February
06
2023
     13:26

Pemerintah Indonesia Serahkan Sertifikat Penghargaan Nomine Primaduta Award 2022

Pemerintah Indonesia Serahkan Sertifikat Penghargaan Nomine Primaduta Award 2022
ILUSTRASI. Ada 7 importir dan importir produsen Hungaria yang menjadi nomine pada penghargaan Primaduta Award 2022 menerima sertifikat penghargaan dari Pemerintah Indonesia pada Rabu (1/2).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Sebanyak tujuh importir dan importir produsen Hungaria yang menjadi nomine pada penghargaan Primaduta Award 2022 menerima sertifikat penghargaan dari Pemerintah Indonesia pada Rabu (1/2). Sertifikat penghargaan sebagai nomine Primaduta Award 2022 tersebut diserahkan dalam working lunch di Hotel Aria, Budapest, Hungaria.

“Terdapat tujuh pelaku usaha Hungaria, yang merupakan importir dan importir produsen, berhasil masuk nominasi Primaduta Award 2022 pada akhir tahun lalu. Sertifikat penghargaan kali ini diberikan kepada para pelaku usaha tersebut karena telah menjadi nomine dan kami harap penghargaan ini dapat menjadi motivasi untuk terus meningkatkan perdagangan dengan pelaku usaha Indonesia,” kata Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Budapest Sari Handini Murti.

Dalam working lunch tersebut, enam dari ketujuh pelaku usaha Hungaria hadir untuk menerima sertifikat penghargaan. Penghargaan diserahkan Duta Besar RI untuk Hungaria Dimas Wahab. Dubes Dimas Wahab pun memberi selamat dan mendorong agar pelaku usaha Hungaria terus meningkatkan kerja sama perdagangan dengan Indonesia.

Ketujuh perusahaan Hungaria yang menerima sertifikat Primaduta 2022 adalah Forte Music Ltd., Koko Impex Ltd. dan Retkoz Pack Bt., Cserepvaros Ltd., dan Ercin Bt. untuk kategori importir promotor produk Indonesia; Bridgestone Tatabanya Manufacturing Ltd. dan Hankook Tire Hungary Ltd. untuk kategori importir berkinerja; serta Baliayu Balinéz Masszázs Szalon untuk kategori importir jasa.

Para pelaku usaha Hungaria menyampaikan apresiasi atas pemberian sertifikat penghargaan ini. Pada sesi membuka jejaring kerja (networking), sejumlah pelaku usaha Hungaria pun menyampaikan minat untuk melakukan transaksi perdagangan dengan pelaku usaha Indonesia. Permintaan tersebut disampaikan kepada ITPC Budapest. Produk-produk yang diinginkan para pelaku usaha Hungaria adalah mi instan, tepung singkong, furnitur, dan material bangunan.

Sertifikat penghargaan nomine Primaduta Award 2022 untuk pelaku usaha Hungaria tersebut ditandatangani Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan bersamaan dengan sertifikat bagi pelaku usaha dari negara-negara mitra lainnya yang turut menjadi nomine. Sertifikat yang sudah ditandatangani tersebut diserahkan ke pelaku usaha penerima penghargaan diwakilkan oleh duta besar RI di negara akreditasi. Penyerahan penghargaan kepada pemenang Primaduta Award 2022 diserahkan langsung oleh Menteri Perdagangan RI bersamaan dengan momentum pameran dagang terbesar di Indonesia, yaitu Trade Expo Indonesia ke-37 pada 19 Oktober 2022.

Sekilas Perdagangan Indonesia ke Hungaria

Pada periode Januari–November 2022, total perdagangan Indonesia–Hungaria mencapai USD 253,2 juta. Nilai ini meningkat 26,3 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar USD 186,2 juta. Terdapat tren peningkatan total nilai perdagangan dalam lima tahun terakhir (2017–2021) sebesar 12,19 persen.

Komoditas ekspor unggulan Indonesia ke Hungaria antara lain elektronik, karet dan produk karet, tekstil dan produk tekstil, tembakau, pulp and paper, karaginan, alas kaki, karung dan bahan karung, dan kerapa parut kering. Di sisi lain, komoditas yang banyak diimpor Indonesia dari Hungaria antara lain produk teknologi informatika (TI), elektronik dan mesin, peralatan komunikasi, kayu gergaji atau lempeng, dan turbin.

Baca Juga: Kemendag Jajaki Kerja Sama dengan Google Perkuat Ekosistem Ekonomi Digital Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved