November
10
2023
     15:09

Perluas Jangkauan, Maybank Indonesia Hadirkan Kantor Cabang Syariah di Kelapa Gading

Perluas Jangkauan, Maybank Indonesia Hadirkan Kantor Cabang Syariah di Kelapa Gading
ILUSTRASI. Peresmian kantor cabang baru Maybank Syariah di Kelapa Gading.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Dalam upaya memperluas jangkauan perbankan syariah, PT Bank Maybank Indonesia, Tbk. (Maybank Indonesia atau Bank) melalui Unit Usaha Syariah (UUS) Maybank Indonesia, hari ini meresmikan Kantor Cabang Pembantu Syariah (KCPS) berlokasi di Jalan Kelapa Gading Boulevard Blok PA-19 No. 11, Jakarta Utara 14240, Kelapa Gading, Jakarta Utara. KCPS Maybank Indonesia Kelapa Gading ini merupakan KCPS pertama di Region Jakarta-2 dan cabang ke-20 dari 19 KCPS yang sudah beroperasi di 10 Region Maybank Indonesia.

Peresmian dan grand opening kantor cabang Maybank Indonesia KCPS Kelapa Gading dihadiri oleh Direktur Community Financial Services Maybank Indonesia Steffano Ridwan, Dewan Pengawas Syariah,  Dr. M. Anwar Ibrahim MA., Head Shariah Banking Romy Buchari, Regional Director (setara Kepala Kantor Wilayah) Jakarta-2, Osbie Osman, serta segenap jajaran pimpinan, perwakilan komunitas dan pelaku usaha serta karyawan Maybank Indonesia area Kelapa Gading.

Dalam sambutannya, Direktur Community Financial Services Maybank Indonesia Steffano Ridwan optimistis terhadap hadirnya KCPS Maybank Indonesia di Kelapa Gading.

“Tujuan Maybank Indonesia menghadirkan KCPS Kepala Gading adalah untuk menyediakan akses layanan perbankan Syariah yang menyeluruh serta di saat bersamaan, memperluas jangkauan layanan dengan mempertimbangkan aspek keragaman profil masyarakat yakni pemukiman penduduk, kegiatan ekonomi dan perdagangan di Jakarta Utara yang juga berbatasan langsung dengan kawasan dengan profil serupa di Jakarta Timur,” jelas Steffano.

Steffano selanjutnya juga menegaskan bahwa pembukaan KCPS Maybank Indonesia merupakan wujud langkah strategi utama Bank yang diadopsi dari strategi Maybank Group M25+, dimana  salah satunya adalah meningkatkan pengenalan masyarakat terhadap perbankan Syariah melalui strategi ‘Shariah First’ yang sudah dijalankan Bank sejak 2014 lalu dan menjadi terdepan di industri perbankan Syariah global.

Dengan strategi ‘Shariah First’, Bank dapat secara proaktif melakukan penawaran serta memperkenalkan solusi keuangan syariah terlebih dahulu kepada nasabah disertai dengan keunggulan-keunggalannya, tanpa memandang latar belakangan keagamaan. Di samping itu, strategi Shariah First juga bertujuan untuk mendorong pertumbuhan portofolio bisnis syariah, khususnya sektor perbankan syariah di Indonesia.

Head Shariah Banking Maybank Indonesia Romy Buchari mengatakan bahwa UUS Maybank Indonesia juga mengadopsi model bisnis Leveraged yakni mendayagunakan jaringan Maybank Indonesia untuk memasarkan produk keuangan berbasis syariah.

“Leveraged Model yang kami terapkan dan telah mampu berkontribusi terhadap pertumbuhan aset Bank sebesar 26,7% pada periode kuartal ketiga tahun 2023 dari 25,7% periode yang sama tahun sebelumnya,” ujar Romy.

Lebih lanjut, dengan 20 KCPS yang telah beroperasi ini, UUS Maybank Indonesia siap melayani kebutuhan akan solusi keuangan yang dikelola sesuai prinsip syariah bagi nasabah individu, UKM maupun Korporasi yang membutuhkan solusi mulai dari simpanan, tabungan, serta pendaftaran haji hingga pembiayaan bisnis, properti maupun infrastruktur.

Pada akhir September 2023, UUS Maybank Indonesia meluncurkan solusi Shariah Wealth Management yang mengusung 5 (lima) pilar pengelolaan kekayaan mulai dari wealth creation  yang memberikan solusi atas kebutuhan keuangan keluarga, wealth accumulation yang dapat mengoptimalkan investasi berdasarkan prinsip syariah, wealth preservation yang produknya dapat melindungi nasabah dari risiko serta sebagai perlindungan aset nasabah, wealth purification untuk membersihkan harta dan berbagi terhadap sesama, hingga wealth distribution yang dapat membantu mempersiapkan waris.

Dari ke-lima pilar Maybank Shariah Wealth Management (MySWM), UUS Maybank Indonesia menawarkan berbagai macam produk untuk setiap pilarnya yang sesuai dengan tahap kehidupan nasabah. Pada tahap wealth creation, UUS Maybank Indonesia menyediakan produk current account and saving account (CASA) seperti My Plan iB, Maksi iB, Pro iB, My Arafah, TD iB, dan Mortgage iB.

Tahap wealth accumulation tersedia beragam produk shariah mutual fund, Sukuk, investasi saham dengan rekening dana nasabah Syariah (RDN iB). Tahap berikutnya adalah wealth preservation yang menawarkan produk bancassurance iB -  yang menawarkan proteksi untuk diri dan Keluarga.

Adapun, untuk tahap wealth purification, UUS Maybank Indonesia menyediakan produk Solusi Zakat, Infak Sedekah dan termasuk juga proteksi dengan fitur wakaf. Terakhir, pada tahap wealth distribution, tersedia layanan untuk memfasilitasi persiapan Wasiat untuk ahli-waris dan juga penerima lainnya.

Ke depannya, Maybank Indonesia akan terus meningkatkan produk dan layanan serta memperkuat pemberdayaan operasional kantor cabang dalam mengembangkan jaringan dan mendukung pengembangan komunitas bisnis maupun masyarakat setempat, selaras dengan misi Humanising Financial Services.

Tentang Maybank Indonesia

Maybank Indonesia merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang memiliki jaringan regional maupun internasional Grup Maybank. Maybank Indonesia menyediakan serangkaian produk dan jasa komprehensif bagi nasabah individu maupun korporasi melalui layanan Community Financial Services (Perbankan Ritel dan Perbankan Non-Ritel) dan Perbankan Global, serta pembiayaan otomotif melalui entitas anak yaitu WOM Finance untuk kendaraan roda dua dan Maybank Finance untuk kendaraan roda empat. Maybank Indonesia juga terus mengembangkan layanan dan kapasitas Digital Banking melalui M2U App, M2U (App dan Web), M2E untuk nasabah korporasi dan berbagai saluran lainnya.

Per September 2023, Maybank Indonesia memiliki 337 cabang termasuk cabang Syariah yang tersebar di Indonesia dan satu cabang luar negeri (Mumbai, India), 22 KCP Mobile dan 797 ATM (termasuk 26 Cash Recycle Machines/CRM) yang terkoneksi dengan lebih dari 20.000 ATM tergabung dalam jaringan ATM PRIMA, ATM BERSAMA, ALTO, CIRRUS, dan terhubung dengan 3.500 ATM Maybank di Singapura, Malaysia dan Brunei. Maybank Indonesia mengelola simpanan nasabah sebesar Rp114,50 triliun dan memiliki total aset senilai Rp170,05 triliun pada September 2023.

Baca Juga: Maybank Indonesia Luncurkan Layanan Shariah Wealth Management yang Menyeluruh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved