February
09
2023
     13:37

Pemasangan Box Culvert di Kawasan The Mandalika

Pemasangan Box Culvert di Kawasan The Mandalika
ILUSTRASI. ITDC kembali merealisasikan salah satu kelengkapan infrastruktur kawasan Mandalika berupa pemasangan Box Culvert atau biasa disebut gorong-gorong.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID -  Melalui Mandalika Urban and Tourism Infrastructure Project (MUTIP), PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika atau The Mandalika, kembali merealisasikan salah satu kelengkapan infrastruktur kawasan berupa pemasangan Box Culvert atau biasa disebut gorong-gorong.

Box Culvert, berupa beton pracetak berbentuk persegi/kubus dengan ukuran tertentu, berfungsi sebagai cross drain yang ditanam di bawah jalan atau area tertentu yang berfungsi mengalirkan aliran air drainase secara terintegrasi dalam Kawasan The Mandalika.

Pemasangan box culvert menjadi bagian dari pekerjaan paket MUTIP I & II. MUTIP adalah program pembangunan infrastruktur di kawasan The Mandalika yang dibiayai sepenuhnya oleh Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) dan merupakan pembiayaan pertama secara standalone/mandiri yang dilakukan AIIB di Indonesia dan secara global merupakan pembiayaan pertama AIIB bagi kegiatan pembangunan infrastruktur pariwisata.

Pemasangan box culvert pada pekerjaan paket MUTIP I saat ini telah mencapai 96,96%, dan untuk pekerjaan paket MUTIP II realisasi pemasangan box culvert telah mencapai 70,625%.

General Manager The Mandalika Molin Duwanno mengatakan, “Pemasangan Box Culvert atau gorong-gorong dari beton ini akan melengkapi ketersediaan infrastruktur dasar yang kuat dan berkualitas di kawasan The Mandalika, khususnya untuk fungsi drainase yang optimal dan berkelanjutan.  Selain dapat berfungsi optimal, penanaman Box Culvert jauh di bawah tanah ini akan turut meningkatkan kerapihan penataan kawasan.”

Pemasangan box culvert ini tersebar di barat dan timur kawasan The Mandalika dan ditargetkan selesai pada Q2 2023. Pemasangan box culvert di area barat yaitu pada ruas Road K2-L1, Road L2, Commercial Area, Looping Road, Road Q-R4, Road Q2-Q3, South Parkir, Road Q-Tunnel 2, Road Q3-Q4, TES 4, dan Road Inner/Outer Circle dilakukan oleh kontraktor KSO PP-WIKA-BRL, sementara di area timur pada BC 10, BC 11, BC 12, BC 8, BC 21, BC 13, BC 15 dan BC 16 dilakukan oleh kontraktor KSO HK-Adhi.

“Kami berkomitmen untuk terus merealisasikan pembangunan infrastruktur dasar di The Mandalika, sehingga dapat meningkatkan daya tarik kawasan di mata investor.” tutup Molin.

Tentang ITDC

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki lini bisnis membangun dan mengembangkan kawasan pariwisata di Indonesia. Selama 49 tahun, Perseroan telah membangun dan mengelola The Nusa Dua, kawasan pariwisata terpadu seluas 350 ha yang berlokasi di Bali bagian selatan, yang menjadi salah satu kawasan pariwisata terbaik di dunia. Dengan infrastruktur, akomodasi, dan fasilitas pertemuan yang berstandar internasional, membuat kawasan ini menjadi tuan rumah berbagai event resmi berskala internasional seperti APEC 2013, Bali Democratic Forum, Miss World 2013, dan IMF-World Bank Group Annual Meetings 2018 dan Presidensi G20 pada 2022.

Sejalan dengan strategi Pemerintah untuk meningkatkan sektor pariwisata menjadi sumber utama devisa negara dengan meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, ITDC ditugaskan untuk mengembangkan destinasi pariwisata di luar Pulau Bali. Dengan dukungan Pemerintah, ITDC memperoleh hak untuk mengembangkan dan mengelola The Mandalika di Lombok Tengah, NTB, dengan luas 1.175 hektar. The Mandalika memiliki 16 km garis pantai yang indah dan dikelilingi bukit-bukit yang hijau, serta merupakan satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas atau ‘Bali Baru’ yang ditetapkan Pemerintah.

Pada tahun 2017 The Mandalika telah resmi beroperasi sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan sejak itu telah menarik Real Estate Investment sebesar USD 1,3 Milyar. Saat ini, The Mandalika tengah dibangun sebagai destinasi pariwisata kelas dunia, dengan berbagai fasilitas dan atraksi berstandar internasional, salah satunya Mandalika International Street Circuit, yang menjadi tempat penyelenggaraan event balap motor dunia World Superbike dan MotoGP mulai 2021.

ITDC merupakan bagian dari InJourney yang merupakan perusahaan holding pada ekosistem aviasi dan pariwisata sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2021 dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2021.

Baca Juga: ITDC Promosikan Destinasi Pariwisata Pada Asean Tourism Forum (ATF) 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved