May
20
2024
     20:53

Perluas Layanan&Akses Perbankan di Pontianak,CIMB Niaga Tingkatkan CustomerExperience

Perluas Layanan&Akses Perbankan di Pontianak,CIMB Niaga Tingkatkan CustomerExperience
ILUSTRASI. Head of Region Jakarta A dan Kalimantan CIMB Niaga Evita Barliana (kiri) berbincang dengan Branch Area Head Kalimantan II CIMB Niaga Mariany (kanan) di sela-sela Media Gathering Bersama CIMB Niaga di Pontianak, Senin (20/5/2024).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Sejalan dengan meningkatnya kebutuhan perbankan masyarakat dan para pelaku usaha di Pontianak, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus mengoptimalkan kapabilitas produk dan layanan yang dimiliki, sehingga dapat menjadi solusi finansial yang relevan bagi nasabah #YangUtama. Selain mengandalkan layanan melalui 2 kantor cabang (Jalan Tanjungpura & Jalan Sultan Abdurrahman Pontianak) dan layanan digital banking seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, BizChannel@CIMB, serta jaringan ATM dan EDC/QR, CIMB Niaga juga menghadirkan berbagai inisiatif untuk memperluas layanan dan akses perbankan bagi masyarakat Pontianak.

Salah satu inisiatif terbaru CIMB Niaga di Pontianak yaitu menjalin kolaborasi dengan Universitas Tanjungpura (Untan) untuk menghadirkan layanan perbankan bagi civitas akademika. Sinergi ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Head of Region Jakarta A dan Kalimantan CIMB Niaga Evita Barliana dan Branch Area Head Kalimantan II CIMB Niaga Mariany dengan Rektor Untan Prof. Dr. Garuda Wiko, S.H., M.Si., FCB.Arb di kampus Untan, Pontianak, Senin (20/5/2024).

Sebelumnya, CIMB Niaga juga menyelenggarakan Kejar Mimpi Talks bertema ‘Semua Orang Bisa Jadi Influencer’ yang diikuti ribuan mahasiswa Untan. Acara ini merupakan wadah pembelajaran yang menginspirasi anak muda untuk terus semangat mengejar mimpi. Hal ini juga sekaligus memperkenalkan CIMB Niaga sebagai bank dengan produk dan layanan yang sesuai untuk segmen anak muda.

“Kami bangga dapat bermitra dengan Untan sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Kalimantan. Kami optimis kemitraan strategis ini dapat memberikan dampak positif bagi kedua institusi dalam menyediakan kemudahan akses produk dan layanan perbankan untuk seluruh civitas akademika. Tentunya hal ini juga akan memperluas akses perbankan bagi masyarakat Pontianak sebagai salah satu daerah yang menjadi prioritas pengembangan CIMB Niaga di Kalimantan.

Adapun di Kota Khatulistiwa ini kami menyediakan layanan lengkap baik melalui kantor cabang yang mempertahankan kehangatan layanan personal ciri khas CIMB Niaga maupun layanan digital,” kata Evita dalam Media Gathering Bersama CIMB Niaga di Pontianak, Senin (20/5/2024).

Selain bekerja sama dengan Untan, untuk meningkatkan customer experience nasabah segmen bisnis, pada hari yang sama CIMB Niaga juga mengadakan acara Ngobrolin Biznis (NGOBIZ) yang mengupas tema Pajak dan Berbisnis: Strategi Pengelolaan Pajak untuk Optimalisasi Bisnis Perusahaan.

Melalui NGOBIZ, CIMB Niaga menyediakan wadah bagi para pelaku usaha untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan bersama para pakar. Sehingga diharapkan dapat menghasilkan solusi-solusi yang dapat diaplikasikan untuk memperkuat bisnis nasabah.

Sebelumnya pada 2023, CIMB Niaga juga telah melaksanakan Wealth Xpo sebagai apresiasi untuk nasabah istimewa, khususnya CIMB Preferred di Pontianak. Hal ini juga untuk memberikan kemudahan bagi nasabah dalam mendapatkan pengetahuan dan wawasan terbaru mengenai kondisi perekonomian, serta peluang-peluang yang dapat dioptimalkan untuk meningkatkan portofolio aset/kekayaannya.

Raih Kinerja Positif pada Kuartal I/2024

Beragam inisiatif dan kemudahan layanan yang diberikan CIMB Niaga termasuk di Pontianak, baik melalui kantor cabang maupun kanal digital, turut berkontribusi terhadap pertumbuhan kinerja CIMB Niaga secara nasional. Pada kuartal pertama 2024, CIMB Niaga melaporkan perolehan laba sebelum pajak konsolidasi (unaudited) sebesar Rp2,2 triliun, naik sebesar 7,8% year-on-year (Y-o-Y), dan menghasilkan earnings per share Rp66,96.

"Atas dukungan stakeholders khususnya para nasabah, kami dapat mengumumkan awal yang baik untuk tahun 2024. Pertumbuhan kredit/pembiayaan yang sehat dan indikator kualitas aset yang membaik menjadi dasar yang kuat bagi kami untuk terus memberikan nilai lebih.

Ke depan, kami akan terus meningkatkan customer experience melalui inovasi digital. Dengan kemampuan sumber daya dan digital serta jaringan, kami siap untuk menciptakan nilai jangka panjang dengan memprioritaskan kebutuhan para stakeholders dan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujar Evita.

CIMB Niaga senantiasa menjaga posisi permodalan dan likuiditas yang solid dengan capital adequacy ratio (CAR) dan loan to deposit ratio (LDR) masing-masing sebesar 24,5% dan 84,2%. Total aset konsolidasian adalah sebesar Rp333,0 triliun per 31 Maret 2024, yang semakin memperkuat posisi CIMB Niaga sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia.

Total Dana Pihak Ketiga (DPK) meningkat menjadi Rp248,0 triliun (+3,3% Y-o-Y), menunjukkan rasio current account and savings account (CASA) yang baik sebesar 64,6%. Sementara itu, CASA tumbuh 8,9% Y-o-Y, sebagai hasil upaya Bank membina hubungan nasabah yang lebih erat dan meningkatkan pengalaman nasabah secara keseluruhan melalui layanan digital CIMB Niaga.

Jumlah kredit/pembiayaan naik 6,0% Y-o-Y menjadi Rp211,6 triliun, terutama berasal dari pertumbuhan pada Usaha Kecil Menengah (UKM) yang naik 9,4% Y-o-Y dan Perbankan Konsumer yang tumbuh 6,9% Y-o-Y. Kenaikan tertinggi di kredit/pembiayaan retail terutama dikontribusikan dari pertumbuhan Kredit Pemilikan Mobil (KPM) yang meningkat sebesar 15,8% Y-o-Y.

Di perbankan Syariah, Unit Usaha Syariah (UUS) CIMB Niaga (CIMB Niaga Syariah) berhasil mempertahankan posisinya sebagai UUS terbesar di Indonesia, dengan total pembiayaan Rp56,2 triliun (+15,4% Y-o-Y) dan DPK sebesar Rp50,6 triliun (+2,6% Y-o-Y) per 31 Maret 2024. Adapun pertumbuhan pembiayaan signifikan tersebut sebagian besar dikontribusi oleh segmen ritel. CIMB Niaga Syariah tetap fokus pada peningkatan komposisi pendanaan, khususnya pendanaan murah dengan terus mengembangkan jaringan komunitas.

“Selain itu, hampir 26% dari total pembiayaan Bank (atau setara dengan Rp54,8 triliun) mendukung transisi yang berkelanjutan menuju ekonomi rendah karbon, Perjanjian Paris, dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG). Hal ini dibuktikan dengan terpilihnya CIMB Niaga sebagai salah satu dari tujuh bank yang mewakili komitmen industri perbankan nasional dalam mencapai Net Zero Emission (NZE) Indonesia, yang ditargetkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, CIMB Niaga juga meraih penghargaan sebagai The Best Sustainability-Linked Loan for Manufacturing dan The Best Green Loan for Utility di The Assets Triple A Awards,” tambah Evita.

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga adalah bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia yang didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap baik konvensional maupun Syariah meliputi segmen usaha Consumer Banking, Emerging Business Banking (EBB)/Small Medium Enterprise (SME), Commercial Banking, dan Corporate Banking didukung kapabilitas Treasury dan Capital Market, serta digital banking terdepan melalui OCTO Mobile, OCTO Clicks, OCTO Pay (e-money), BizChannel@CIMB, dan BizChannel@CIMB Mobile. Mengusung brand promise Kejar Mimpi, CIMB Niaga berkomitmen menjadi partner terbaik dan Bank of Choice bagi seluruh segmen masyarakat dalam mewujudkan mimpi-mimpinya.

Sebagai bank yang peduli dengan bumi dan generasi masa depan, CIMB Niaga konsisten mengimplementasikan keberlanjutan (sustainability) dalam menjalankan usahanya melalui sinergi aspek lingkungan hidup, ekonomi, sosial dan tata kelola ke dalam proses perbankan. Dengan semangat Anda #YangUtama, CIMB Niaga terus memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah. Per 31 Maret 2024, layanan CIMB Niaga didukung dengan 12.000 karyawan (konsolidasi), 407 kantor cabang dan jaringan (termasuk 37 digital lounges), 3.844 ATM, serta 670.441 EDC, QR, dan e-Commerce yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

CIMB merupakan salah satu kelompok usaha perbankan terkemuka di ASEAN sekaligus perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia. Saham tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD15,0 miliar per 31 Maret 2024. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, komersial, wholesale, transaction banking, Syariah,serta pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di 8 negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, Kamboja, Vietnam, Myanmar, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, dan Inggris.

Baca Juga: Transfer Valas CIMB Niaga Mendukung Pembayaran Metode Cross Border

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved