October
10
2022
     13:29

Perkuat Desain Produk Ekspor, Kemendag Tampilkan 45 Peraih GDI di M Bloc Design Week

Perkuat Desain Produk Ekspor, Kemendag Tampilkan 45 Peraih GDI di M Bloc Design Week
ILUSTRASI. Kualitas desain produk ekspor terus dikembangkan. Sebanyak 45 produk unggulan? Indonesia peraih Good Design Indonesia (GDI) periode 2020?2022 dipamerkandalam gelaran ?M Bloc Design Week? yang dihelat di Jakarta pada 4?16 Oktober 2022.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - — Kualitas desain produk ekspor terus dikembangkan. Sebanyak 45 produk unggulan Indonesia peraih predikat Good Design Indonesia (GDI) periode 2020—2022 dipamerkan dalam gelaran “M Bloc Design Week” yang dihelat di Jakarta pada 4—16 Oktober 2022. Pameran ini bertujuan untuk mendorong kreativitas desainer produk ekspor unggulan sekaligus meningkatkan kecintaan pada produk Indonesia yang berkualitas.

M Bloc Design Week merupakan program bagi komunitas desain Indonesia untuk bertukar ide kreatif mengenai karya desain yang akan memunculkan bentuk-bentuk desain baru yang unik, fungsional, dan bermanfaat bagi masyarakat. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan M Bloc Festival 2022.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi mengatakan, meskipun kondisi ekonomi global melemah, kualitas dan desain produk peraih GDI dapat menjadi optimisme tersendiri yang menunjukkan produk Indonesia mampu bersaing di pasar global. “Ada beberapa kunci untuk kita bisa bertahan dan mengembangkan usaha. Salah satunya melalui kreativitas dan inovasi serta kemampuan untuk beradaptasi terhadap berbagai kondisi. Salah satunya adalah melalui desain produk," ujarnya.

Sementara Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif Miftah Farid mengungkapkan, pengembangan desain dapat menjadi salah satu strategi dalam peningkatan daya saing, yakni dengan penciptaan produk sesuai dengan standar dan selera pasar yang akan disasar. Di antaranya desain yang memiliki unsur yang mampu memberdayakan komunitas sekaligus ramah lingkungan. Selain itu, desain tersebut harus memiliki nilai budaya yang dapat meningkatkan daya saing agar berdampak besar dalam peningkatan ekspor.

“Hal tersebut menunjukkan betapa pentingnya pengembangan desain pada daya saing sebuah produk untuk memenangkan kompetisi, khususnya di pasar global. Untuk itu, pemerintah terus berupaya menyusun strategi dalam meningkatkan daya saing produk di pasar global. Salah satunya melalui GDI," jelas Miftah dalam sambutan pembukaan M Bloc Design Week pada Rabu (6/10).

GDI merupakan kompetisi tahunan desain produk yang diselenggarakan Kementerian Perdagangan. Ajang ini bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah produk Indonesia melalui inovasi, kebaruan, komersialitas, serta dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan. Pendaftaran GDI periode selanjutnya akan dibuka pada awal 2023 dan terbuka bagi seluruh desainer Indonesia.

“Diharapkan melalui penyelenggaraan M Bloc Design Week akan semakin banyak produk Indonesia yang mampu bersaing, baik di pasar domestik maupun global. Ini adalah langkah tepat untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara penghasil produk dengan desain terbaik," tutup Miftah.

Baca Juga: Sosialisasi Good Design Indonesia di Yogyakarta, Kemendag: Jaga Peningkatan Ekspor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved