October
19
2023
     20:24

Lazada Dorong Operasional UMKM Berkelanjutan lewat Indonesia Sustainable Seller Camp

Lazada Dorong Operasional UMKM Berkelanjutan lewat Indonesia Sustainable Seller Camp
ILUSTRASI. Lazada melalui unit bisnis Lazada Logistics memulai program inkubasi Indonesia Sustainable Seller Acceleration Camp 2023 bekerjasama dengan beberapa mitra yaitu Kopernik, International Trade Center (ITC), dan Modalku.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Isu lingkungan, khususnya limbah sampah, terus menjadi topik diskusi di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Laporan ASEAN Regional Action Plan for Combating Marine Debris in the ASEAN Member States 2021 – 2025 memperkirakan bahwa Asia Tenggara menghasilkan lebih dari 31 juta ton limbah plastik setiap tahunnya.

Di Indonesia sendiri, jumlah sampah plastik mencapai 12,54 juta ton pada 2022 dan diprediksi akan meningkat setiap tahunnya1. Kondisi ini pun menarik perhatian konsumen Indonesia, di mana menurut survei yang dilakukan Jajak Pendapat (JakPat) pada September 2022, mayoritas konsumen muda khususnya kalangan milenial dan Gen Z juga semakin peduli dengan lingkungan, dengan 56,2% responden membeli produk ramah lingkungan.

Persoalan lingkungan ini turut mendorong Lazada Indonesia (Lazada) untuk juga berfokus pada upaya pertumbuhan berkelanjutan dalam ekosistem digitalnya. Melalui unit bisnis Lazada Logistics, Lazada memulai program inkubasi Indonesia Sustainable Seller Acceleration Camp 2023 yang akan berlangsung selama enam bulan, dengan mengundang para penjual lokal di Lazada untuk mengikuti pelatihan intensif tentang keberlanjutan selama dua hari pada 18-19 Oktober 2023. Program inkubasi ini dijalankan melalui kemitraan dengan beberapa mitra strategis, yaitu Kopernik, International Trade Centre (ITC), dan Modalku.

Indonesia Sustainable Seller Acceleration Camp 2023 merupakan bagian dari inisiatif terbaru dalam kerangka Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (Environment, Social, and Governance - ESG) dari Lazada Group, Lazada Sustainability Academy (LSA).

Inisiatif yang akan segera diluncurkan di seluruh negara tempat Lazada beroperasi ini, bertujuan untuk memberdayakan pelaku bisnis lokal dengan mengembangkan pola pikir dan memperdalam pengetahuan untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Di bawah LSA, program Indonesia Sustainable Seller Acceleration Camp 2023 dirancang untuk mewadahi kebutuhan pelaku bisnis Indonesia yang ingin bertransformasi menuju operasional yang berkelanjutan.

Philippe Auberger, Chief Logistics Officer Lazada Indonesia mengatakan, “Kami menyadari bahwa upaya keberlanjutan selayaknya menjadi upaya kolektif di antara semua pemangku kepentingan di dalam ekosistem ekonomi digital Lazada.

Setelah sebelumnya berfokus pada operasional Lazada yang lebih berkelanjutan serta berkolaborasi dengan beberapa brand untuk mendorong pengemasan dan pengiriman produk yang lebih ramah lingkungan, kini kami bekerja sama dengan beberapa mitra strategis yang memiliki kesamaan visi dalam keberlanjutan untuk mengajak pelaku bisnis lokal lainnya lebih memahami konsep keberlanjutan dan bagaimana mengintegrasikan konsep ini ke dalam operasional bisnis yang tetap memberikan keuntungan bagi pelaku bisnis.”

Sesi pelatihan intensif awal dalam program Indonesia Sustainable Seller Acceleration Camp 2023 memfasilitasi 30 penjual terpilih asal Bali dan Jakarta selama dua hari penuh. ITC hadir sebagai knowledge partner dan akan berbagi wawasan dalam sesi pengenalan kepada konsep keberlanjutan dan bagaimana mengukur dampak keberlanjutan secara efektif.

Kopernik akan memberikan coaching dan pengawasan lanjutan untuk memastikan peserta benar-benar memahami cara menjalankan bisnis dengan misi keberlanjutan. Sementara itu, Modalku akan memfasilitasi edukasi dan akses kepada pembiayaan bagi pelaku bisnis yang serius ingin menjalankan operasional berkelanjutan. Inisiatif coaching dan pengawasan akan terus dijalankan untuk para penjual peserta camp selama enam bulan ke depan.  

Komitmen Lazada Group dalam mendukung operasional berkelanjutan telah dijalankan melalui berbagai inisiatif. Di 2022, Lazada Logistics di Indonesia terpilih sebagai pemenang kategori "Responsible Consumption and Production (Plastic)" di B20 Sustainability 4.0 Awards, program kolaborasi Eropa-Indonesia, yang merupakan bagian dari acara B20 Indonesia 2022.

Belum lama ini, Lazada juga meluncurkan Laporan Dampak Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola: Memperkaya Kehidupan, Bangkit Lebih Kuat (Enriching Lives, Emerging Stronger) untuk tahun keuangan 2023 yang menyorot kemampuan Lazada dalam membuka peluang ekonomi kepada lebih dari 1,1 juta pemangku kepentingan dalam industri perdagangan digital. Dalam aspek lingkungan, Lazada telah mengurangi emisi Gas Rumah Kaca secara keseluruhan sebesar 10% dibandingkan periode laporan sebelumnya3.

“Program Indonesia Sustainable Seller Acceleration Camp 2023 menjadi bentuk penguatan komitmen kami dalam mendorong pertumbuhan ekosistem ekonomi digital yang berkelanjutan. Kami akan terus mengembangkan upaya dan bekerja sama dengan para mitra strategis untuk memberikan edukasi dan pendampingan bagi pelaku bisnis lokal yang ingin memulai dan menjalankan operasional bisnis yang lebih berkelanjutan, dengan harapan membangun ekosistem ekonomi digital yang berkontribusi pada perubahan positif Indonesia,” tutup Philippe.

Bagi yang ingin mempelajari peluang bisnis berkelanjutan, Lazada menawarkan program edukasi interaktif bagi penjual atau brand yang bergabung di platform Lazada melalui Lazada University.

Tentang Lazada

Lazada Group adalah pionir platform e-commerce di Asia Tenggara. Selama 11 tahun terakhir, Lazada mempercepat kemajuan di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam melalui perdagangan dan teknologi. Saat ini, ekosistem Lazada yang terus berkembang menghubungkan 160 juta pelanggan kami dengan lebih dari satu juta penjual aktif setiap bulannya, yang bertransaksi dengan aman dan nyaman melalui saluran pembayaran terpercaya, menerima paket melalui jaringan logistik lokal yang telah menjadi yang terbesar di kawasan ini. Dengan visi untuk mencapai GMV tahunan sebesar USD100 miliar, Lazada menargetkan untuk dapat melayani 300 juta pembeli pada tahun 2030, dan menjadi yang terbaik dalam mendigitalisasi bisnis dari brand dan penjual.

Di Indonesia, Lazada dikenal sebagai pionir Harbolnas, festival belanja terbesar di tanah air. Masyarakat Indonesia dapat menikmati pengalaman berbelanja yang aman dan nyaman dengan pengiriman cepat dan gratis ongkir, yang didukung oleh layanan logistik Lazada yang menyeluruh. Sebagai bagian dari upaya membangun bisnis e-commerce yang berkelanjutan di Indonesia, Lazada berkomitmen untuk memberdayakan talenta Indonesia agar siap menghadapi masa depan.

Baca Juga: Lazada Logistics Gandeng Inecosolar Bangun Panel Surya di Logistik Lazada Cimanggis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved