April
01
2023
     06:56

Panduan Pengiklan: Menangkan Ramadhan 2023 dengan Iklan Media Kaya

Panduan Pengiklan: Menangkan Ramadhan 2023 dengan Iklan Media Kaya
ILUSTRASI. Yaroslav Zhuliy, Head of Sales APAC MGID.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Ramadhan sudah tiba, berarti pengeluaran pembelanjaan meningkat. Di saat banyak pengguna yang membeli hadiah, membuat rencana atau memeriksa berita melalui online, mereka akan disambut oleh banyak iklan Ramadhan setiap harinya. Jadi, bagaimana perusahaan Anda unggul dari kompetitor dan memenangkan perhatian pelanggan?

Iklan media kaya dapat menjadi solusi terbaik bagi para pengiklan. Setiap tahunnya, brand, marketer dan pemilik eCommerce meluncurkan ribuan kampanye untuk menangkap minat pelanggan yang menjelajahi internet. Setiap tahunnya, menangkap perhatian pelanggan menjadi semakin lebih sulit.

Artikel ini akan menerangkan bagaimana periklanan media kaya dapat menarik perhatian pelanggan. Kami juga akan memberikan beberapa contoh nyata dari kampanye iklan media kaya yang diluncurkan di platform iklan global kami.

Kenapa Brand Harus Meluncurkan Iklan Selama Ramadhan?

Ramadhan menyajikan peluang unik bagi para marketer. Penelitian dari YouGov mengatakan bahwa 51% orang menghabiskan lebih banyak waktu belanja online selama Ramadhan. Brand yang sengaja dan secara hati-hati mempersiapkan diri sebelum musim Ramadhan dapat meraup keuntungan besar.

Tarik Perhatian, Jangan Dihiraukan: Memperkenalkan Iklan-Iklan Media Kaya

Di saat dunia berubah menjadi digital, sudah jelas bahwa viewability tidak sama dengan dampak. Kreativitas sangatlah penting dalam menangkap perhatian pengguna, karena itulah kunci dari periklanan yang lebih efektif. Dengan iklan media kaya, ada banyak sekali cara bagi marketer untuk berinteraksi dan mencegah atau menghindari kebutaan iklan banner.

Dalam kata lain, iklan media kaya menangkap perhatian pengguna tanpa memaksanya. Pengguna dapat menyentuh, menyeret, menggores, menggeser, memutar, menonton video atau bahkan bermain game di dalam periklanan media kaya.

Iklan-iklan ini dapat menggabungkan teks, audio, gambar, video dan animasi untuk menangkap perhatian dan mendorong pengguna untuk melakukan tindakan langsung. Dengan mendorong interaksi, pengiklan yang menggunakan format iklan ini dapat menonjolkan diri dari kompetitor selama Ramadhan.

Banyak Keuntungan dari Menggunakan Iklan Banner Media Kaya

Masuk ke dalam mobile interaktif - Bagaimana interaksi pelanggan dengan perangkatnya terus berubah dengan cepat. Dalam jumlah yang hampir menyentuh 70%, pangsa pasar mobile melebihi desktop hingga lebih dari dua kali lipatnya, kita saat ini menyaksikan pergeseran global menuju video. Satu hal yang jelas: pola konsumsi dan preferensi media pada umumnya telah berkembang. Total penghasilan industri video online APAC diprediksikan akan bertumbuh 16% setiap tahunnya; pada tahun 2077, diperkirakan mencapai US$73 miliar. Jika brand ingin memaksimalkan koneksi dan brand awareness, perkembangan ini sangat penting, dan inilah letak di mana format media kaya berjaya.

Menghindari kebutaan banner – Saturasi iklan menyebabkan para konsumer selalu menghindari iklan. Beberapa orang secara sadar menghindari banner dengan cara menghiraukannya atau menggunakan ad blocker. Hampir setengah (42.7%) dari pengguna internet di seluruh dunia menggunakan ekstensi ad block. Menggunakan gambar bergerak dinamis, audio, infografis dan animasi di samping elemen-elemen tradisional, seperti teks dan gambar, akan memperluas jangkauan iklan dan meningkatkan peluang untuk menangkap perhatian. Variasi ini memberikan pengguna kesempatan non-intrusif untuk berinteraksi, meneliti dan memahami suatu produk atau layanan.

Memperoleh wawasan berbasis data - Lebih banyak kesempatan untuk engagement dan interaksi berarti lebih banyak data yang dapat diperoleh, yang akhirnya menciptakan pemahaman yang lebih baik dari bagaimana pemirsa berinteraksi dengan iklan. Memahami perilaku pengguna itu penting karena pengiklan dapat menerapkan marketing dengan lebih efektif. Teknologi artificial intelligence (AI) milik MGID juga mengenali pola-pola perilaku di berbagai platform, yang dapat membantu brand dalam mengoptimalkan kampanye dan meningkatkan ROI.

Secara keseluruhan, memperkaya pengalaman pengguna, tingkat click-through yang lebih tinggi dan metrik-metrik yang membantu adalah alasan-alasan utama brand-brand sukses menggunakan iklan media kaya di dalam strateginya. Iklan media kaya terus mengalahkan iklan banner standar hingga 267%. MGID bahkan menawarkan tim desainer dan copywriter untuk membangun iklan media kaya yang sesuai dengan kebutuhan khusus dari setiap brand atau agensi.

Bagaimana Cara Membuat Iklan Media Kaya yang Unggul untuk Ramadhan

Berikut beberapa rekomendasi tentang cara membuat iklan yang menghasilkan berdasarkan produk-produk terlaris

Baju dan pakaian

1. Thumbnail:

  • Buat thumbnail yang pantas untuk media sosial (gunakan filter dan sudut-sudut candid, letakkan subjek di dalam acara kumpul keluarga atau iftar dengan teman kerja) sebagai
  • pratinjau dari bagaimana pakaian akan terlihat saat dibagikan di Instagram atau Facebook.
  • Pikirkan target pemirsa, karena pemirsa-pemirsa yang lebih muda memiliki pendekatan estetis dan selera yang berbeda dari yang lebih tua.
  • Foto-foto detail sangat penting, karena beberapa pelanggan tahu apakah kualitas baju atau pakaian bagus atau tidak hanya dengan meliriknya.

2. Judul:

• Meskipun kebanyakan orang mungkin belanja dan mempersiapkan diri untuk Ramadhan beberapa bulan sebelumnya, akan selalu ada orang yang menunggu hingga menitmenit terakhir. Manfaatkan pembelanja seperti ini dan tonjolkan urgensi di dalam iklan Anda, misal "Belanja Menit Terakhir Pakaian Yang Cocok Untuk Ramadhan".
• Karena pakaian berukuran besar sekarang menjadi semakin dicari, sorot pilihan ukuran jika ada.

Makanan, jajan dan kue:
1. Thumbnail

○ Pamerkan kelezatan Ramadhan. Makanan tidak hanya produk yang menjanjikan tapi juga hadiah Ramadhan yang umum. Sorot kemasan unik dan kata-kata  khusus, seperti kartu, yang membuat produk Anda menonjol dari yang lain.
○ Alternatifnya adalah menyorot aspek-aspek tradisional dari kemeriahan karena kumpul-kumpul sudah tidak lagi dilarang, misal iftar bersama dengan keluarga atau
teman.
○ Tanggapi larangan atau social distancing yang masih ada dengan makan bersama dengan orang yang dicintai melalui video call karena hubungan jarak jauh atau kangen masakan orang tua.

2. Judul

○ Sorot bagaimana produk dapat digabungkan dengan perayaan Ramadhan, misal, "Sahur Belum Lengkap Tanpa (Produk)".
○ Picu emosi, misal, "Mengingatkanmu Akan Masakan Mama".

Pinjaman Online:
1. Thumbnail:

• Fokus pada pembelian dalam jumlah besar, seperti motor, perlengkapan rumah, biaya perjalanan dan produk teknologi atau hiburan mahal yang membantu  konsumen melewati waktu selama bulan Ramadhan.
• Tambahkan pernyataan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jika bisa, untuk memberi rasa kepercayaan.
2. Judul:
• Tekankan pada pilihan pinjaman dan cara kerjanya sebagai metode pembayaran canggih.

Kesimpulan

Format iklan yang dipilih dan lingkungan di mana iklan diletakkan sangat penting bagi brand awareness dan hubungan dengan konsumen. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa investasi emosional di dalam konten menciptakan engagement iklan yang lebih kuat dan perangsangan psikologis yang positif dapat menciptakan persepsi dan loyalitas brand yang positif juga. Ramadhan adalah waktu yang unik dalam satu tahun di mana banyak orang yang lebih terbuka dan reseptif terhadap iklan-iklan media kaya, dan lebih banyak orang online dibandingkan waktu lainnya. Dengan suatu strategi yang jitu, setiap brand dapat mendapatkan keuntungan besar selama Ramadhan setiap tahunnya!

Tonjolkan brand Anda tahun ini dengan membuat visual-visual dinamis dari penawaran produk Anda. Dorong kampanye marketing Ramadhan Anda ke level yang lebih tinggi menggunakan Iklan Native Banner Media Kaya.

Baca Juga: 8 Tips Jitu Jualan Kuliner Online biar Makin Laris Manis saat Ramadan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved