah online. Riset Populix 2023 di sisi lain juga menunjukkan eCommerce (82%) menjadi pilihan mayoritas masyarakat Indonesia untuk membeli produk elektronik, kebutuhan rumah tangga, dan kesehatan dibandingkan media sosial (13%).

Untuk membantu UMKM menangkap peluang ini, terutama jelang festival belanja akhir tahun, Lazada Indonesia menggelar Lazada Seller Conference: Level Up 2023 yang telah digelar sejak 2019 lalu.

Dibuka oleh Menteri Perdagangan (Mendag), Republik Indonesia, Zulkifli Hasan, Lazada Seller Conference 2023 menjadi upaya Lazada meningkatkan pengetahuan bisnis dan juga membuka wawasan para pelaku UMKM dengan tren terkini.

Acara ini  juga bertujuan untuk mempersiapkan para penjual di Lazada menghadapi festival belanja online akhir tahun, yang dikenal juga dengan istilah Festival Belanja Online 11.11 dan 12.12.

Mendag Zulkifli Hasan mengapresiasi Lazada Seller Conference 2023 dalam sambutan singkat melalui video singkatnya. “Pemerintah baru saja menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 Tahun 2023 dalam rangka menciptakan persaingan usaha yang sehat dan melindungi produk UMKM.

Kementerian Perdagangan akan terus bersinergi dengan industri e-commerce di Indonesia untuk menciptakan lingkungan eCommerce yang aman, nyaman, dan bermanfaat bagi semua. Selamat dan sukses atas terselenggaranya Lazada Seller Conference 2023.

Semoga acara ini dapat menjadi wadah bagi para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya. Mari kita majukan perdagangan yang lebih adil dan Bangga Buatan Indonesia," kata Zulkifli.

Selain dibuka oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan, acara Lazada Seller Conference: Level Up 2023 diisi oleh berbagai pembicara dari Lazada, termasuk Chief Executive Officer Lazada Indonesia, James Chang, Chief Marketing Officer Lazada Indonesia, Intan Ayu Kartika, serta Head of Seller Development and Sales Operations, Lazada Indonesia Stefan Winata. Berbagai sesi dalam acara ini juga menghadirkan Motivator & CEO Tribelio, Denny Santoso serta perwakilan jenama besar di Lazada seperti Lizzie Parra (BLP), Haykal Kamil (ZM by Zaskia Mecca), dan Jason Edward (EIGER).

Lazada Seller Conference 2023 kali ini dengan mengambil tema “Ada Dukungan Suksesmu di Lazada” menjadi penegasan komitmen Lazada untuk memberdayakan penjual melalui fitur dan teknologi yang dapat meningkatkan bisnis, sekaligus juga menjalin hubungan dengan penjual, dan jenama dalam semaraknya perayaan festival belanja online akhir tahun yang akan datang melalui program 11.11 dan Harbolnas 12.12.

Chief Executive Officer Lazada Indonesia, James Chang dalam pidatonya menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya bagi para pelaku UMKM di Lazada yang berkeinginan untuk terus belajar dan serius mengembangkan bisnisnya. James mengatakan bahwa semua dukungan yang dibutuhkan UMKM #AdadiLazada, dan Lazada akan terus membuka kesempatan bagi UMKM Indonesia untuk berkembang di dalam ekosistem Lazada.

Peserta yang hadir di acara ini merupakan perwakilan dari pelaku UMKM dan brand lokal Indonesia yang memang serius ingin mengembangkan bisnisnya di Lazada. Seluruh materi yang dihadirkan di Lazada Seller Conference ini dikurasi dan disusun sedemikian rupa untuk memastikan kesesuaian wawasan dan informasi yang dapat langsung diimplementasikan pada bisnis mereka.

Head of Seller Development and Sales Operations Lazada Indonesia, Stefan Winata juga hadir dalam Lazada Seller Conference dan memaparkan berbagai inovasi dan dukungan Lazada yang bisa membantu penjual di Lazada untuk fokus meningkatkan penjualannya.

Dalam presentasinya, Stefan mengungkapkan, “Inovasi Lazada dalam gamification serta penggunaan otomasi kecerdasan buatan (artificial intelligence – AI) dalam berbagai fitur diyakini bisa menarik lebih banyak pelanggan untuk berbelanja di Lazada. Kami mendorong para penjual di Lazada untuk mengoptimalkan penggunaan berbagai fitur Lazada untuk siap dalam menghadapi festival belanja akhir tahun mendatang.”

Beberapa eksekutif Lazada lainnya turut memberikan pemaparan mengenai penggunaan berbagai fitur Lazada yang bisa membantu menavigasi penjual mencapai sukses.

Untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan, serta lebih memotivasi para UMKM yang hadir di Lazada Seller Conference, CEO ZM by Zaskia Mecca, Haykal Kamil, CMO BLP Beauty, Lizzie Parra, dan Marketing General Manager EIGER, Jason Edward hadir sebagai panelis dalam sesi bertemakan Unleashing the Power of Strategic Investment. Di sesi ini, para panelis berdiskusi mengenai bagaimana mereka melakukan investasi strategis untuk pengembangan jenama mereka hingga menjadi bisnis yang besar dan sukses.

Acara Lazada Seller Conference ditutup dengan talk show seru bersama digital expert dan serial entrepreneur, Denny Santoso, yang juga CEO & Founder Tribelio.com. Dalam sesi talk show berjudul “Siap Menang di Era Pasar Digital 2024!", Denny memberikan motivasi dan strategi kepada para penjual Lazada agar mereka bisa mengembangkan mentalitas sebagai pebisnis yang tangguh dan pintar dalam mengejar peluang, tanpa terjebak dalam pola pikir yang menghambat, yang sering disebut sebagai “Chicken Mindset”.

Menurut Denny "Seorang pebisnis harus berani mengambil risiko dan tidak boleh terlalu takut. Chicken Mindset, yang sering kali menghambat kesuksesan adalah sikap orang yang ingin sukses, tapi lebih banyak mengeluh dan selalu menemukan alasan untuk menunda tindakan daripada benar-benar bergerak.”

Dalam acara Lazada Seller Conference 2023, para penjual Lazada mendapatkan wawasan berharga tentang bagaimana menjadi pebisnis yang sukses di era digital, dan Denny Santoso memberikan inspirasi yang kuat untuk meraih kesuksesan dalam bisnis online.

“Kami berharap acara tahunan Lazada Seller Conference ini bisa mendorong para penjual untuk terus belajar dan menggali ilmu berbisnis online sebanyak-banyaknya, baik dari eksekutif kami maupun dari para praktisi dan pebisnis sukses yang mengisi acara ini. Selalu menjadi tujuan kami untuk mendukung penjual bisa terus tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan. Kerja sama yang erat antara Lazada dan penjual dibutuhkan untuk bisa sukses bersama. Selamat belajar, semangat naik kelas bersama Lazada!” tutup Stefan.

Untuk mendapatkan inspirasi dan tips memulai bisnis online atau mencari tahu lebih lanjut tentang cara menjadi penjual Lazada, kunjungi yukjualanonline.com sekarang!

Tentang Lazada  

Lazada Group adalah pionir platform e-commerce di Asia Tenggara. Selama 11 tahun terakhir, Lazada mempercepat kemajuan di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam melalui perdagangan dan teknologi. Saat ini, ekosistem Lazada yang terus berkembang menghubungkan 160 juta pelanggan kami dengan lebih dari satu juta penjual aktif setiap bulannya, yang bertransaksi dengan aman dan nyaman melalui saluran pembayaran terpercaya, menerima paket melalui jaringan logistik lokal yang telah menjadi yang terbesar di kawasan ini. Dengan visi untuk mencapai GMV tahunan sebesar USD100 miliar, Lazada menargetkan untuk dapat melayani 300 juta pembeli pada tahun 2030, dan menjadi yang terbaik dalam mendigitalisasi bisnis dari brand dan penjual.
 
Di Indonesia, Lazada dikenal sebagai pionir Harbolnas, festival belanja terbesar di tanah air. Masyarakat Indonesia dapat menikmati pengalaman berbelanja yang aman dan nyaman dengan pengiriman cepat dan gratis ongkir, yang didukung oleh layanan logistik Lazada yang menyeluruh. Sebagai bagian dari upaya membangun bisnis e-commerce yang berkelanjutan di Indonesia, Lazada berkomitmen untuk memberdayakan talenta Indonesia agar siap menghadapi masa depan.

Baca Juga: Lazada Dorong Operasional UMKM Berkelanjutan lewat Indonesia Sustainable Seller Camp

Selanjutnya: Risiko Pasar Meningkat, Simak Rekomendasi Saham dari BRI Danareksa Sekuritas

Menarik Dibaca: Adaptasi Kasus Nyata, Ini Rekomendasi 5 Dokumenter True Crime Netflix

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved