January
13
2025
     15:47

Pendopo Hadir di TMII dan Perkuat Ekosistem Ekonomi Kreatif dan Pariwisata Budaya

Pendopo Hadir di TMII dan Perkuat Ekosistem Ekonomi Kreatif dan Pariwisata Budaya
ILUSTRASI. Kiri - Kanan: Tasya Widya Krisnadi, Direktur Pendopo, bersama Vivi Savitri, Vice President Sales & Komersial Taman Mini Indonesia Indah, meresmikan kehadiran merchandise store Pendopo sebagai langkah strategis dalam memperkuat ekosistem ekonomi kreatif dan mendukung pariwisata budaya Indonesia.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Dalam semangat mendukung ekonomi kreatif dan pariwisata Indonesia, merek usaha Kawan Lama Group yang berada di bawah naungan PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk, Pendopo kini hadir di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Kehadiran ini menjadi wujud nyata dalam memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia melalui produk lokal berkualitas sekaligus membuka peluang baru bagi UMKM untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Dengan berkolaborasi bersama Taman Mini Indonesia Indah sebagai ikon budaya dan pariwisata, Pendopo berharap dapat semakin mempererat hubungan antara karya anak bangsa dan para pengunjung dari berbagai latar belakang, baik domestik maupun mancanegara.

Sebagai rumah untuk lebih dari 300 UMKM di seluruh Indonesia, Pendopo menghadirkan koleksi unggulan yang meliputi kerajinan tangan, pakaian, serta makanan dan minuman khas Indonesia. Produk-produk yang dihadirkan di Merchandise Store TMII  ini dirancang untuk memberikan pengalaman berbelanja yang istimewa, menonjolkan warisan budaya Indonesia yang sarat dengan keunikan dan keindahan. Selain itu, setiap produk yang tersedia juga menjadi bagian dari misi Pendopo untuk mendukung keberlanjutan ekonomi kreatif, dengan menonjolkan nilai-nilai tradisional yang relevan dengan tren modern.

Tasya Widya Krisnadi selaku Direktur Pendopo, menjelaskan “Pendopo meyakini bahwa setiap produk lokal yang kami hadirkan disini bukan sekadar barang, tetapi juga cerminan dari keindahan, kreativitas, dan nilai-nilai budaya yang menjadi identitas bangsa Indonesia. Dengan menghadirkan produk-produk ini di Taman Mini Indonesia Indah, kami tidak hanya memperkenalkan hasil karya terbaik dari berbagai daerah, tetapi juga memberikan ruang bagi pelaku UMKM untuk terus berkembang dan berinovasi. Kami percaya bahwa kolaborasi ini adalah langkah penting dalam membangun ekosistem ekonomi kreatif yang berkelanjutan, dimana tradisi dan inovasi dapat berjalan berdampingan.

Selain itu, kehadiran Pendopo di TMII menjadi wujud komitmen kami untuk mendukung pariwisata budaya Indonesia dengan menyediakan pengalaman berbelanja yang menghubungkan pengunjung dengan cerita dan nilai luhur di balik setiap produk. Harapannya, langkah ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat luas untuk semakin mencintai dan mendukung produk lokal.”

Sebagai salah satu destinasi wisata budaya terkemuka di Indonesia, TMII  memiliki peran yang sangat strategis dalam melestarikan, memperkenalkan, dan mempromosikan keberagaman budaya Nusantara. TMII  tidak hanya menjadi wadah untuk menampilkan keunikan tradisi dari berbagai daerah, tetapi juga menjadi ruang edukasi yang menghubungkan masyarakat dengan akar budaya bangsa.

Selain memperkaya daya tarik TMII , kolaborasi ini juga menegaskan TMII   sebagai pusat pariwisata budaya yang tidak hanya menampilkan warisan budaya, tetapi juga mendukung keberlanjutan sektor ekonomi kreatif melalui sinergi dengan pelaku UMKM. Dengan demikian, TMII , tidak hanya menjadi destinasi wisata, tetapi juga menjadi jembatan yang menghubungkan tradisi dan inovasi dalam bingkai pelestarian budaya.

Ratri Paramita selaku Direktur Komersial TMII, juga menyampaikan apresiasinya atas kolaborasi ini. “Kami menyambut baik adanya Pendopo melalui kehadiran Merchandise Store TMII. Kolaborasi ini merupakan  bagian dari upaya kami untuk terus memperkuat daya tarik TMII sebagai destinasi wisata budaya yang kaya akan nilai edukasi dan hiburan. Kehadiran Pendopo dengan koleksi produk lokalnya yang berkualitas memberikan nilai tambah bagi pengunjung kami, sekaligus mendukung keberlanjutan UMKM dan ekonomi kreatif Indonesia. Kami percaya kolaborasi ini akan menjadi langkah yang membawa manfaat positif, baik bagi TMII  maupun para pelaku usaha lokal."

Tentang Pendopo
Berdiri sejak tahun 2011, Pendopo adalah merek bisnis Kawan Lama Group yang termasuk pada pilar Consumer Retail yang hadir di bawah naungan PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk. Melalui slogan “Ragam Satu Negeri”, Pendopo adalah wujud dari dukungan Kawan Lama Group terhadap produk lokal dan upaya pelestarian budaya Indonesia. Dukungan ini diwujudkan melalui tiga fokus utama Pendopo, yaitu produk, people, dan nation. Produk, yaitu langkah Pendopo untuk tidak sekadar mengurasi dan menjual, namun juga meningkatkan kualitas produk lokal. People dimana Pendopo turut andil dan mendorong kolaborasi antar pengrajin, seniman, desainer, pemilik merek lokal, dan pemerintah. Hasil dari keduanya kemudian diperkenalkan, dihubungkan, dan dipasarkan oleh Pendopo kepada publik (nation).

Hingga saat ini, Pendopo telah bekerjasama dan menjadi rumah untuk lebih dari 300 UMKM di nusantara. Pendopo juga telah mengurasi lebih dari 12.000 ragam produk pilihan dalam tiga kategori utama, yaitu: kriya, fesyen, dan kuliner. Kesemuanya dapat ditemukan langsung secara offline di Mal Living World Alam Sutera, Tangerang Selatan, Mal Living World Denpasar, Bali, dan Mal Living Plaza Puri, Jakarta; maupun secara online di ruparupa dan online marketplace.

Tentang Kawan Lama Group
Kawan Lama Group adalah identitas dari kelompok unit bisnis multisektor yang masing-masing bergerak dalam enam pilar bisnis yaitu Industrial & Commercial, Consumer Retail, Food & Beverage, Property & Hospitality, Commercial Technology, serta Manufacturing & Engineering, namun dipersatukan oleh nilai dan tujuan yang sama yaitu memberikan kehidupan yang lebih baik bagi keluarga. Hadir sejak tahun 1955, Kawan Lama Group yang memiliki slogan “Bring Value for a Better Life” menaungi lebih dari 30 merek usaha, 14 pusat distribusi, dan lebih dari 1.200 toko yang jumlahnya terus bertambah sebagai kontribusi bagi kemajuan negeri.

Tentang Taman Mini Indonesia Indah
Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah destinasi wisata budaya terkemuka di Indonesia yang menghadirkan keberagaman budaya nusantara dalam satu kawasan. Dengan konsep green, smart, inclusive, dan culture, TMII terus berinovasi untuk menjadi destinasi wisata yang mendukung pelestarian budaya sekaligus memberikan pengalaman edukatif dan rekreatif bagi pengunjung.

Baca Juga: LivingWorld KotaWisata Cibubur Gelar Diskon&Magical Celebration Semarakkan Tahun Baru

Selanjutnya: Harga Pangan di Sulawesi Barat 13 Januari 2025: Bawang Merah dan Cabai Keriting Naik

Menarik Dibaca: 14 Menu Sarapan yang Baik untuk Penderita Diabetes Konsumsi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2025 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved