February
06
2023
     13:12

Pasca 10 Tahun Pakai Plastik Daur Ulang, CLEO Targetkan Gunakan Botol r-PET Capai 20%

Pasca 10 Tahun Pakai Plastik Daur Ulang, CLEO Targetkan Gunakan Botol r-PET Capai 20%
ILUSTRASI. PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO:IJ), menargetkan penggunaan plastik daur ulang (r-PET/recycled plastic) untuk botol kemasan air minum produk Perseroan hingga mencapai 20% tahun ini.

Reporter: Sri Sayekti | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Sariguna Primatirta Tbk (Tanobel Group) emiten produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dengan IDX ticker code: CLEO:IJ, menargetkan penggunaan plastik daur ulang (r-PET/recycled plastic) untuk botol kemasan air minum produk Perseroan hingga mencapai 20% pada tahun ini. Melalui perusahaan terafiliasi PT Sukses Okindo Kurnia Abadi (SOKA), CLEO telah memiliki pabrik daur ulang plastik botol kemasan air minum sejak tahun 2013. Penggunaan r-PET untuk plastik botol kemasan produk Perseroan terus meningkat setiap tahunnya, hingga telah mencapai 17% pada akhir tahun lalu.

“CLEO memiliki komitmen yang sangat kuat terhadap lingkungan hidup secara berkelanjutan, sehingga kami telah menggunakan r-PET yang ramah lingkungan sejak 10 tahun lalu. Karena kami sadar, bisnis juga hanya akan bisa berjalan berkesinambungan kalau didukung oleh lingkungan hidup yang lestari berkesinambungan,” kata Wakil Direktur Utama CLEO, Melisa Patricia.

Dengan semakin tinggi penggunaan plastik daur ulang, berarti Perseroan telah membantu mengurangi penggunaan plastik dan lebih ramah lingkungan. Kemasan berbahan plastik daur ulang ini dibuat tanpa menggunakan bahan kimia tambahan juga mempunyai kelebihan lebih hemat energi, serta emisi CO2 yang lebih rendah.

Penggunaan r-PET ECOPET dari SOKA oleh Perseroan, memberikan jaminan keberlanjutan dan mengurangi dampak pencemaran lingkungan serta penyediaan pangan yang sehat secara keberlanjutan. Jaminan tersebut bisa diperoleh karena ECOPET diproses secara tara pangan dan ter sertifikasi.

CLEO Peduli  
Menjelang perayaan ulang tahunnya yang ke-20, CLEO terus melanjutkan misinya untuk meningkatkan kualitas lingkungan dan mendukung kesehatan masyarakat Indonesia melalui program #LangkahMurni. CLEO mewujudkan hal itu dengan terus menghadirkan kemasan produk bebas BPA, karena BPA merupakan zat kimia yang dapat mempengaruhi kesehatan, hormon, sistem reproduksi, termasuk menjadi pemicu resiko kanker pada manusia.

Sebagai bentuk kepedulian dan dukungan terhadap penderita kanker di Indonesia, CLEO telah merilis kemasan edisi khusus CLEO Untuk Indonesia sejak November 2022. Sebagian dari hasil penjualan edisi khusus CLEO Untuk Indonesia, yakni CLEO Classic ukuran 550 ml dengan tambahan ornamen pita, akan disumbangkan ke beberapa Yayasan Kanker di Indonesia. Dengan demikian, CLEO juga memberi kesempatan kepada konsumen untuk memberikan donasi dengan membeli edisi khusus tersebut.

“Melalui campaign #LangkahMurni yang dijalankan Cleo, kami ingin hadir dengan mendukung program Yayasan Lovepink Indonesia dalam misi wujudkan 10.000 USG gratis dalam upaya deteksi kanker payudara sejak dini”, ujar Melisa Patricia saat penyerahan donasi kepada Yayasan Lovepink Indonesia bertepatan dengan Hari Kanker Sedunia pada 4 Februari 2023.

Selain dengan Yayasan Lovepink Indonesia, sebelumnya Cleo juga telah bekerja sama dengan Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia untuk memberikan donasi kepada anak penderita kanker pada 25 November 2022 di Rumah Singgah Pita Kuning Yogyakarta.

Tentang PT Sariguna Primatirta Tbk

PT Sariguna Primatirta Tbk dengan identitas Tanobel Group, perusahaan publik yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2017 (IDX: CLEO) merupakan produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikat food safety management ISO 22000 : 2005. Pada tahun 2004 Cleo hadir di Indonesia sebagai brand Air Minum dalam kemasan dengan diferensiasi Air Murni dan pembukaan pabrik pertama di Pandaan, Jawa Timur. Hadir dengan inovasi pertama di Indonesia, yaitu Galon Cleo yang memiliki handle sehingga mudah untuk dibawa dan dipasang ke dispenser. Galon Cleo terbuat dari bahan bebas BPA yang menjamin kemurnian dan kesehatan air didalamnya. Tahun  2013, CLEO menerbitkan Cleo Ecoshape yang merupakan produk kemasan praktis ramah lingkungan.

Baca Juga: Sariguna Primatirta (CLEO) Targetkan Penggunaan Plastik Daur Ulang Hingga 20%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved