November
18
2022
     11:38

Pastikan Stok Pupuk Nasional Aman, Pupuk Kaltim Berkomitmen Dukung Ketahanan Pangan

Pastikan Stok Pupuk Nasional Aman, Pupuk Kaltim Berkomitmen Dukung Ketahanan Pangan
ILUSTRASI. PKT memastikan bahwa stok pupuk nasional aman dan siap dukung ketahanan pangan nasional.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID -  Topik soal pentingnya menjamin ketersediaan stok pupuk nasional menjadi salah satu kunci dalam pidato yang disampaikan Presiden RI, Joko Widodo saat momen pembukaan KTT G20 di Bali pada Selasa, 15 November 2022 lalu. Dalam penyampaiannya, Presiden Jokowi menyebut bahwa permasalahan soal pupuk tidak bisa disepelekan dan harus segera diambil langkah konkrit untuk menjamin stok pupuk tercukupi dengan harga terjangkau agar tahun depan kondisi gagal panen bisa dihindari dan ketahanan pangan bisa tetap dijaga.

Menanggapi arahan dari Presiden Jokowi, Menteri BUMN, Erick Thohir menyadari betapa pentingnya peran industri pupuk dalam urusan ketahanan pangan. Karena itu, lewat Kementerian BUMN, Erick sudah menetapkan peta jalan, kolaborasi, dan aliansi strategis yang berkelanjutan dari beberapa BUMN yang berkepentingan dalam penyediaan pupuk berkualitas yang meningkatkan produktivitas pertanian dan kebutuhan pangan, termasuk untuk PT Pupuk Indonesia (Persero) sebagai induk perusahaan PT Pupuk Kaltim (PKT).

Lima anak perusahaan Pupuk Indonesia tercatat dapat menghasilkan total 14.012.500 ton pupuk per tahun yang terdiri dari NPK, SP-36, UREA, ZA, dan ZK, serta menghasilkan produk non pupuk seperti Amoniak, Asam Fosfat, Asam Sulfat yang berjumlah total 8.694.000 ton per tahun. Berdasarkan data terbaru per tanggal 15 November 2022, stok pupuk bersubsidi PT Pupuk Indonesia (Persero) untuk jenis Urea dan NPK saat ini tercatat sebanyak 720.552 ton dengan rincian pupuk Urea sebanyak 437.770 ton dan pupuk NPK sebanyak 282.782 ton.

Selain penyediaan pupuk bersubsidi, Pupuk Indonesia juga terus meningkatkan ketersediaan pupuk dengan memperluas kios pupuk non-subsidi.  “Sebagai produsen pupuk, Pupuk Indonesia memiliki komitmen untuk memenuhi kebutuhan pupuk petani dengan berusaha menjaga harga pupuk komersial atau non subsidi tetap terjangkau, dengan berusaha menetapkan harga di bawah dari harga pasaran internasional. Pupuk Indonesia juga siap memenuhi kebutuhan pupuk petani sesuai dengan penugasan pemerintah serta mendistribusikannya kepada petani yang berhak,” ujar Bakir Pasaman, Direktur Utama Pupuk Indonesia.

PKT sendiri memastikan bahwa produksi dan distribusi pupuk aman selama periode Musim Tanam Pertama 2023 (Maret-April 2023). Per tanggal 15 November 2022, sebanyak 105.070 ton stok pupuk urea bersubsidi dan 6.033 ton NPK formula khusus, serta 172.959 ton pupuk urea non subsidi dan 42.014 NPK non subsidi telah tersedia di gudang-gudang PKT yang tersebar di sejumlah wilayah tanggung jawab perusahaan.

Seperti yang diketahui, PKT bertanggung jawab atas pengadaan dan penyaluran pupuk bersubsidi di delapan wilayah, yaitu Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Nusa Tenggara Barat. Karena itu, sesuai dengan komitmennya sejak awal, untuk menyukseskan musim tanam perdana tahun depan, sekaligus untuk meminimalisir dampak krisis pangan yang diprediksi akan terjadi, PKT akan terus memonitor dan memastikan ketersediaan stok dan distribusi pupuk.

Dari jumlah stok pupuk nasional yang tersedia, PKT menyediakan stok pupuk urea bersubsidi sebanyak 24 persen, pupuk subsidi NPK formula khusus sebanyak 100 persen serta pupuk urea non subsidi sebanyak 35 persen dan NPK formula khusus non subsidi sebanyak 36 persen.

Sementara terkait distribusi pupuk, hingga tanggal 15 November, PKT telah menyalurkan 551.271 ton pupuk urea bersubsidi dan 9.100 ton pupuk NPK bersubsidi. Selain itu, PKT juga telah menyiapkan 214.973 ton pupuk non subsidi di seluruh wilayah pemasaran untuk memenuhi kebutuhan  petani yang membutuhkan.

Direktur Utama PKT, Rahmad Pribadi menyebut bahwa PKT telah menyesuaikan produksi dan sekaligus juga memodifikasi sedemikian rupa agar penyaluran pupuk dapat berjalan tanpa hambatan yang berarti, tentunya dengan dukungan teknologi dan SDM yang mumpuni. “Dan selain tata teknis produksi dan distribusi, PKT juga tentunya turut memperhatikan sebaran produksi produk antara pupuk bersubsidi dan non subsidi di wilayah tanggung jawab dilaksanakan sesuai dengan arahan pemerintah.”

Selain memastikan stok dan distribusi pupuk aman untuk tahun depan, PKT juga tetap berkomitmen untuk melaksanakan ragam program edukasi bagi masyarakat, terutama untuk penggunaan pupuk non subsidi. Inovasi tersebut antara lain dikemas dalam program Mari Kita Majukan Usaha Rakyat (MAKMUR) dan Agrosolution.

Lewat program MAKMUR, di pertengahan Oktober 2022, jumlah petani yang terlibat tercatat melebihi target yang ditentukan untuk tahun ini yakni sebanyak 26.588 petani.  “Tak cuma fokus pada produksi saja, tapi kami juga memiliki tanggung jawab untuk memastikan kesejahteraan petani tercukupi. Karena itu lewat MAKMUR dan Agrosolution inilah kami melakukan pendampingan bagi para petani agar mereka bisa semakin produktif dan bisa mempersiapkan diri untuk segala kondisi tahun depan.”

Tentang PKT

PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) merupakan salah satu anggota PT Pupuk Indonesia (Persero) dan menjadi produsen pupuk Urea terbesar di Indonesia. PKT memiliki visi menjadi perusahaan di bidang industri pupuk, kimia dan agribisnis kelas dunia yang tumbuh dan berkelanjutan.

Saat ini, PKT memiliki 5 unit pabrik Urea, 5 unit pabrik Amoniak dan pabrik NPK. Kinerja PKT telah diakui oleh berbagai instansi melalui berbagai penghargaan, seperti penghargaan The Most Trusted Companies dan Peringkat Emas Proper Nasional untuk kelima kalinya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada 2021.

Baca Juga: Simak Strategi Pupuk Kaltim Realisasikan Target Pendapatan Melonjak 143% di 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved